Sponsors Link
     Sponsors Link

28 Makanan untuk Awet Muda dan Terlihat Cantik

ads

Apakah Anda ingin selalu terlihat awet muda? Semua orang selalu memiliki keinginan ini. Namun berbagai jenis faktor menyebabkan penuaan dini paling sering terjadi. Berbagai tanda seperti kulit yang keriput, bintik hitam dan jerawat sering menurunkan kepercayaan diri. Lalu semua orang akan memilih kosmetik untuk memberikan riasan dan menutupi atau menghilangkan semua tanda penuaan dini. Tentu saja ini cara yang tidak alami dan bisa menyebabkan resiko yang sangat buruk untuk kulit.

Ada beberapa cara alami untuk mempertahankan penampilan fisik agar selalu terlihat bersinar dan awet muda. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan pilihan yang bisa membuat produksi kolagen kulit Anda terus meningkat. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar menu agar selalu terlihat awet muda.

  1. Kaldu Tulang

Apakah Anda selalu menggunakan kaldu sebagai bumbu perasa untuk makanan? Sekarang Anda bisa mulai membuat kaldu tulang alami tanpa bahan pengawet maupun perasa lain. Anda bisa menggunakan jenis tulang sapi atau tulang ayam kampung. Kaldu mengandung banyak kolagen yang bisa membuat penampilan kulit Anda menjadi lebih cantik. Kaldu tulang yang dimasak dalam waktu yang lama juga menghasilkan zat gelatin yang bisa membuat pencernaan Anda menjadi lebih baik. Dengan cara ini maka Anda juga bisa memelihara kecantikan kulit dari luar dan dalam. Kolagen adalah bahan alami yang akan terbentuk dalam tubuh dan bisa mengurangi resiko peradangan yang sering menyebabkan efek penuaan dini.

  1. Kale

Kale juga sayuran yang memiliki rasa lezat dan bisa membuat Anda selalu tampil awet muda. Kale mengandung senyawa antioksidan yang bisa membuat tubuh Anda melawan radikal bebas dan mempertahankan kolagen. Kale mengandung beberapa nutrisi yang bisa menangkal radikal bebas seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, magnesium dan tembaga. Kalium akan membantu tubuh mendapatkan detak jantung yang normal sehingga peredaran darah dan oksigen berjalan dengan lancar. Hal ini juga bisa membuat tubuh Anda semakin sehat dan kulit yang lembut.

  1. Bayam

Sayur bayam yang hijau dan mengandung banyak zat klorofil ternyata juga sangat baik untuk memelihara kesehatan dan penampilan kulit. Bayam juga mengandung zat besi yang membantu produksi sel darah merah berjalan dengan baik. Tubuh Anda akan memiliki cukup darah dan oksigen yang membantu perawatan kolagen alami dalam tubuh. Selain itu bayam penuh dengan fitonutrisi yang bisa menberikan perlindungan untuk kulit akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Bahkan bayam juga mampu melindungi gen tertentu yang bisa mencegah kolagen bertahan dan terhindar dari kanker kulit.

  1. Paprika Merah

Paprika merah mengandung banyak zat warna alami yaitu likopen. Likopen sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolagen alami dalam tubuh. Selain itu likopen juga memberikan perlindungan kerusakan kulit akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Vitamin C dalam paprika merah memberikan perlindungan yang tinggi sebagai bahan antioksidan. Bahan antioksidan ini akan beredar ke semua bagian tubuh dan mampu meningkatkan penyerapan protein pada jaringan tubuh termasuk kulit. Jadi Anda bisa memasukkan paprika dalam beberapa menu makanan atau mencampurnya dalam salad sayuran dan buah-buahan.

  1. Bit

Bit merupakan buah sehat berwarna merah yang bisa memberikan perlindungan penting untuk kulit Anda. Pigmen warna pada buah bit yang banyak mengandung betasianin akan membantu tubuh dalam melawan pembentukan kanker kulit. Selain itu kandungan bahan ini juga bisa mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Bit bisa diolah menjadi jus yang dicampur dengan jenis sayuran atau buah lainnya. Bit juga akan membantu Anda terlihat lebih muda karena memiliki sistem peredaran darah yang sehat karena jantung yang sehat juga. Jadi bit akan menjadi buah super untuk memelihara penampilan kulit.

  1. Tomat

Tomat akan memberikan manfaat kesehatan tubuh yang sangat lengkap, termasuk untuk kulit Anda. Tomat mengandung senyawa antioksidan yang sangat banyak seperti likopen. Likopen merupakan salah satu zat antioksidan yang bisa melawan semua radikal bebas dalam tubuh. Bahkan likopen tidak hanya melawan efek radikal bebas untuk kulit tapi juga semua bagian organ tubuh Anda. Tomat memiliki manfaat yang sangat besar untuk mencegah semua efek akibat terkena panas matahari. Bahkan tomat akan membantu menghilangkan semua efek penuaan dini. Langkah terbaik untuk mendapatkan manfaat tomat adalah dengan membuat jus tomat tanpa tambahan gula.

  1. Jeruk

Jeruk juga bisa menjadi buah yang akan membuat Anda memiliki kulit sehat dan bersinar. Buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan bekerja untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C juga akan membantu tubuh untuk mengelola kolagen yang bisa mencegah semua efek penuaan dini. Bahkan vitamin C juga penting untuk membuat sel-sel kulit Anda terus memperbarui dan tumbuh menjadi jaringan baru yang lebih sehat. Selain itu jeruk akan membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh sehingga kulit Anda juga terlihat sangat halus dan lembut. Ini adalah buah untuk merawat kulit secara alami dari dalam tubuh.

  1. Wortel

Wortel adalah sayuran manis yang menyegarkan. Penampilan wortel dengan warna orange atau kuning kemerahan memang sangat cantik. Wortel mengandung bahan antioksidan yang bisa membantu tubuh mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Zat beta karoten dalam wortel bisa membuat Anda lebih awet muda karena membantu memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan. Selain itu wortel memang bisa membuat kulit menjadi lebih mulus karena meningkatkan fungsi kolagen yang akan menjaga kulit. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari wortel seperti mata yang lebih sehat dan terlindungi dari penyakit degenerasi makula.

  1. Ubi

Ubi memang makanan yang tidak hanya lezat tapi juga bisa membuat penampilan Anda menjadi lebih awet muda. Ubi mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk kulit seperti beta karoten, vitamin C, vitamin B, dan zat besi. Beta karoten akan membantu tubuh dalam mempertahankan kolagen yang normal dan vitamin C akan melawan radikal bebas. Vitamin Cjuga sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan sel yang sering menyebabkan bintik hitam dan tanda penuaan dini lain. Serat yang terkandung dalam ubi juga bisa membuat tubuh mempertahankan air sehingga sel-sel kulit Anda terus sehat.

  1. Ikan Makarel

Ikan mackerel memang ikan lezat yang mendatangkan keuntungan yang sangat banyak. Ikan makarel mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu memelihara sel kulit. Ikan ini juga tidak mengandung lemak berlebihan sehingga tidak akan meninggalkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan asam amino esensial dalam ikan makarel akan membantu tubuh untuk menangkal semua efek peradangan. Hal ini berarti makarel memang akan memelihara kesehatan kulit dari dalam tubuh.

  1. Ikan Tuna
sponsored links

Ikan tuna mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan protein ini sering menjadi peptida ketika dimasak dengan cara dipanaskan. Peptida akan membantu tubuh dalam mendapatkan bahan antioksidan dan mampu melindungi membran sel termasuk untuk sel kulit. Jadi ikan tuna benar-benar akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Selain itu ikan tuna juga mengandung vitamin C yang bisa membantu kulit tubuh dalam mendapatkan nutrisi dan mempertahankan kolagen. Bahkan ikan tuna akan membuat penampilan menjadi awet muda karena mendukung sistem peredaran darah yang sehat.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan super yang bisa membuat penampilan kulit Anda menjadi lebih cantik. Ikan salmon mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat penting untuk kulit seperti asam lemak omega 3, selenium, dan vitamin D. nutrisi ini akan membantu tubuh dalam mengatur penyerapan gula dari bahan makanan. Kemudian asam lemak omega 3 akan membantu membersihkan darah Anda dari lemak dan kolesterol. Asam lemak omega 3 juga akan membantu memperbaiki penampilan kulit, mencegah jerawat dan membuat kerutan di sekitar mata dan hidung berkurang. Ikan salmon akan memberikan penampilan yang berbeda karena kandungan bahan antioksidan yang sangat tinggi.

  1. Blueberi

Blueberi tidak hanya buah yang manis dan segar tapi juga bisa memberikan perlindungan untuk kulit. Ini termasuk sebagai salah satu buah kecil yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Blueberi mengandung bahan vitamin E dan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin C akan membantu tubuh dalam mempertahankan kolagen. Sementara vitamin E penting untuk mengatur keseimbangan kerja sel dalam tubuh. Jadi buah kecil ini mengandung dua jenis vitamin yang berperan sebagai bahan antioksidan. Selain itu blueberri juga bisa menurunkan kolesterol yang akan membentuk plak dan menghambat proses regenerasi kulit.

  1. Stroberi

Stroberi adalah buah yang banyak mengandung vitamin C. vitamin ini akan membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Selain itu vitamin C juga  berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda bisa melawan berbagai jenis penyakit. Sementara vitamin C dalam stroberi juga bisa membantu tubuh Anda memelihara sel kulit secara alami dari dalam. Satu mangkuk stroberi bisa mencegah semua kerusakan kulit akibat terlalu sering terkena sinar matahari. Bahan antioksidan dalam stroberi juga akan memberikan perlindungan untuk kolagen yang sering mengalami kerusakan akibat penuaan dini dan efek sinar matahari. Jadi stroberi juga akan membantu produksi sel – sel tubuh yang lebih cepat dan sehat.

  1. Blackberry

Blackberry merupakan jenis buah yang bisa memberikan manfaat yang melimpah untuk kulit Anda. Buah ini mengandung berbagai jenis senyawa antioksidan seperti flavonoid, flavonol dan fenolik yang bisa melawan radikal bebas. Dan blackberry juga mengandung senyawa antosianin yang bisa membuat sel-sel kulit memperbaruhi dengan cepat dan lebih sehat. Buah ini akan membantu kerusakan kulit yang disebabkan karena reaksi oksidatif akibat terlalu sering mengkonsumsi lemak dan kolesterol yang masuk ke tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin E dari buah blackberry ini juga bisa memelihara kerusakan kulit akibat sinar matahari dan membantu pembentukan kolagen dalam tubuh.

  1. Bawang Putih

Bawang putih biasanya menjadi bumbu masakan yang tidak pernah ditinggalkan. Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu bawang putih mengandung sebuah senyawa yang disebut dengan taurin dan lipoic yang bisa membantu kembali pembentukan kolagen. Kedua senyawa ini akan bekerjasama dengan untuk memproduksi kolagen. Jadi bawang putih bisa membuat penampilan Anda menjadi lebih muda. Anda bisa mencampurkan bawang putih ke berbagai jenis masakan.

  1. Mangga

Mangga buah yang memiliki rasa manis ini ternyata sangat bermanfat untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Mangga mengandung senyawa antioksidan yang ditunjukkan dengan pigmen warna kuning dan vitamin C yang cukup tinggi. Beta karoten dalam mangga bisa bermanfaat untuk membuat kolagen terus bertahan dalam kulit sehingga kulit Anda lebih elastis dan bersinar. Selain itu mangga juga bisa membantu membuat pigmen kulit menjadi lebih cerah. Bahkan mangga juga bisa membantu menyembuhkan jerawat dan semua efek penuaan dini dengan cara membantu membuka pori-pori yang tersumbat oleh bakteri maupun kotoran lain. Untuk mendapatkan manfaat ini maka Anda bisa makan buah mangga setiap pagi.

