10 Gejala Mata Lelah – Penyebab dan Solusinya

Gejala mata lelah merupakan akibat buruk jangka pendek dari aktifitas ringan atau berat yang menggunakan organ mata secara berlebihan. Gejala mata lelah dapat dialami pria dan wanita, tua maupun muda sepanjang apa yang dilakukannya hanya bertumpu pada organ penglihatan dan tidak mengikutsertakan peregangan tubuh disela sela aktivitasnya.

Gejala mata lelah

1. Mata berair dan pedih
Gejala mata lelah biasanya diawali dengan mata yang berair dan terasa pedih yang lama kelamaan dapat mengganggu aktivitas. Dan jika mata di kucek berkali kali maka akan terjadi iritasi yang dapat mempengaruhi kualitas penglihatan jarak jauh. Ketika melihat pada benda pada jarak yang jauh penglihatan akan menjadi ganda dan buram.

2. Mata terasa berat dan mengantuk
Mata yang terasa berat untuk bibuka adalah indikasi bahwa otot mata mengalami kelelahan, Kondisi tersebut berpotendsi menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasinya ketika beraktifitas, Karena tidak mampu melawan rasa kantuk yang luar biasa.

3. Sakit kepala
Mata yang menderita kelelahan akan mempengaruhi kelancaran peredaran darah menuju kepala. Saraf saraf bagian mata terhubung langsung pada aliran pembuluh darah kearah kepala. Gejala mata lelah paling serimng menyebabkan sakit kepalayang berulang dan akn sembuh dengan sendirinya saat mata telah diistirahatkan sejenak. (Baca juga : Cara mengatasi sakit kepala)

4. Mata terlihata sayu
Kelelahan pada mata yang berlangsung berhari hari dapat merusak penampilan wajah anda. Pandangan mata menjadi tidak segar karena warna mata keruh dan lesu . Kondisi tersebut dapat menyebabkan bentuk mata menjadi turun dan sayu. Mata yang sayu terlihat tidak bersinar dan berkesan kurang bersemangat dalam beraktifitas.

5. Pandangan mata buram
Mata yang lelah dapat menyebabkan pandangan menjadi tidak jelas dalam jarak pandang dekat. Jika terus menerus terjadi maka jaringan mata akan mengalami kelainan. Penting untuk mengistirahatkan kondisi mata yang sedang lelah agar mata yang buran dapat diatasi.

6. Penurunan konsentrasi visual
Mata aayang lelah akan menyebabkan konsentrasi pada visual apapun menjadi berkurang. Dalam keadaan lelah jangan memaksakan aktifitas terus dilanjutkan karena cenderung menyebabkan kesalahan atau kekeliruan yang dihasilkan dari penurunan konsentrasi yang sedang menyerang.

7. Peka terhadap cahaya
Mta yang terlalu lelah dapat meningkatkan kesensitivitas kornea mata terhadap cahaya. Mata akan mengalami kesulitan melihat dengan jelas pada ruangan yang memilki cahaya tinggi. Kelelahan mata juga dapat menyebabkan peka terhadap sinar matahari yang menyebabkan mata menjadi terasa nyeri.

8. Warna mata keruh
Mata yang lelah dapat menyebabkan warna sekitar bola mata menjadi kruh yaitu kekuningan . Mata nampak tidak bersinar dan terkesan lesu dan mengantuk. Mata yang keruh dapat menyebabkan pandangan terhadap benda benda yang jauh menjadi agak kabur

9. Mata terasa kering
Waspadalah ketika produksi air mata menjadi berkurang ketika mata tidak mendapatkan cukup istirahat. Mata yang terlalu lelah dapat membuat kerusakan pada kelenjar mata yang tugasnya memproduksin air mata . Jika produksi air mata mengalami penurunan maka mata akan terasa kering dam mudah teritasi oleh masuknya debu jalanan atau kepulan asap kendaraan.

10. Mata merah dan gatal
Gejala mata lelah yang paling sering menyerang anak anak yang menyukai penggunaan komputer adalah mata menjadi merah dan gatal. Mata yang terus dibiarkan lelah dan tidak berusaha untuk beristirahat sejenak maka dapat menimbulkan kemerahan dan rasa gatal disekitar mata bagian luar dan dalam. Rasa gatal bisa diakibatkan karena serangan radikal bebas yang tidak disadari telah menyerang selama berjam jam yang diakibatkan adanya kotoran yang dibawa melalaui angin dan udara terbuka.

(Baca juga : Penyebab mata merah)

Penyebab mata lelah

• Gejala mata lelah lebih serimg disebabkan karena seseorang yang sedang mengemudi, Membaca , Menonton Tv dan yang sedang aktifitas didepan layar komputer yang terlalu lama dapat menyebabkan otot mata tegang terus menerus dan memaksa retina dan kornea mata untuk terus berfokus menangkap visual dan cahaya pada apa yang sedang kita lihat dapat menyebabkan mata menjadi lelah .

• Kurang tidur atau sering begadang menyebabkan asupan oksigen dalam darah menfgalami pengurangan dan menyebabkan otot mata menderita penyusutan. Kondisi ini dapat menyebabkan mata kehilangan kesegaranya dan terserang kelelahan.

• Terlalu lama berada pada ruangan yang kurang pencahayaan dengan temperatur suhu yang dingin (Karena menggunakan air conditioner) sehingga jaringan mata dipaksa untuk bekerja keras agar tetap mempertahankan fokus pada objek yang sedang dilihat , Dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Berair dan pedih.

• Terlalu sering atau banyak menangis dapat menyebabkan mata cedera dan timbul iritasi karena kelenjar yang memproduksi air mata dipaksa untuk mengeluarkan air mata terus menerus. Akibatnya pembengkakan disekitar kelopak mata tak dapat dihindari.


• Gejala mata lelah paling besar terjadi pada anak dan dewasa adalah adanya paparan polusi udara yang notabenya akan selalu ada disekitar kita setiap hari. Terpapar polusi terus menerus misalnya pada asap rokok dapat menyebabkan warna mata menjadi keruh, Kondisi sorot mata tidak bersinar , Timbul iritasi mata dan menyebabkan kelelahan mata yang luar biasa.

Solusi terbaik

• Istirahatkan mata yang lelah dengan tidur setidaknya 7 sampai 8 jam perharinya. Jangan lupa sebelumnya minumlah air putih agar melancarkan peredaran darah sekitar jaringan mata yang ingin disembuhkan kelelahannya.

• Kompreslah kedua mata dengan teh kantung yang sebelumnya telah direndam dalam air dingin atau es. Gunanya untuk menyegarkan mata, Menghilangkan otot mata yang terserang ketegangan dan lelah. Kompres teh ini dapat pula menghilangkan jejak akibat mata lelah berupa memudarnya warna hitam pada kantung mata.

• Melakukan olahraga mata berupa menggerakan bola mata perlahan kearah kana dan kiri lalu atas dan bawah dalam aturan hitungan yang teratur. Misalnya ke kanan 10 kali maka ke kiri juga harus 10 kali. lama waktu yang dibutuhkan tidak ada batasnya. Karena olahraga mata ini dapar dilakukan semampu kita dan dapat dilakukan dimana saja serta pada kesempatan apa saja. Olah raga mata sangat ampuh untuk mencegah adanya serangan gejala mata lelah akibat aktifitas sehari hari yang melelahkan.

, , ,
Post Date: Thursday 01st, September 2016 / 04:31 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mata