Sponsors Link

10 Penyebab Mengantuk Saat Olahraga : Bahaya dan Cara Mengatasi

ads

Olahraga memang sangat penting untuk tubuh terutama bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, otot tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit seperti kanker, diabetes, dan serangan jantung. Namun terkadang beberapa orang merasa ada hambatan saat berolahraga seperti rasa mengantuk yang berat. Mengantuk saat atau setelah olahraga ternyata memberikan dampak yang sangat serius untuk tubuh.

Mekanisme tubuh sebenarnya sudah memiliki sistem yang sangat tepat seperti proses metabolisme untuk tubuh. Hal inilah yang bisa membuat tubuh merasa sangat bugar. Namun ada beberapa hal yang menjadi penyebab rasa mengantuk saat berolahraga. Berikut ini beberapa penyebab utama yang paling sering terjadi.

  1. Dehidrasi

Kurang minum sebelum memulai olahraga, saat olahraga dan setelah olahraga bisa membuat Anda merasa sangat mengantuk. Hal ini disebabkan karena tubuh kehilangan fungsi cairan saat olahraga dan tubuh Anda mengeluarkan banyak keringat. Ketika tubuh kekurangan air maka tubuh juga akan kehilangan elektrolit yang membuat kondisi tubuh menjadi lebih lemah. Selain merasa mengantuk maka tubuh juga bisa merasa mual dan sakit kepala. (baca juga : bahaya akibat kurang minum air putih)

  1. Tehnik Pernafasan yang Buruk

Cara pernafasan yang buruk selama  berolahraga juga bisa menyebabkan rasa mengantuk yang sangat berat. Pernafasan yang terlalu cepat atau terlalu lambat saat berolahraga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih lemah. Jika bernafas terlalu cepat maka tubuh akan terasa lebih lelah, sementara jika Anda bernafas terlalu lambat maka bisa membuat Anda merasa sakit kepala. Karena itu pernafasan yang baik harus diatur untuk menghindari rasa lelah dan mengantuk saat berolahraga.

  1. Olahraga Berlebihan

Beberapa orang memang bisa berolahraga secara teratur dengan tehnik yang baik. Namun berolahraga terlalu berat juga tidak baik untuk tubuh. Tubuh sebenarnya membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan tenaga dan metabolisme yang baik. Jika olahraga terlalu dipaksakan maka bisa membuat tubuh menjadi tidak segar. Rasa mengantuk lebih banyak disebabkan karena tubuh Anda memang benar-benar lelah dan butuh istirahat.

  1. Tubuh Tidak Bugar
sponsored links

Ketika tubuh sedang dalam kondisi yang tidak bugar atau sakit maka bisa membuat rasa mengantuk saat berolahraga. Tubuh banyak menggunakan tenaga dari karbohidrat dan cadangan gula dalam darah. Tubuh yang tidak bugar mungkin tidak mempunyai kedua hal ini. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi sangat lelah dan kemudian rasa mengantuk menyerang saat berolahraga.

  1. Gula Darah Sangat Rendah

Ketika tubuh sedang berolahraga maka membutuhkan cadangan gula darah dalam tubuh sebagai sumber tenaga. Namun jika tubuh tidak mempunyai cadangan glukosa dalam jumlah yang cukup maka bisa menyebabkan rasa lelah, pusing dan mengantuk. Kondisi ini sering disertai dengan beberapa gejala seperti denyut jantung yang meningkat, mual dan tubuh gemetar.

  1. Kurang Tidur

Sebelum olahraga memang sebaiknya tubuh dalam kondisi yang segar dan istirahat yang cukup. Namun beberapa orang memaksa tetap berolahraga setelah pulang bekerja. Terkadang beberapa orang tetap berolahraga setelah mereka kurang tidur pada hari-hari sebelumnya. Hal ini bisa membuat tubuh merasa lemah, lelah dan mengantuk saat olahraga. Kebiasaan yang buruk ini bisa membuat tubuh menjadi tidak stabil dan memicu serangan jantung.

  1. Diabetes

Diabates bisa menjadi salah satu pemicu rasa mengantuk berlebihan saat berolahraga. Diabetes merupakan kondisi kadar gula yang terlalu tinggi dalam tubuh akibat tubuh kekurangan hormon insulin. Sebenarnya kadar gula darah bisa menjadi sumber energi saat berolahraga, tapi karena jumlahnya yang berlebihan maka bisa membuat tubuh menjadi lebih lemah. Bahkan setelah berolahraga maka tubuh akan tetap lemah karena jumlah insulin yang tidak tercukupi.

  1. Anemia

Tubuh yang kekurangan zat besi bisa terasa sangat mengantuk saat berolahraga. Anemia adalah kondisi tubuh ketika tidak memiliki zat besi dalam jumlah yang cukup. Zat besi adalah tenaga untuk sel darah yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen dan sari-sari makanan ke semua bagian tubuh. Jika zat besi sangat rendah maka bisa menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan sari makanan yang cukup. Proses inilah yang membuat tubuh akan merasa sangat mengantuk saat berolahraga. Bagi orang yang menderita anemia dan ingin melakukan olahraga secara teratur bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi super tinggi untuk menjaga kesehatan.

  1. Makan Sebelum Olahraga

Terlalu banyak makan sebelum berolahraga juga bisa membuat tubuh Anda menjadi sangat lemah. Ketika tubuh menerima banyak makanan maka membutuhkan insulin dalam jumlah yang banyak untuk memecah kadar gula dalam tubuh. Kebutuhan insulin yang berlebihan sering menyebabkan tubuh mengantuk sementara jumlahnya bisa tercukupi atau tidak. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi sangat lemah dan mengantuk.

  1. Minum Obat Sebelum Olahraga

Obat antidepressan yang diminum sebelum olahraga akan membuat tubuh memberikan reaksi mengantuk saat digunakan untuk berbagai aktifitas. Sebenarnya minum obat sebelum olahraga memang bisa berbahaya untuk tubuh karena bisa menyebabkan cedera dan sistem metabolisme yang buruk. Karena itu sebaiknya tidak minum obat sebelum olahraga atau tunda waktu olahraga.

Bahaya Mengantuk Saat Olahraga

  1. Mengantuk saat olahraga bisa memicu cedera yang disebabkan karena otot tubuh tidak bisa bergerak dengan baik dan kondisi kesadaran yang sangat lemah.
  2. Sakit setelah berolahraga karena ketika sedang olahraga tubuh tidak dalam kondisi bugar yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Kondisi ini bisa membuat tubuh terserang berbagai penyakit dan infeksi.
    Sponsors Link

  3. Pinsan bisa terjadi karena tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup selama berolahraga. Pinsan saat olahraga juga bisa menyebabkan cedera yang bisa melukai tubuh.
  4. Serangan jantung mendadak. Kondisi ini sering ditemukan pada orang yang sebenarnya lelah dan tidak memiliki energi yang cukup untuk berolahraga. Gejala mengantuk yang terjadi selama olahraga sebenarnya memerintahkan sinyal ke tubuh untuk istirahat.

Cara Mengatasi Mengantuk Saat Olahraga

  1. Mengatur waktu terbaik untuk berolahraga secara rutin. Olahraga terbaik bisa dilakukan pada pagi hari setelah tubuh mendapatkan istirahat yang cukup pada malam harinya. Bahkan jika tubuh berolahraga dalam kondisi ini maka tubuh akan terasa lebih sehat dan terhindar dari cedera.
  2. Mengatur waktu untuk bisa melakukan olahraga secara teratur. Olahraga teratur akan membuat tubuh menjadi lebih bugar karena otot tubuh dan sistem metabolisme sudah bisa berjalan dengan normal. Selain itu olahraga teratur juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, terhindari dari resiko penyakit jantung dan bisa meningkatkan umur.
  3. Mengatur makanan dan waktu makan yang tepat sebelum berolahraga. Makan setidaknya empat hingga lima jam sebelum olahraga. Jenis makanan yang harus dihindari adalah semua jenis sumber karbohidrat dan lemak. Makanan yang sangat disarankan misalnya sayuran, buah dan jus buah-buahan tanpa gula.
  4. Jika Anda memiliki jadwal yang yang rutin untuk berolahraga maka biasakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setelah berolahraga. Istirahat yang cukup akan membuat kualitas olahraga Anda juga menjadi lebih baik dan hasilnya tubuh yang lebih sehat.
  5. Jika Anda menderita diabetes maka lakukan pemeriksaan gula darah secara teratur. Jika jumlah kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah maka sebaiknya tunda waktu olahraga Anda.
  6. Minum air yang cukup sebelum, selama dan setelah olahraga untuk menghindari dehidrasi sehingga tubuh tetap segar saat olahraga. Minuman yang sangat disarankan misalnya adalah seperti air putih dan minuman yang mengandung kadar elektrolit.

Olahraga bertujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Mengantuk dan menguap adalah kondisi yang paling sering terjadi selama berolahraga. Sebaiknya mulai sekarang pertimbangkan penyebab yang mungkin terjadi dan lakukan pencegahan terbaik.

Baca juga : manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 21st, September 2015 / 04:01 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit