Ini Loh, 6 Khasiat Labu Siam untuk Mu

277

Labu siam lazim dikenal sebagai sayuran yang kerap menghiasi menu harian rumah tangga. Selain pengolahannya mudah, labu siam juga mudah didapatkan di warung-warung sekitar tempat tinggal kita. Kabar baiknya, ternyata labu siam memiliki 6 manfaat lain yang baik untuk kesehatan kita.

1. Mengandung Folat yang baik untuk wanita hamil

Dalam setiap buah labu siam ternyata mengandung folat (vitamin B9)yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Kebutuhan nutrisi folat ini sebaiknya dipenuhi oleh wanita hamil sejak awal kehamilan, diketahui dari penelitian bahwa kekurangan folat saat kehamilan akan meningkatkan resiko terjadinya cacat tabung saraf atau dikenal dengan neural tube defect pada bayi, masalah jantung, malformasi ekstremitas dan resiko pada ibu seperti keguguran dan anemia.

Konsumsi labu siam sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan folat harian wanita hamil. Kesehatan wanita hamil harus benar-benar di jaga lo, bagaimana tidak, orang hamil itu kadang susah susah gampang, karena harus beradaptasi dengan kondisinya yang berbeda dari sebelumnya.

2. Mengandung zat besi untuk cegah anemia

Anemia disebabkan kurangnya asupan zat besi dalam makanan sehari-hari. Seseorang yang menderita anemia akan mudah lelah dan lesu, karena kandungan mineral zat besi dalam labu siam akan membantu pembentukan sel darah merah atau haemoglobin, sehingga dengan mengkonsumsi labu siam, kamu sudah membantu tubuhmu mendapatkan asupan zat besi yang sangat dibutuhkan.

3. Menjaga kolesterol tetap normal

Kalori yang dikandung labu siam termasuk kategori rendah, selain itu labu siam juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol jahat, sehingga labu siam merupakan pilihan makanan yang baik untuk menjaga  kolesterol tetap dalam batas normal.

Kandungan kolesterol pada tubuh harus benar-benar di jaga dengan baik, hal ini agar tidak membuat badan menjadi tidak sehat dan mudah terserang penyakit.

4. Mengandung antioksidan kuat

Kandungan vitamin C dalam labu siam berfungsi sebagai antioksidam yang kuat. Antioksidan ini akan mampu mengikat radikal bebas sehingga membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Karena fungsi ini, vitamin C juga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Selain untuk penuaan dini, kandungan vitamin C ini sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga tubuh akan mudah mencegah virus dan bakteri penyakit yang akan datang ke tubuh.

5. Mencegah kanker

Labu siam diketahui juga memiliki kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik yang dapat mengikat radikal bebas. Pencemaran, polusi dan berbagai makanan yang tidak sehat diketahui menjadi sumber radikal bebas.

Setiap hari kita terpapar radikal bebas dari sekitar kita, apabila hal ini tidak diperhatikan maka akan bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh kita. Cegah tumbuh kembang sel kanker dalam tubuh dengan mengkonsumsi labu siam secara rutin, agar radikal bebas yang ada dalam tubuh dapat diikat oleh antioksidan yang dimiliki labu siam.

6. Tekanan darah tinggi tetap terkontrol

Berdasar sifatnya sebagai diuretik ringan, maka labu siam juga memiliki manfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium dalam labu siam juga membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap seimbang.

tekanan darah yang tidak seimbang dapat menyebabkan penyakit stroke dan berbagai penyakit lainya. Maka dari itu, mari budayakan untuk menjaga kesehatan sebelum terlambat.

Karena manfaatnya yang cukup banyak, maka nggak ada salahnya untuk mulai rutin selalu menjadikan labu siam sebagai bagian dari menu masakan di dapur dan lebih sering lagi.