Sponsors Link

9 Bahaya Rambut Rontok Berlebihan

Sponsors Link

Rambut merupakan mahkota baik bagi wanita ataupun pria. Bagi wanita rambut menjadi salah satu anggota yang sangat mempengaruhi kecantikan dan penampilan. Bagi kaum pria rambut juga sangat mempengaruhi penampilan. Perubahan pada rambut seperti potong rambut, pewarnaan rambut sampai rebonding atau smoothing mempengaruhi penampilan kita. Masalah yang terjadi pada rambut juga menjadi masalah pada penampilan kita. Salah satu masalah rambut yaitu terjadi kerontokan rambut. Rambut rontok setiap hari apakah bisa dianggap normal ?

ads

Rambut Rontok yang Normal

Rambut manusia mengalami fase aktif dan pasif. Dalam pola pertumbuhan rambut pendistribusiannya secara acak ke seluruh kulit kepala. Dalam satu periode rambut ada yang tumbuh aktif sementara yang lain istirahat. 50 sampai 150 rambut mengalami fase istirahat dalam setiap harinya, saat fase istirahat inilah rambut mengalami kerontokan dari kulit kepala. Jadi seandainya setiap hari rambut rontok belum lebih 150 helai maka masih bisa dikatakan normal. Apalagi rambut wanita yang panjang , lebih mudah rontok dibanding rambut pendek.

Banyak faktor penyebab kerontokan rambut seperti kulit kepala yang kurang sehat, rambut kering serta berbagai penyebab lainnya yang masih bisa dikatakan sebagai masalah yang tidak terlalu serius. Tetapi hati-hati dengan kerontokan rambut yang parah. Kerontokan rambut dapat menjadi gejala yang timbul akibat penyakit yang diderita oleh seseorang.

Kerontokan rambut yang dalam jumlah yang banyak dan terjadi dalam keseharian tentunya berbahaya. Jika rambut anda mengalami kerontokan yang parah segera periksakan kesehatan anda ke dokter. Berikut ini beberapa bahaya rambut rontok berlebihan :

1. Kulit kepala tidak sehat

Kerontokan pada rambut mengidentifikasi bahwa kulit kepala tidak sehat. penyebab rambut rontok dengan tidak normal dan terlalu banyak perlu diwaspadai. Kulit kepala yang tidak sehat sering menyebabkan peradangan. Peradangan pada kulit kepala dapat menyebabkan rambut sulit tumbuh.

2. Dapat menyebabkan kebotakan

Kerontokan rambut secara terus-menerus dapat mengakibatkan kebotakan pada kepala. Rambut botak akan mengurangi rasa percaya diri baik pada pria ataupun wanita. Kebotakan kepala lebih sering dialami oleh pria.

Sponsors Link

Pria mulai usia 20 tahun sudah bisa terserang botak karena rontoknya rambut yang parah. Seorang yang mengalami kebotakan pasti akan berusaha untuk menutupi kebotakannya dengan berbagai cara, mungkin memakai topi atau dengan cara mnyembuhkannya dengan memakai berbagai obat penumbuh rambut.

3. Anemia

Rambut rontok yang terlalu berlebihan juga dapat menandakan anda mengalami anemia. Gejala anemia terjadi karena kurangnya suplay darah pada akar rambut sehingga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

4. Lupus

Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga jaringan sehat tubuh mudah terserang penyakit. Penyakit lupus lebih dominan menyerang wanita. Salah satu gejala dari ciri-ciri lupus yaitu terjadi kerontokan rambut yang parah. Jadi kalau rambut rontok terlalu parah maka hati-hati bisa jadi ini terjadi karena gejala dari penyakit lupus.

5. Diabetes

Kerontokan yang terjadi pada usia lanjut lebih disebabkan faktor umur, tetapi jika terjadi pada anak kecil atau remaja maka perlu dicurigai. Kerontokan rambut bisa terjadi karena penyakit diabetes. Jika mengalami penipisan rambut karena kerontokan segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendeteksi penyakit yang kemungkinan terjadi pada tubuh. (Baca juga : diabetes pada anak – makanan penyebab diabetes)

6. Konsumsi obat-obatan

Bahaya rambut rontok juga bisa terjadi disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan yang terlalu keras. Obat keras efeknya keras sehingga dapat mengakibatkan rambut rontok. Jadi jika anda mengalami kerontokan berat pada rambut, bisa jadi obat yang anda konsumsi terlalu keras.

Sponsors Link

7. Telogen effluvium

Penyakit ini terjadi karena beberapa hal seperti pasca kelahiran, setelah operasi besar, penurunan berat badan drastis serta stress berat. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Pada puncak keparahan kerontokan bisa terjadi sampai ukuran segenggam rambut. Bahaya kerontokan bisa terjadi karena anda mengalami salah satu hal tersebut.

9. Polycystic ovarian Syndrome (PCOS)

Penyakit ini mempunyai gejala salah satunya yaitu kerontokan pada rambut dalam jumlah yang banyak. Penyakit ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan yang terjadi yaitu ovarium terlalu banyak menghasilkan hormon laki-laki.

Rambut rontok yang terjadi pada batas normal jumlah kerontokan memang sangat berbahaya. Demikian beberapa penyakit dengan gejala kerontokan rambut yang serius dan dalam jumlah yang banyak. Kesehatan rambut memang berhubungan dengan kesehatan beberapa anggota tubuh penting lainnya. Jika terjadi kerontokan rambut yang parah pada anda jangan anggap sebagai kasus yang sepele karena hal tersebut dapat menjadi salah satu gejala penyakit yang ada dalam tubuh anda. Segera kenali gejala lainnya yang terjadi agar anda segera bisa mengidentifikasi penyakitnya. Untuk lebih jelas periksalah ke dokter.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 21st, January 2016 / 06:53 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut