3 Bahaya Asam Sitrat untuk Gigi

Asam sitrat merupakan salah satu jenis asam yang memiliki organik lemah dan biasa ditemukan pada daun atau pada buah tumbuhan yang memiliki genus citrus. Asam sitrat biasanya dimanfaatkan pada  industri makanan, unruk tambahan makanan ternak dan pada dunia farmasi. Asam sitrat dapat ditemukan pada buah jeruk dan limau, contohnya adalah jeruk purut dan juga jeruk nipis. Ketahui juga bahaya jeruk nipis untuk rahim

Ada beberapa kegunaan dari zat asam sitrat dalam kehidupan manusia terutama dalam proses industri diantaranya sebagai berikut industri kimiawi, industri farmasi dan industri makanan. Dalam industri kimiawinasam sitrat digunakan untuk tambahan dalam pelembut pakaian, campuran warna teksil dan lain sebagainya. Pada industri farmasi asam sitrat digunakan sebagai bahan pengawet dalam penyipanan darah. Sedangkan pada industri makanan asam sitrat digunakan sebagai pemberi rasa asam, antioksidan dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa sifat sifat asam sitrat diantaranya tidak beracun, dapat menimbulkan rasa yang menarik, dapat mengikat logam berat baik jenis besi maupun yang non besi, itulah contoh fungsi asam sitrat bagi kehidupan manusia, namun, Tahukah anda bahwa ternyata asam sitrat ini dapat diproduksi secara kimiawi dan juga dapat diproduksi secara fermentasi dengan menggunakan mikroorganisme. Meskipun asam sitrat memiliko berbagai manfaat baik dalam bidang industri makanan maupun bidang farmasi namun asam sitrat ini juga memiliki berbagai bahaya tersendiri, bahaya asam sitrat diantaranya adalah

Bahaya asam sitrat

1. Korosi pada gigi

Mengkonsumsi asam sitrat yang berlebihan dapat menyebabkan korosi pada gigi . Berbagai makanan atau minuman yang memiliki asam konsentrasi tinggi dan ph awal yang rendah akan berdifusii kedalam email gigi melalui kisi kisi kristal dan menyebabkan gigi menjadi korosi. Untuk itu jangan mengkonsumsi asam sitrat secara berlebihan untuk menjaga kesehatan gigi anda. Bahaya dari asam sitrat salah satunya memang menyebabkan gigi mengalami korosi pada gigi, tetapi taukah kamu korosi pada gigi yang tidak segera ditangani dengan bener juga akan menimbulkan dampak buruk bagi si pemiliki gigi.

2. Hilangnya ion dari gigi

Selain terjadinya korosi pada gigi bahaya dari asam sitrat yang lainnya adalah membuat ion dari gigi menghilang. Hal ino terjadi ketika ph mulut mecapai dibawa titik kritis yaitu mencapai dibawah 5,5 dengan demikian terjadi hilangnya ion  dari gigi kelingkugan dalam mulut. Meskipun asam sitrat ini sudah dibuktikan aman digunakan dalam makanan namun bagi annda yang menggunakan asam sitrat ini anda perlu berhati hati sebab asam sitrat juga dapat menimbulkan berbagai bahaya bahaya tertentu jika anda menggunakannya secara berlebihan.

3. Mengakibatkan demeneralisasi permukaan gigi

Bahaya asam sitrat yabg terakhir dalam pembahasan pada artikel ini adalah asam sitrat dapat menyebabkan demeneralisasi permukaan gigi, sehingga asam sitrat dapat merusak gigi anda. Untuk itu anda perlu membatasi penggunaan asam sitrat karena penggunaan asam sitrat yang berlebihan akan membuat gigi anda menjadi rhsak dan tidak terawat. 


Itulah beberapa bahaya dari asam sitrat serta manfaat asam sitrat dan beberapa informasi lain tentang asam sitrat yang dapat anda ketahui, semoga dengan adanya artikel bahaya asam sitrat ini dapat menambah wawasan serta menambah pengetahuan anda tentang asam sitrat. Asam sitrat memang tidak sepenuhnya berbahaya. karena kita pun sudah mengetahui bahwa hampir yang ada di dunia ini memiliki bahaya, fungsi dan efeknya masing-masing. Maka dari itu semua tergantung bagaimana seseorang memanfaatkannya saja.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kimia
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri