Sponsors Link

27 Tanda tanda Anemia Berat dan Ringan Wajib Diketahui

Sponsors Link

Anemia merupakan suatu penyakit yang menyerang sel darah. Anemia ini mampu mengakibatkan daya tahan tubuh penderita menurun. Tentu hal ini menjadi suatu hal yang sangat membahayakan bagi penderita. Bahkan dengan adanya anemia memungkinkan untuk seorang terserang penyakit-penyakit lainny a dikarenakan anemia. Anemia membuat kekebalan tubuh menjadi menurun. Anemia membuat kekbalan tubuh menjadi drob, sehingga tidak mampu untuk bekerja secara normal. Oleh sebab itu pantaslah akan banyak penyakit yang masuk kedalam tubuh. Tentu saja hal itu akan terjadi. Bagaimana tidak ? kekebalan tubuh sangat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Bila ia tidak ada maka tubuh mudah sekali terserang penyakit. Kekebalan tubuh ini dapat ditingkatkan dengan melakukan terapi air putih.

ads

Itulah kekebalan tubuh. Namun apa jadinya kekebalan tubuh yang sudah diserang oleh anemia sehingga ia tidak dapat melindungi tubuh lagi. maka dari itu jangan pernah membiarkan anemia menyerang tubuh terus menerus, jangan biarkan anemia mengaggg aktifitas. Oleh karena itu ketahuilah macam-macam cara menyembuhkan anemia yang sudah pernah dibahas dahulu. Selain mengetahui cara mengobati anemia, untuk mencegah anemia perlu mengetahui menganai ciri-ciri atau tanda dari anemia. Berikut adalah ciri-ciri dari penyakit anemia.

  1. Lelah berlebih

cepat lelah  memang akan dirasakan oleh penderita anemia. Mengapa tidak, anemia akan mengurangi asupan darah karena anemia merusakan beberapa sel-sel darah pada tubuh yang dimana sel darah itu sebenarnya membantu proses tubuh menciptakan metabolisme tubuhnya.

  1. Cepat marah

Cepat marah biasanya menjadi salah satu pertanda dari seorang yang menderita darah tinggi namun ternyata tidak hanya itu saja, anemia atau kekurangan darah pun mengakibatka cepat marah. kok bisa ? tentu saja, saat seorang terkena anemia dia akan merasakan kelelahan. Dan kelelahan itu akan menganggu konsentrasi penderita, sehingga aka mengakibatkan penderita sulit mengontrol amaahnya itu.

  1. Perut nyeri

Perut nyeri memang menjadi pertanda atau cirii-ciri yang sangat umum, bahkan perut nyeri akan membuat seorang  kekurangan konsentrasi pula. Saat ini perut nyeri ini selian menjadi ciri-ciri dari anemia ia pun menjadi ciri –ciri Asam lambung,  gejala awal liver, demam jadi sangat banyak sekali penyakit yang menyebabkan nyeri pada perut itu, untuk itu harus benar-benar paham apakah nyri perut itu sakit anemia atau lembung atau gejala liver.

  1. Tangan mudah berkeringat

Tangan mudah berkeringan ini sejatinya merupakan tanda-tanda dari ciri-ciri jantung koroner namun ia juga menjadi tanda dari anemia. Saat anemia jantung tidak dapat berfungsi dengan baik, itulah mengapa jantung menjadi mudah lelah atau yang sering biasa disebut sebagai Kelelahan otot pada jantung. Jika hal ini sudah terjadi maka bukan penyakit anemia lagi yang diderita tetapi akan mengakibatkan penyakit jantung.

Sponsors Link

Jangan sampai penyakit jantung ini menjadi penyakit paling mematikan di dunia oleh karena itu ketahuilha pula asupan makanan sehat untuk jantung agar jantung segera pulih dan anemia pun akan lebih mudah untuk disembuhkan

  1. Pucat pada kelopak mata

Pada orang yang mengalami anemia akan memperlihankan matanya yang pucat. Hal ini pun dapat diseabkan karena kondisi tubuh yang tidak sehat atau Stress sehingga ia akan  menampakan pucat pada bagian bawah matanya itu terutama pada bagian kelopak mata.

  1. Ujung jari pucat

Pada bagian ujung jari akan mengalami gangguan yaitu akan terasa lemas, bahkan ujung jari akan terlihat sangat pucat. Seperti halya orang yang kedinginan terlalu lama, maka tangan akan tampak mati dan putih. Seperti itulah kurang lebih tangan yang pucat dikarenakan terserang penyakit anemia.

  1. Wajah pucat

Ciri utama pada anemia adalah pucat, terutama pucat pada baigan wajah, tentu wajah akan menampakan kepucatannya saat terserang penyakit anemia, hal ini dikarenakan darah tidak dapat menyebar keseluruh tubuh dengan normal seingga banyak bagian tubuh yang pucat terutama wajah dan juga mata seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya. Dan juga ujung jari pun akan terlihat sangat pucat, jari-jari akna tampak mati seperti yang telah dijelaskna pada poin sebelumnya pula.

  1. Kekebalan tubuh menurun

Jelas, sangat jelas malahan, anemia akan menyebabkan kekeabalan tubuh menjadi menurun, pada beberapa poin pun sudah dibahas mengapa kekebalan tubuh dapat mernurun begitu drastis ketika terserang anemia. Tentu karena anemia ini menyerang sel darah merah yang mengakibatkan darah merah tidak dapat memfungsikan fungsinya dengan baik, yaitu menyebarkan darah keseluruh tubuh.

ads

Selaini tu sel darah merah, sel darah  putih dan trombosit ini berperan penting dalam melawan penyakit serta membentu kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh tidak dapat dibentuk dengan ini bisa jadi tubuh akan sangat mudah terserang penyakit.

  1. Denyut jantung tidak teratur

Lagi-lagi penyakit jantung. Ternyata anemia dapat menyebakan penaykit jantung. Yaitu denyut jantung yang tidak teratur. Untuk itu hal ini perlu diatasi dengan baik seperti melakukan olahraga dan melakukan aktivitas lainnya untuk melatih jantung bekerja dengan normal lagi.

  1. Rambut rontok

Bukan hanya leukimi, kanker atau tumor saja yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Ternyata anemia inipun menyebabkan rambut menjadi rontok.

  1. Mual

Mual tidak hanya disebabkan karena sakit pada perut atau pada bagian pencernaan, bahkan kedinginann pun dapat menyebbkan mual. Mual tentu disebabkan karena adanya kondisi pada tubuh yang salaing bertolak belakang sehingga mengakibatkan mual-mual. Tak terkecuali dengan anemia ini. Anemia pun menyebabkan mual-mual pada penderitannya.

  1. sakit kepala

sakit kepala akan sering terjadi, karena sakit kepala ini berhubungan langsung dengan beberapa syaraf yang ada di tubuh, ketika tubuh tidak mampu untuk memungsikan safaf dengan baik bisa jadi sakit kepala ini menjadi semakin parah. Seperti yang sudah dijelaskan pada awalnya tadi, bahwasannya penyakit anemia akan menyebabkan penyakit lainnya yang bakan bisa leibh parah dari penyakit anemia itu karena kekebalan tidak terjaga, begitu pula dengan hal ini. Sakit kepala ini pun terjadi karena tidak adanya tubuh atau bagian perlindungan yang menenangkan kepala.

  1. Nyeri dan pegal pada leher

Leher menjadi penompang pada bagian kepala, bahakan leher ini sangat rentan, terkadang otot-otot leher yang tidak bergerak bebarapa waktu saja, atau dalam artian lain diam dalam waktu yang lama ini akan menjadikan nyeri. Terkadang ketika leher yang pegal akan menyebabkan sakit kepala pula. Oleh karena itu sering seringlah gerakan leher dan kepala mu pada saat beraktivitas, lakukannlah sebentar saja. itu hanya digunakan sebbagai perenggangan agar otot-otot di dalam leher tidak terlalu kaku.

  1. sesak nafas

sesak nafas ini dikarenakan tidak darah tidak dapat mengalir secara normal sehingga mengakibatkan seluruh bagian tubuh menjadi abnormal, hal ini tentu akan berpengharuh bahkan sangat berpengharuh pada kesehatan tak terkecuali sesak nafas. Nafas membawa oksigen ke dalam tubuh dan menyebarkannya ke seluruh tubuh melalui darah. Namun bagaimana jika darah tidak sebanyak yang dibutuhkan, tentu akan membuat oksigen sulit disebarkan keseluruh tubuh yang mengakibatkan kekebalan tubuh tidak tercipta dengan baik, selain itu akan mengakibatkan sesak pada nafas.

Itulah ciri-ciri dari penyakit anemia, sebenarnya ada bebarapa ciri-ciri lain yang menjadi ciri-ciri dari anemia itu sendiri, ciri-ciri itu diantaranya adalah

  1. Nafsu makan berkurang
  2. Konsentrasi menurun
  3. Lidah terasa kering
  4. Kuku terasa sangat rapuh
  5. Luka sulit sembuh
  6. Sering pingsan
  7. Terkadang tidak sadar
  8. Insomia
  9. Stress
  10. Selaput merah pada mata menjadi pucat
  11. Telinga berdengung
  12. Masalah haid
  13. Elastisitas kulit menurun

dua puluh tujuh ciri-ciri diatas merupakan ciri-ciri yang sangat umum terjadi, bahkan ada beberapa ciri-ciri yang merupakan ciri-ciri dari penyakit lainnya pula, untuk itu harus benar-benar jeli. Apakah merupakan pertanda anemia atau bukan. Bila memang itu merupakan pertanda anemia segera periksa ke dokter atau konsumsi makanan yang dapat meningkatkan sel darah merah agar dapat bekerja dengan baik lagi. banyak makanan yang dapat meningkatkan proses sel darah merah. Jika makanan itu sudah dikonsumsi secara rutin dan sudah menjadi obat untuk anemia akan lebih mudah menyelesaikan anaemia dengan cara-cara herbal yang tidak berbahaya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 11th, August 2016 / 11:30 Oleh :
Kategori : Anemia