Home Featured 4 Kesalahan Saat Minum Pil KB Yang Justru Menyebabkan Kehamilan

4 Kesalahan Saat Minum Pil KB Yang Justru Menyebabkan Kehamilan

by Tri Astuti

Pil KB menjadi salah satu alat kontrasepsi yang paling disukai oleh wanita. Pil KB bekerja untuk memproduksi hormon progesteron dan estrogen sintetis yang bisa mencegah kehamilan. Bisa dipastikan jika pil KB akan mencegah kehamilan sampai mendekati angka 100 persen. Artinya pil KB memang sangat efektif untuk menunda kehamilan.

Pil KB akan mencegah terjadinya ovulasi sehingga tidak akan terjadi kehamilan. Bahkan pil KB akan membantu lendir rahim lebih kental sehingga tidak mungkin sperma bisa menembus ke saluran tuba falopi.

Hanya saja ketika Anda salah dalam menggunakan pil KB maka manfaat pil KB hanya menjadi 1 persen saja. Artinya peluang kehamilan justru akan jauh lebih besar. Nah, agar tidak mengalami hal tersebut maka kami berikan kesalahan saat minum pil KB yang justru menyebabkan kehamilan.

  1. Lupa Harus Minum Pil KB

Kesalahan fatal yang sangat umum dan hampir terjadi pada semua kasus kehamilan pada pengguna pil KB adalah lupa minum pil KB. Jadwal termasuk hari, jam, dan waktu untuk minum pil KB biasanya sudah diatur oleh bidan atau dokter. Namun sayangnya ketika lupa maka itu bisa terlewat beberapa jam dan bahkan hari.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah minum pil segera saat Anda ingat. Jika terlewat beberapa jam maka segera atur lagi, dan minum lagi di jam sesuai jadwal. Jika Anda tidak ingat waktunya maka bisa minum dua pil. Kemudian perhatikan siklus bulanan Anda sehingga Anda tahu kebobolan atau tidak. Jadi apakah minum pil KB bisa hamil bukan karena pil KB itu sendiri tapi karena salah cara minum.

  1. Minum Pil KB Secara Acak

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa minum pil KB harus diatur dengan jadwal dan waktu yang pasti. Waktu untuk minum harus dilakukan secara rutin sehingga lebih baik memasang alarm agar tidak lupa.

Tapi banyak wanita yang justru minum pil KB di waktu yang acak, kadang pagi, sore atau menjelang tidur. Sementara jenis pil KB yang mengandung progestin harus diminum di waktu yang sama agar lebih efektif. Jika terlupa atau diminum secara acak justru menyebabkan sel telur diproduksi dan kemungkinan menyebabkan kehamilan.

Efek lain dari minum pil KB secara tidak teratur adalah menstruasi yang berat dan tidak teratur. Hal ini juga sering disebut sebagai efek samping pil KB. Padahal kondisi ini paling sering terjadi karena efek hormon dari pil KB akibat masuk ke tubuh secara tidak teratur.

  1. Minum Pil KB dengan Obat Lain

Ternyata cara minum pil KB juga sebaiknya tidak dicampur dengan obat lain. Minum dengan obat lain justru menyebabkan efek berbahaya untuk tubuh. Selain itu manfaat pil KB juga akan hilang sehingga tetap menyebabkan kehamilan. Beberapa obat yang sebaiknya tidak diminum bersamaan dengan pil KB seperti obat herbal, antibiotik dan obat untuk mengatasi infeksi jamur. Jadi konsultasikan ke dokter jika menerima obat tersebut.

  1. Tidak Sesuai Anjuran Dokter atau Bidan

Pil KB menjadi jenis obat yang mudah ditemukan dan bisa dibeli di apotik tanpa resep. Namun kesalahan umum seperti minum pil KB tanpa berkonsultasi dengan pihak medis juga bisa memicu masalah kehamilan. Jadi sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan atau bidan. Termasuk jika Anda menderita beberapa penyakit seperti masalah pembekuan darah.

Jadi, sudah jelas bukan apa saja kesalahan saat minum pil KB yang justru menyebabkan kehamilan. Jika Anda menggunakan alat kontrasepsi pil KB maka hindari kesalahan tersebut agar obat bekerja maksimal.

You may also like