  1. Labu

Labu merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kedua jenis nutrisi ini sangat penting sebagai zat pelawan radikal bebas dalam tubuh. Labu bisa membantu membersihkan semua radikal bebas yang biasanya menyebabkan berbagai jenis tanda penuaaan dini. Bahkan labu mendukung sistem metabolisme tubuh yang baik sehingga semua aliran darah dan nutrisi untuk organ tubuh lain juga terpenuhi. Labu bisa menjadi makanan untuk awet muda yang akan mempertahankan kolagen karena membantu membersihkan semua penghambat kolagen. Jadi labu akan membuat sel-sel dalam tubuh Anda memiliki umur yang lebih panjang dan terhindar dari kerusakan.

  1. Paprika Kuning

Paprika kuning memiliki rasa asam, manis dan sedikit pedas. Ini adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C yang ditemukan dalam paprika akan membantu tubuh Anda dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan menjaga jaringan kulit dan organ lain agar selalu sehat. Bahkan vitamin C yang memang menjadi sumber bahan antioksidan juga bisa membantu memberikan perlindungan kepada sel-sel tubuh dan jaringan kulit untuk melawan semua efek penuaan dini. Jadi makan paprika akan membuat penampilan Anda bersinar dan jauh dari kesan tua. Selain itu paprika sangat baik untuk melindungi tubuh dari penyakit seperti kanker dan serangan jantung.

  1. Peterseli

Sayuran peterseli sering menjadi bahan tambahan untuk hiasan menu makanan. Namun selain untuk mempercantik penampilan makanan maka peterseli juga baik untuk kesehatan Anda. Sayuran nii bisa memberikan efek yang sangat kuat untuk melawan peradangan yang terjadi pada organ tubuh dan jaringan kulit. Peterseli juga sangat baik untuk membuang racun dari hati sehingga memberikan efek detoksifikasi. Sayuran ini akan membuat Anda jauh lebih awet muda karena tubuh yang sehat dan bersih dari racun. Kandungan beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, niasin, dan folat sangat baik untuk melawan berbagai sumber penyakit. Selain itu peterseli mengandung klorofil yang bermanfaat untuk mencegah infeksi karena bakteri atau jamur.

  1. Kembang Kol
Sponsors Link

Kembang kol adalah sayuran yang mengandung karbohidrat halus yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Selain itu kembang kol juga mengandung beberapa sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit seperti vitamin C dan mangan.  Kandungan glukosinates dan indolse sangat baik untuik merangsang enzim yang bisa memberikan reaksi penolakan untuk beberapa jenis kanker. Dan sebuah penelitian membuktikan jika sayuran kembang kol yang mengandung sulforaphane sangat baik untuk memberikan perlindungan terhadap kulit yang biasanya disebabkan karena efek panas sinar matahari. Untuk mendapatkan penampilan kulit yang awet muda maka sebaiknya Anda makan kembang kol setiap hari.

  1. Jambu Biji

Jambu biji atau jambu merah memang memiliki aroma yang sangat kuat dan rasa yang manis. Ini adalah buah yang kaya dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat karena bisa mencegah berbagai efek jamur dan sinar matahari. Bahkan jambu biji juga dipercaya bisa membuat kulit Anda menjadi lebih lentur seperti ketika Anda menggunaka produk pelembab kulit. Hal ini terjadi karena jambu biji mengandung senyawa astringen yang memang bisa membantu mengencangkan otot kulit. Jadi Anda bisa mendapatkan kesehatan kulit yang sangat baik hanya dengan minum jus jambu merah atau jambu biji setiap hari. Pastikan Anda tidak menambahkan gula untuk menghindari diabetes.

  1. Kiwi

Buah kiwi memang dipercaya sebagai salah satu buah yang bisa mempertahankan elastisitas kulit dan penampilan kulit yang lebih cerah. Kiwi memang sangat baik untuk menjaga agar kolagen dalam kulit Anda bertahan lebih kuat dan tidak mudah rusak oleh sel-sel yang mati atau akibat terkena panas matahari yang berlebihan. Kiwi mengandung sejumlah vitamin C yang akan membantu menjaga kulit tetap sehat dan menghindari pembentukan keriput atau garis halus pada kulit. Selain itu kiwi yang mengandung vitamin E sangat baik untuk membantu penyembuhan luka, mencegah efek penuaan dini dan membuat peremajaan sel kulit menjadi lebih baik.

  1. Persik

Persik mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi dan bisa membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Vitamin C akan bertindak sebagai bahan antioksidan yang memang bisa melawan efek penuaan dini dan juga melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Hal ini disebabkan karena buah persik mengandung sejumlah senyawa seperti lutein dan zea xantin yang bisa bermanfaat untuk melindungi semua bagian kulit dari peradangan akibat terlalu sering terkena sinar matahari. Bahkan kandungan flavonoid dalam buah persik akan membantu Anda agar tidak terkena kerusakan kulit karena sering menggunakan berbagai jenis produk kosmetik.

  1. Lemon

Lemon adalah termasuk buah yang sangat berkhasiat untuk menjaga penampilan kulit Anda. Lemon mengandung berbagai jenis senyawa dan nutrisi seperti vitamin C, fitonutrisi, dan bioflavonoid. Semua nutrisi ini sangat penting untuk membantu tubuh agar memiliki sistem kekebalan yang baik sehingga bisa melawan kerusakan kulit dan berbagai jenis penyakit. Kemudian lemon akan membantu tubuh Anda mendapatkan jumlah energi yang cukup. Jika Anda minum jus lemon atau perasan lemon setiap hari maka kulit Anda juga menjadi lebih sehat karena lemon akan membantu pembentukan sel kulit yang lebih sehat. Lemon sangat baik untuk mencegah semua efek penuaan dini dan membuat sel kulit lebih muda dan sehat.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah digunakan oleh berbagai artis yang ingin memelihara kesehatan kulit. Minyak kelapa bisa dicampurkan dalam salad, masakan lain atau diterapkan langsung ke kulit. Ini adalah jenis minyak yang bisa mempertahankan kelembapan dan tingkat kadar air yang ada di kulit. Jika Anda minum minyak kelapa setiap hari maka kandungan lemak sehat akan tersimpan di bagian bawah kulit dan membantu air bisa bertahan di lapisan ini. Jadi minyak kelapa akan membuat Anda lebih sehat dengan penampilan kulit yang lebih cerah dan elastis. Minyak kelapa juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menjaga pertumbuhan sel kulit dan mencegah kulit kusam.

  1. Telur

Telur juga bisa menjadi lauk yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Terlur merupakan makanan yang banyak mengandung bahan antioksidan seperti vitamin E, zea xantin dan lutein. Bahan antioksidan ini akan melindungi kulit karena terkena sinar matahari secara langsung dan membantu proses regenerasi sel kulit. Telur juga mengandung mineral jenis selenium dan yodium yang memang sangat baik untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Jadi telur akan menjadi makanan yang bisa membuat kesehatan kulit terjaga.

  1. Bawang Merah

Bawang merah merupakan jenis bumbu yang bisa memberikan aroma dan rasa yang sangat kuat. Bawang merah akan membantu menjaga tubuh Anda tidak kekurangan vitamin C. Vitamin C akan memberikan perlindungan tubuh karena menangkal radikal bebas. Bawang merah mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa melindungi kulit dari efek peradangan. Bahkan bawang merah dipercaya bisa mencegah penuaan dini dan jerawat yang bisa menyebabkan bekas pada kulit.

Makanan sehat lain agar selalu awet muda

Semua jenis makanan yang bisa membantu kulit agar awet muda pada dasarnya mengandung bahan nutrisi yang bisa menangkal radikal bebas seperti bahan anti oksidan. Anda bisa mendapatkan manfaat semua jenis makanan ini dengan konsumsi secara teratur dan cara konsumsi yang tepat. Hindari memilih bahan makanan yang kurang sehat seperti sudah disimpan lama atau cacat karena kualitas nutrisinya sudah menurun.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, December 2015 / 01:50 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat