Sponsors Link

15 Bahaya Minuman Suplemen Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Bahaya minuman suplemen merupakan dampak buruk yang muncul akibat mengkonsumsi terlalu berlebihan, Tanpa aturan dan dilakukan dalam jangka panjang. Minuman suplemen merupakan makanan tambahan yang bertujuan untuk meningkatkan asupan gizi didalam tubuh yang sebenarnya hanya cocok bagi para manula, Pada orang orang yang baru sembuh dari sakit, Kurang tidur dan yang mengalami kelelahan hebat karena aktivitas sehari hari termasuk olahragawan.

ads

Mengapa minuman suplemen bisa membahayakan kesehatan?

Pada dasarnya minuman suplemen dapat berdampak baik bagi tubuh karena dapat mengembalikan stamina tubuh dan mempertahankan tubuh tetap kuat dan terhindar dari kelelahan, Namun pemakaian suplemen makanan yang sembarangan justru menimbulkan berbagai macam keluhan yang cukup mengganggu kesehatan tubuh sehari hari.

Bahaya minuman suplemen dapat muncul jika dikonsumsi seperti layaknya air putih biasa yang bisa diminum sesuka hati dengan takaran yang tidak dibatasi. Minuman suplemen dibilang berbahaya karena ada kandungan zat kimia didalamnya, Diantaranya:

• Kafein dan taurin
• Zat BHT dan BHA
• Asam benzoat
• Gula dan zat pewarna
• Sodium nitrat dan sodium benzoat

Bahaya minuman suplemen

Dampak buruk dari minuman suplemen dapat menimpa siapa saja dan dapat pula cepat diatasi dengan cara menghentikan kebiasaan minum yang berlebihan dan diimbangi dengan asupan buahan buahan serta sayuran segar.

Berikut resiko yang harus anda tanggung jika mengkonsumsi minuman suplemen dengan tidak moderat (wajar)

1. Sakit kepala
Bahaya minuman suplemen yang paling umum menimpa orang orang yang gemar minum 3 liter perharinya dan dilakukan dalam jangka panjang adalah mampu meningkatkan kualitas konsentrasi seseorang tetapi hanya sebentar, Karena jika dikonsumsi berlebihan maka efeknya hanya akan memperberat kinerja otak dan menyumbat peredaran darah yang akhirnya memicu munculnya sakit kepala. (Baca juga: Akibat sakit kepala)

2. Gangguan jantung
Kebiasaan mengkonsumsi minuman suplemen setiap hari bahkan dilakukan menjelang tidur malam dapat memperlambat aliran darah ke jantung dan jantung kesulitan memompa darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh, Akibatnya menyebabkan munculnya bahaya minuman suplemen berupa gangguan jantung berupa jantung mengalami kelelahan, Denyut jantung tidak beraturan, Memperlambat fungsi jantung hingga serangan gagal jantung.

3. Kerontokkan rambut
Kerontokkan rambut dapat dialami pria dan wanita dalam usia yang tidak terbatas, Hal itu merupakan salah satu akibat bahaya minuman suplemen jika dikonsumsi terus menerus setiap hari dalam rentan hampir 24 jam. Kandungan Asam benzoat, sodium nitrat dan sodium benzoat dapat merapuhkan kekuatan akar rambut dan mempermudah batang rambut menjadi cepat patah.

Sponsors Link

4. Kram otot
Bahaya minuman suplemen dapat berupa munculnya kram otot sehingga menimbulkan kaku, ketegangan dan rasa nyeri pada otot ketika tubuh sedang bergerak. Minuman suplemen yang mengandung zat kreatin atau asam organik dapat terakumulasi degan asupan air yang tersimpan pada otot sehingga memicu jaringan otot menjadi mengalami peningkatan sehingga otot menderita kaku, Kram dan nyeri.

5. Depresi
Depresi dan rasa gelisah yang berlebihan adalah salah satu dari bahaya minuman suplemen yang dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak pernah di imbangi dengan minum air putih setidaknya 8 liter perhari. Kandungan senyawa yang ada pada minuman suplemen dapat mempengaruhi psikologis seseorang menjadi lebih sensitive misalnya mudah marah, Mudah gelisah, Sedih berkepanjangan, Panik dan sebagainya. (Baca juga : Ciri ciri depresi)

6. Gangguan perut
Gangguan perut berupa mual, Muntah, Ulu hati terasa seperti ditekan dan mencret adalah tanda tanda sakit perut yang disebabkan karena bahaya minuman suplermen. Minuman suplemen dapat mengiritasi lambung dan meningkatkan asam lambung sehingga perut terasa sakit.

7. Kesulitan tidur
Minuman suplemen mengandung zat zat yang dapat membuat saraf saraf kepala terus bekerja sehingga jaringan otak menjadi lebih aktif untuk terus berfikir. Kondisi ini menyebabkan mata dan pikiran tetap terjaga sehingga menimbulkan seseorang kesulitan untuk tidur dengan cepat.

8. Meningkatkan racun dalam tubuh
Bahaya minuman suplemen yang mengandung vitamin A, D, K dan Zat besi yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengikat dan menyerap nutrisi didalam tubuh sehingga meningkatkan resiko berkumpulnya racun di dalam tubuh dimana gejalanya adalah tubuh menjadi lemas dan keluar keringat dingin.

9. Resiko terserang kejang dan kematian
Berhati hatilah jika ingin mengkonsumsi suplemen vitamin A dan E karena jika diminum tanpa resep dokter maka dapat menyebabkan kejang dan kematian mendadak. Kasus ini sering menimpa pada orang orang yang sebelumnya telah memiliki riwayat sakit epilepsi. Jika memang membutuhkan suplemen tersebut konsumsilah dengan rekomendasi dokter yang terkait.

ads

10. Penyakit ginjal
Mengkonsumsi minuman suplemen vitamin D secara berlebihan dan jangka panjang dapat mengganggu fungsi ginjal. Ginjal akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan cairan tubuh, Racun dan metabolisme tubuh. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka seseorang akan terserang penyakit ginjal kronis.
(Baca juga : Tanda tanda penyakit ginjal)

11.  Meningkatkan tekanan darah dan stroke
Berhati hatilah dengan suplemen herbal. Kendati terbuat dari bahan-bahan alami namun pemakaian bahan pengawet tetap ada didalamnya , Kecuali jika minuman tersebut anda buat sendiri. Bahaya minuman suplemen herbal jika diminum tidak sesuai aturan para ahli gizi maka dapat menghambat aliran darah di area pembuluh darah dan mengakibatkan tekanan darah cepat meningkat . Jika kondisi tersebut terus menerus terjadi maka akan memicu datangnya serangan stroke.

12.Menghambat penyerapan kalsium
Minuman suplemen yang mengandung zat fosfor tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan tanpa anjuran ahli gizi yang terkait. Bahaya minuman suplemen yang mengandung fosfor banyak dialaami oleh opara olahragawan yang cenderung memanfaatkan suplemen tersebut untuk mempertahankan stamina dan vitalitasnya. Kelebihan zat fosfor dalam tubuh mampu menghambat penyerapan kalsium yang berakibat tidak baik bagi kesehatan tulang, Gigi dan persendian. Tulang akan mengalami pengapuran lebih cepat atau pemgeroposan.

13.Dehidrasi
Terlalu banyak mengkonsumsi minuman suplemen setiap hari, Terlebih pada saat tubuh tidak sedang dalam kondisi lelah dan haus maka semua zat yang ada pada minuman tersebut justru akan menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan atau dehidrasi. Tubuh akan cepat merasa lelah, Pusing, Kehilangan konsentrasi dan sering merasa haus. (Baca juga: Bahaya dehidrasi)

14.Memicu munculnya demam
Pada sebagian orang bahaya minuman suplemen adalah berupa munculnya demam ringan hingga bisa menjadi berat jika tidak segera ditangani secara medis. Minuman suplemen dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi tidak normal karena dapat meningkatkan ketegangan pada saraf saraf, Memperlambat kelancaran aliran darah dan mempersempit pembuluh darah diseluruh tubuh sehingga memicu munculnya demam.

15. Kegemukan
Bahaya minuman suplemen yang paling klasik dan sering menyerang wanita adalah peningkatan bobot tubuh secara cepat. Didalam minuman suplemen selalu ditambahkan zat glukosa dan beberapa gabungan senyawa lain seperti kafein, taurin, BHT, BHA, Soudium benzoat dan asam benzoat yang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

Langkah terbaik menggunakan minuman suplemen
• Agar terhindar dari bahaya minuman suplemen maka pertahankan dosis yang telah tertera pada kemasan atau sesuai anjuran dokter/ahli gizi, Agar aman dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan sesuai dengan kebutuhan atau kondisi tubuh yang sebenarnya, Contohnya jika sedang terserang anemia maka dianjurkan rajin menggunakan minuman suplemen yang mengandung zat besi dan vitamin B.

• Mengkonsumsi minuman suplemen sangat cocok ketika tubuh dalam kondisi capek, Kelelahan, Kehausan( dehidrasi) dan dalam masa proses penyembuhan serta para usia lanjut yang membutuhkan lebih banyak kalsium atau vitamin, Hal tersebut karena faktor usia mereka.

• Minuman suplemen tidak dijadikan patokan sebagai pengganti makanan sehari hari, Karena minuman tersebut hanya bersifat mengganti cairan tubuh, Memberikan nutrisi tambahan pada tubuh dan meningkatkan stamina tubuh agar tetap dalam kondisi sehat. Namun mengkonsumsi minuman suplemen tanpa diimbangi dengan asupan makanan yang berstandar 4 sehat 5 sempurna tetap saja menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 03rd, December 2016 / 02:40 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya