Wajib Menghindari Makanan Dan Minuman Ini, Agar Asam Lambung Normal !

1033

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa jenis makanan atau minuman yang rentan memicu asan lambung anda mudah naik dan tidak seimbang dalam menjalankan fungsinya, maka dari itu agar anda menjadi lebih aman dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi terlalu sering berbagai menu makanan / minuman tersebut di bawah ini.

Ada banyak sekali jenis makanan atau minuman yang jika anda lengah dan mengkonsumsinya terlalu berlebihan maka dapat memperparah kondisi kesehatan dari asam lambung anda. Katup dapat terpisah dari kerongkongan dan selanjutnya lambung karena kenaikan asam lambung dimana kondisi buruk ini akan semakin diperparah apabila anda mengkonsumsi beberapa jenis menu makanan atau minuman tertentu yang menyebabkan lambung berlebihan dalam memproduksi asam lambung.

Riset di Jakarta menjelaskan bahwa dikenal beberapa jenis makanan / minuman yang rentan menyebabkan produksi asam lambung menjadi terlalu berlebihan, dimana kondisi ini akan menyebabkan asam lambung yang terlalu banyak tersebut mudah menular ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn yaitu semacam sensasi rasa terbakar dan nyeri dibagian dada sebagai akibat asam lambung terlanjur naik ke kerongkongan.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan bahwa anda yang terlalu sering mengalami asam lambung buruk maka harus waspada di dalam mengkonsumsi makanan / minuman tertentu, di bawah ini kami berikan beberapa contoh makanan / minuman apa yang mesti dihindari agar asam lambung anda normal.

  1. Sayuran tomat. Tomat diketahui banyak mengandung zat asam sitrat dan asam malat. Produk makanan / minuman yang lainnya mengandung sayur / buah tomat ini dapat menyebabkan lambung anda menghasilkan zat asam secara berlebihan, contohnya adalah saus tomat, sop tomat, jus tomat dan selai / manisan tomat. Perhatikan saat volume zat asam jumlahnya terlalu tinggi maka asam lambung akan mengalir menuju ke esophagus / kerongkongan dan menyebabkan kondisi tubuh anda secara keseluruhan menjadi lemah. Tomat sebagai buah segar ataupun dimasak menjadi pelengkap sayur adalah sama – sama tidak bagus terhadap kesehatan asam lambung anda, keduanya membuat tingkat keasaman tak stabil dan mencegah refluks asam yang akan terjadi.
  2. Mengkonsumsi buah jeruk. Gejala refluks asam seperti suara serak dan batuk – batuk muncul karena asupan asam terlalu berlebihan. Hindarilah mengkonsumsi terlalu berlebihan buah jeruk merupakan cara termudah yang dapat anda aplikasikan guna menghindari asam lambung menjadi naik.
  3. Minuman berkarbonasi. Dengan berlebihan mengkonsumsi minuman berkarbonasi maka akan dengan mudah meningkatkan tekanan terhadap lambung sebagai akibat minuman jenis ini mampu melepaskan gas. Gelembung – gelembung gas yang sudah dilepaskan akan mendorong dengan kekuatan optimal terhadap lambung sehingga menyebabkan lambung meregang, dan secara otomatis sfingter esophagus terbuka ( memaksa serat – serat otot pada saluran terbuka ). Kondisi ini memicu gas dan soda membentuk gejala awal akan terjadinya refluks asam.
  4. Mengkonsumsi berlebihan minuman beralkohol. Alkohol menumpuk berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan lower esophageal spinchter / LES menjadi mati / rileks sehingga memungkinkan asam lambung terdorong ke atas hingga bagian kerongkongan dan menyebabkan heartburn.
  5. Makan makanan pedas. Meskipun rasanya nikmat, makanan jenis ini rentan memicu meningkatnya gejala refluks asam. Dianjurkan untuk dihindari bagi anda yang memiliki penyakit maag.
  6. Makan makanan berlemak. Lemak di dalam tubuh anda biasanya dicerna secara perlahan – lahan, sehingga mudah menumpuk di dalam lambung dan akan membutuhkan waktu lama untuk mencairkannya, nah kondisi seperti ini menyebabkan asam lambung rentan naik ke kerongkongan. Di samping itu nutrisi di dalam makanan yang banyak mengandung lemak jumlahnya sedikit sehingga mudah menyebabkan seseorang memiliki berat badan berlebihan yang mudah membuat disfungsi esophagus terhubung dengan kondisi refluks asam. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak sebelum anda tidur pada waktu malam hari karena mudah memunculkan sendawa dan heartburn.
  7. Banyak mengkonsumsi kafein yang terkandung dalam minuman tertentu. Seperti diketahui bahwa minuman berkafein rentan mengganggu fungsi sistem pencernaan sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan produksi asam lambung yang cukup parah apalagi jika anda memiliki sakit mag disertai refluks asam atau heartburn.

Bagaimana Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ?

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjalaskan tentang beberapa jenis menu makanan / minuman yang bagus dikonsumsi setiap hari guna menyelamatkan anda dari terserang permasalahan asam lambung.

  1. Makan kentang dan sayur brokoli. Anda dapat mengkonsumsi pasta kentang atau bubur kentang / dibuat jus dimana diketahui bahwa kentang bersifat basa dan jika dimanfaatkan sebagai sarapan pagi akan ampuh buat menetralisir asam lambung sebelum menyantap menu makan siang yang lebih besar. Sedangkan sayur brokoli banyak mengandung kalium dan sulfur yang berperan besar buat pensuplai antioksidan sebagai pelindung lapisan pada kulit lambung. Sayur brokoli kaya akan kandungan vitamin C guna menjaga stamina tubuh tetap prima.
  2. Buah pisang. Buah ini banyak mengandung zat kalium yang berfungsi sebagai media guna menyeimbangkan pH / derajat keasaman dalam lambung sekaligus mampu memberi rasa kenyang, sehingga bagus dikonsumsi sebagai sarapan pagi / diantara waktu makan siang / makan malam dengan menu besar. Juga buah ini kaya akan kandungan zat potasium untuk menormalkan tekanan darah agar tidak meningkat sebagai akibat adanya stres berkepanjangan.
  3. Mengkonsumsi bubur ayam. Yang positif terserang sakit mag disarankan untuk mengkonsumsi bubur ayam yang berguna mencegah atau meringankan rasa sakit di area dada dan perut karena asam lambung naik. Hindari mengkonsumsi sate jeroan yang sulit untuk dicerna seperti lemak yang terlanjur menumpuk di lambung, disarankan untuk mengkonsumsi telur ayam rebus sebagai tambahan sepiring bubur ayam.

Asan lambung naik pada umumnya disebabkan karena anda terlalu berlebihan beraktivitas di luar rumah disamping terlalu banyak mengkonsumsi makanan penyebab asam lambung naik tersebut di atas, jika kondisi memburuk segera hubungi dokter anda.