Sponsors Link

10 Cara Cepat Mengembalikan Ion Tubuh Secara Cepat

Sponsors Link

Cara cepat mengembalikan ion tubuh merupakan pertolongan pertama dan cara termudah untuk pencegahan agar tubuh tidak mengalami gangguan keseimbangan tubuh.
Ion tubuh merupakan komposisi cairan yang bertindak sebagai bahan bakar utama yang dapat mengaktifkan semua jaringan organ internal termasuk darah, Saraf, Otot, Tulang dan pembuluh darah didalam tubuh, Dimana seluruh anggota tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya, Sehingga seseorang dapat melakukan aktifitasnya sehari hari tanpa khawatir akan muncul keluhan kesehatan.

ads

Ion tubuh berhubungan dengan kualitas fisik seseorang
Manusia melakukan aktifitas sehari hari membutuhkan energi dan kekuatan fisik.Sebesar appun bentuk tubuh seseorang tidak akan mampu menuntaskan pekerjaannya dalam keadaan konsentrasi jika didalam tubuhnya kehilangan banyak ion tubuh yang berlebihan. Ion tubuh adalah mesin penggerak dimana tubuh dapat melakukan kegiatan apapun yang membutuhkan energi lebih. Kondisi ini berhubungan dengan kualitas fisik sekaligus cara berfikir seseorang. Semakin baik kondisi ion tubuhnya maka seseorang akan terhindar dari kasus dehidrasi yang bisa memicu hilangnya imunitas seseorang. Baca juga : cara meningkatkan kualitas fisik dengan cepat dan ampuh

Jenis jenis Ion
Banyak orang yang mengetahui bahwa tubuh kita membutuhkan ion dalam jumlah yang memadai setiap hari agar tubuh selalu berada dalam kondisi terbaiknya, Namun sedikit yang menahami tentang jenis ion itu sendiri.

1. Natrium
Ion Natrium merupakan ion positif yang sepenuhnya diatur dan diaktifkan oleh mekanisme hemeostosis, Yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar air, asam dan basa dalam cairan ekstraseluluer yang ada pada jaringan empedu, Pankreas dan pengeluaran keringat melalui pori pori kulit. Semua itu sangat berhubungan dengan dengan kelancaran penyerapan karbohidrat dalam tubuh hasil dari makanan yang telah dikonsumsi.
Baca juga : akibat kelebihan dan kekurangan natrium pada tubuh

2. Kalsium
Ion Kalsium memiliki bentuk Ca2+ yang termasuk sebagai ion logam yang relatif paling banyak berada disemua jaringan tubuh manusia termasuk air, Oksigen dan Natrium. Lebih dari 90 persen kalsium ada pada jaringan persendian, Tulang rawan dan keras serta email gigi. Ion kalsium bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, memperkuat jaringan tulang, gigi dan otot, Menstabilkan mtabolisme tubuh, Mengkoordinasi transmisi saraf saraf, Memperlancar fungsi jantung, Mempercepat proses pembuahan dan lain lain.
Baca juga : bahaya kekurangan Kalsium bagi tubuh

3. Kalium
Ion Kalium dikenal dengan bentuk ion K+ yang banyak terdapat pada larutan yang berbentuk garam garaman alami. Ion kalium bermanfaat untuk kelancaran pertumbuhan dan kesehatan sel sel tubuh, Mengontrol masalah reaksi biokimia dalam tubuh, Melancarkan pelepasan energi hasil dari makanan yang telah dikonsumsi, Mempertahankan stabilitas asam basa dalam tubuh dan lain lain.
Baca juga : gejala kekurangan Kalium dalam tubuh

4. Magnesium
Ion magnesium merupakan mineral alami yang sangat baik bagi stamina dan ketersediaan energi bagi tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah setelah beraktifitas sehari hari. Magnesium dapat berperan besar dalam pencegahan tubuh kekurangan ion atau cairan tubuh dalam jumlah berlebihan. Magnesium dapat bertindak sebagai garam yang mengandung mineral tinggi yang memiliki komposisi cairan elektrolit yang sesuai denagn komposisi cairan yang ada didalam tubuh.
Baca juga : bahaya akibat kekurangan Magnesium bagi tubuh

Ciri ciri tubuh kekurangan cairan
1. Perut mual dan muntah muntah
2. Tampilan wajah kusam dan lesu
3. Mudah lelah atau capek
4. Kehilangan konsentrasi atau fokus
5. Mudah terserang sakit kepala
6. Menurunnya kesadaran diri

Sponsors Link


7. Kulit dan bibir menjadi kering
8. Mudah terserang masuk angin
9. Tubuh ringan dan mudah limbung
10.Sulit mengendalikan emosi
11.Mulut terasa pahit dan bau
12.Timbul pegal pegal pada tubuh
13. Mudah gugup dan melamun
14. Mudah lupa
15. Mudah menguap dan mengantuk

Bahaya
Apa yang terjadi jika tubuh kehilangan ion?

Mustahil bagi manusia dapat melakukan segala aktifitas sehari hari dengan lancar dan cepat dalam kondisi tubuh kekurangan cairan. Jika tubuh dalam keadaan kering maka ion tubuhnya sudah dipastikan berkurang dan harus segera di gantikan dengan minuman yang mengandung isotonik agar cairan tubuh dapat tergantikan tanpa harus mengalami keluhan kesehatan.

Kekurangan cairan atau ion tubuh dapat menyebabkan seluruh jaringan tubuh menjadi melemah dan kehilangan fungsinya masing masing, Misalnya kemampuan jantung dalam memompa darah menjadi tidak lancar, Terganggunya pembuluh darah, Kolagen dalam tubuh menjadi rusak dan sebagainya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan daya tahan tubuh semakin menurun sehingga memungkinkan seseorang mudah jatuh sakit.

Penanganan
10 Solusi Terbaik dan tercepat Mengembalikan ion tubuh yang hilang

Cairan tubuh mudah hilang ketika seseorang beraktifitas, Bahkan ion tubuh bisa mudah hilang hanya karena seseorang sedang terserang diare sehingga terus menerus buang air besar yang menyebabkan cairan tubuh hilang dan membuat tubuh menjadi lemah. Pada Kondisi tersebut dapat diantisipasi dengan pemberian pertolongan pertama berupa larutan air putih yang ditambahkan garam dan gula sedikit.

1. Air kelapa

Air kelapa biasa atau kelapa hijau sama baiknya ketika diminum saat tubuh dalam keadaan lelah atau berkeringat. Keringat yang keluar adalah salah satu dari indikasi bahwa ion tubuh mulai berkurang. Air kelapa bersifat menyegarkan dan mampu bertindak sebagai pengganti ion tubuh yang hilang karena didalam air kelapa terdapat komposisi nutrisi yang hampir sama dengan komposisi cairan didalam tubuh. Ketika tubuh teras kelelahan dan terserang dahaga sebaiknya segeralah minum air kelapa agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

2. Apel, Daun seledri dan Air lemon

sponsored links

Blenderlah buah apel bersama kulitnya,2 daun Seledri dan air lemon sesuai keinginan dalam satu wadah. Kemudian saringlah perlahan dengan penyaring teh agar ampas dari jus dapatr disingkirkan dan tidak mengganggu tenggorokan. Setelah itu minumlah jus sehat tersebut satu kali tiap hari. Maka tubuh tidak akan mudah lelah dan mengantuk akibat kekurangan ion tubuh.

3. Lidah buaya, Bayam yang telah dikukus dan air kelapa hijau
Blender daging lidah buaya yang sebelumnya telah dibersihkan lalu campurlah dengan beberapa daun bayam yang sebelumnya telah dikukus serta masukan pula air kelapa hijau secukupnya kemudian minumlah setiap hari satu kali untuk pencegahan dehidrasi akibat kurang minum karena seseorang terjebak dengan aktifitas dibawah sinar matahari.

4. Markisa dan madu
Ambilah daging markisa yang sudah tua lalu tambahkan madu secukupnya dan air hangat , Kemudian aduklah sampai merata. Minuman nikmta tersebut dapat bertindak sebagai cairan pengganti ion tubuh yang berkurang akibat kelelahan. Minuman ini dapat dibuat segera seaat setelah pulang dari atifitas kerja sehari hari. Minuman tersebut dapat diminum 2 sampai 3 kali sehari.

