Sponsors Link

11 Penyebab Kaki Bengkak pada Penderita Diabetes

ads

Berbicara mengenai penanda diabetes ada suatu gejala yang jamak terjadi menyerang penderitanya yakni adanya kemunculan permaslahan di area kaki utamanya timbulnya kebengakakan. Nah untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana secara teknis diabetes dapat terhubung dalam menjadi penyebab munculnya bengkak utamanya pada kaki maka hendaklah pelajari beberapa daftar poin yang menyebabkan timbulnya kaki bengkak pada penderita diabetes berikut ini:

Baca juga: Penyebab Kaki Bengkak SebelahPerbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2Obat Herbal untuk DiabetesGejala Awal Diabetes

1.Komplikasi gagal ginjal

Kaki bengkak pada penderita diabetes bisa juga disebabkan lantaran sudah semakin parahnya tingkat diabetes yang diderita pasien. Sehingga pada kondisi tersebut telah sampai mengarah pada gagalnya fungsi kinerja organ ginjal dalam proses saring darah. Diabetes dan gagal ginjal berhubungan lantaran keduanya sama-sama harus bersinggungan dengan aliran darah.

Pada orang dengan keluhan diabetes maka kadar gula dalam darah melonjak drastis sehingga darah yang disaring oleh ginjal juga mengalami perubahan. Darah tersebut lebih kental dan sarat akan zat gula yang semakin membebani kinerja penyaringan organ ginjal yang secara lama-kelamaan akan menurunkan atau bahkan sampai merusak kinerja ginjal secara total. Dan salah satu penanda rusaknya fungsi ginjal yakni adanya penumpukan cairan abnormal yang serin kita sebut sebagai kebengkakan dan biasa menyerang kaki penderitanya.

Baca juga: Penyebab Ginjal Kotor

2.Komplikasi gagal jantung

Sakit diabetes utamanya memang mempenaruhi keseluruhan kinerja organ vital yang utamanya harus sering bersinggungan dengan aliran darah. Pekatnya kadar gula dalam darah biasanya sedikit menghambat proses penyebaran darah ke seluruh jaringan tubuh yang mana hal ini akan membuat jantung bekerja ekstra keras. Dan pada penderita dengan riwayat gagal jantung munculnya kebengkakan pada kaki juga seringkali menjadi penandanya yang paling khas.

Baca juga: Gejala Awal Penyakit Jantung

3.Konsumsi banyak garam

Pada penderita diabetes dengan komplikasi gagal ginjal jika sampai mengonsumsi garam dalam takaran berlebihan maka akan secara otomatis mengacaukan sistem penyimpanan cairan dalam tubuhnya. Dan hal ini tak pelak akan menimbulkan keluhan pembengkakan utamanya pada area kaki penderita.

Baca juga: Bahaya Minum Air Garam

Sponsors Link

4.Diabetes gestastional

Selain adanya jenis diabetes tipe 1 dan 2 yakni ada lagi satu jenis diabetes yang bernama diabetes jenis gestastional. Diabetes ini uniknya hanya menyerang pada beberapa ibu hamil saja dan setelah proses kehamilan tersebut berakhir maka kemunculan penanda diabetes pun menghilang. Seperti yang kita ketahui bersama jika akan jamak kita temui ibu hamil dengan keluhan pembengkakan kaki namun tak berbeda pula pada ibu hamil dengan keluhan diabetes gestastional akan memberi kemungkinan lebih tinggi lagi akan timbulnya kebengkakan kaki. Diabetes gestastional sendiri hanya identik dengan kehamilan saja sebagai penyebabnya dan kemungkinan terpengaruh lantaran perubahan secara fisik maupun psikis dalam tubuh ibu hamil ataupun kecenderungan nafsu makan yang juga berubah pada masa kehamilan.

Baca juga: Obat Tradisional Diabetes

5.Komplikasi tekanan darah tinggi

Jika seseorang tengah mengidap diabetes dan secara bersamaan pula memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi maka kemungkinan timbulnya gejala kebengkakan utamanya pada kaki juga akan semakin meningkat. Hal ini lantaran tak stabilnya sistem peredaran darah yang diakibatkan lantaran menumpuknya gula darah serta kuatnya tingkat tensi darah yang memunculkan gejala ketidakseimbangan cairan dan menimbulkan penumpukan cairan secara abnormal pada beberapa bagian tubuh tertentu dari pasien.

Baca juga: Tanda-tanda Darah Tinggi

6.Infeksi serius

Melonjaknya kadar gula darah pada penderita diabetes maka akan secara otomatis pula dapat menurunkan sistem imunitas pada pasien tersebut. Melemahnya sel kekebalan dan juga dibarengi dengan kadar gula tinggi juga akan semakin membuat penderita diabetes rentan sekali terhadap serangan mikroba yang dapat menimbulkan infeksi kapan saja. Dan kebengkakan pada kaki penderita ini bisa juga mengarah lantaran karena adanya infeksi serius yang tengah mendera pasien apalagi jika bengkak tersebut diikuti dengan penampang kemerahan dan juga menimbulkan efek demam pada pasien.

Baca juga: Terapi Infeksi Saluran Kemih

sponsored links

7.Komplikasi neuropati

Kadar gula darah meningkat pada penderita diabetes secara berkesinambungan mau tak mau akan berpengaruh pula pada kinerja di sepanjang jaringan perserabutan syaraf di tubuh penderita tersebut. Layaknya suatu pencemaran maka gula dalam aliran darah tersebut akan menurunkan kinerja sistem syaraf tidak seperti selayaknya biasanya. Hal ini akan memberikan sensasi sering merasa mati rasa yang dikeluhkan oleh penderita diabetes tersebut. Bahkan pada kasus lanjutan seorang penderita diabetes bisa saja tak merasa ketika mengalami cidera semisal keseleo pada kakinya. Hal ini akan memunculkan bengkak tentu saja namun sayangnya kinerja perasa pada persyarafan penderita tidak bekerja dengan baik sehingga tanpa sadar cidera tersebut sebelum mendapat penanganan telah menjdi semakin parah saja gejalanya.

Baca juga: Terapi Syaraf Kejepit

8.Edema perifer

Edema perifer merupakan suatu istilah khusus untuk menyebut terjadinya ketidakseimbangan serta penumpukan cairan di anggota tubuh tertentu utamanya pada area kaki dan terjadi pada penderita dengan keluhan riwayat diabetes. Pertanda bengkak ini tidak boleh dianggap remeh dan harus dikonsultasikan lebih lanjut ke ahli medis untuk mendapatkan penanganan yang jauh lebih tepat dan menghindari hal-hal yang mengarah pada keadaan tak diinginkan.

Baca juga: Obat Bengkak Memar

9.Komplikasi obesitas

Jika penderita diabetes juga dalam waktu bersamaan mengalami obesitas ataupun kelebihan berat badan maka timbulnya ketidakseimbangan serta penumpukan cairan pada area tubuh penderita utamanya kaki akan semakin meningkat. Hal ini lantaran bersebab dari tersendatnya kelancaran sirkulasi cairan yang tidak normal pada tubuh penderita yang diperparah lantaran gula darah tinggi dan juga kelebihan berat badan yang tengah dialami.

Baca juga: Penyebab Obesitas pada Anak

10.Merokok

Pada penderita dengan keluhan riwayat diabetes dan juga sekaligus sebagai perokok berat maka keluhan munculnya kebengkakan kaki akan semakin tinggi lagi. Hal ini lantaran semakin tercemarnya pembuluh darah dengan serangkaian tumpukan gula dan juga zat racun dari rokok yang berenang dalam aliran darah si penderita secara bersamaan dan semakin memperparah munculnya kemungkinan ketidakseimbangan sirkulasi cairan tubuh sehingga menimbulkan kebengkakan kaki.

Baca juga: Bahaya Merokok di Ruang ber-AC

11.Kurangnya rileksasi

Pada penderita dengan riwayat diabetes utamany jika dipaksakan untuk semisal bekerja dengan berat, semisal semakin sering hanya dalam posisi berdiri, kurangnya peregangan dengan istirahat dalam posisi berbaring, atau juga ditambah dengan memakai sepatu hak tinggi akan semakin memunculkan kemungkinan bengkak kaki menjadi lebih parah. Hal ini lantaran beragam tekanan tersebut akan memunculkan penumpukan cairan yang terkumpul pada area kaki menjadi semakin bertambah semakin parahnya jadi sebaiknya hal-hal dalam keseharian semacam ini baiknya diperhatikan serta selanjutnya diminimalisir untuk menghindarkan adanya keluhan gejala yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 02:49 Oleh :
Kategori : Diabetes