5. Kacang Kedelai, susu dan madu
Kedelai mengandung Vitamin B, Protein, Isoflavon, Magnesium dan kalium tinggi yang baik bagi stamina tubuh. Kedelai yang sebelumnya telah direbus dapat diambil airnya dengan cara diblender yang sebelumnya telah ditambahkan dengan madu serta susu. Minuman kaya kalium, Protein dan kalsium ini dapat bermanfaat untuk menyegarkan tubuh akibat kelelahan dan berkeringat. Nutrisi kedelai yang digabungkan dengan vitamin C pada air jeruk nipis atau lemon serta antimikroba pada madu dapat bertindak sebagai ion positif pengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktifitas.

6. Kacang merah dan madu
Kacang merah mengandung kalium, Magnesium, Vitamin B, Magnesium serta protein nabati terbaik dimana ketika nutrisi tersebut tergabung maka dapat bertindak sebagai isotonik alami pengganti ion tubuh yang hilang. Rebuslah kacang merah dengan air yang tidak terlalu banyak agra ketika kacang telah matang airnya masih dapat digunakan untuk memblender kacangnya hingga halus. Minuman kacang merah yang ditambahkan madu sesuai keinginan sangat baik bagi pencegahan dehidrasi dan mencegah Menurunnya kekebalan tubuh akibat kelelahan dan kurang minum air putih.

7. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium tertinggi dari buah lain, Kalium tersebut dapat bertindak sebagai ion positif pengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktifitas olahraga atau pekerjaan yang membutuhkan energi lebih dan berinteraksi dengan sinar matahari. Pisang juga memiliki kemampuan menekan rasa lapar lebih lama sehingga mampu memperlambat metabolisme agar tubuh tetap dalam keadaan sehat dan berstamina. Rajinlah makan pisang dan banyak minum air putih biasa disela sela kegiatan rutin sehari hari. Pisang terbukti dapat mencegah tubuh terserang dehidrasi dan tubuh limbung.

8. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C dan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat bertindak sebagai ion positif pengganti cairan tubuh yang hilang. Ketika haus tak ada salahnya jika mengkonsumsi beberapa buah kiwi, Maka rasa haus akan segera hilang dan stamina tubuh akan kembali seperti semula. Makan beberapa buah kiwi ketika tubuh sedang dalam keadaan lelah dan berkeringat sangat dianjurkan, Agar masalah penurunan kekebalan tubuh dapat dicegah sedini mungkin.

9. Jambu merah, mangga dan susu

Membuat jus lebih dari satu buah dapat menggandakan nutrisi didalamnya, Namun tidak semua buah dapat digabungkan sesuka hati kita. Jus jambu merah yang digabungkan dengan buah mangga matang dan sedikit susu mampu melipatgandakan zat kalium serta kalsium yang baik bagi ion tunuh kita sehari hari. Mengkonsumsi pada siang hari dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap ancaman serangan radikal bebas dan mempertahankan tubuh agar tetap sehat, Berenergi dan terhindar dari kekurangan cairan tubuh.

10. Alpukat dan susu
Mengkonsumsi jus alpukat yang ditambahakan dengan susu cukup untuk menghindariu tubuh terserang dehidrasi dan kekurangan ion atau cairan tubuh. Alpukat mengandung kalium dan magnesium yang cukup tinggi sedangkan susu adalah sumber kalsium tinggi yang berperan besar dalam pencegahan dehidrasi.

Bayam baik bagi anak anak yang cencerung membutuhkan lebih banyak aktifiats fisik
Seseorang yang hobi makan sayur bayam sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama ketika tubuh kekurangaan ion akibat aktifitas sehari hari. Sedapat mungkin mengkonsumsi bayam pada siang dan sore hari disela sela kesibukan yang mengharuskan anda mengeluarkan energi lebih. Selain orang dewasa zat besi, Kalium, Magnesium dan mineral lain yang ada didalamnya sangat cocok bagi tubuh anak anak yang cenderung lebih banyak beraktifitas ketika sedang bermain.
Baca juga : bahaya Bayam bagi penderita asam urat tinggi

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 27th, June 2016 / 13:11 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi