Sponsors Link

26 Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

ads

Makanan yang mengandung karbohidrat memang perlu dikonsumsi setiap hari untuk kebutuhan nutrisi. Karbohidrat memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh di antaranya menghasilkan energi juga penyeimbang proses oksidasi lemak yang tidak sempurna.

Selain itu karbohidrat juga memiliki peraan penting dalam berbagai proses penting lainnya dalam tubuh. Karbodirat juga membantu agar protein dapat bekerja dengan baik di dalam tubuh. Maka dari itu banyak makanan yang mengandung karbohidrat dan biasa dikonsumsi oleh kita sehari – hari. Berikut ini makanan – makanan yang mengandung karbohidrat cukup banyak:

22. Semangka (Karbohidrat : 8 gr, 2.13 % Akg)

Mengapa memakan semangka dapat menyebabkan rasa kenyang? Meski terlihat memiliki banyak kandungan mineral, buah semangka juga memiliki kandungan karbohidrat. Selain itu kandungan lainnya yaitu mineral, VitaminC, dan betakaroten baik untuk tubuh. Setiap 100 gr buah semangka mengandung 8 gram karbohidrat. Maka dari itu memakan banyak semangka membuat rasa kenyang datang.

21. Melon (Karbohidrat : 8.6 gr, 2.29 % Akg)

Sama dengan pisang, melon juga memberi efek kenyang bila dikonsumsi karena mengandung karbohidrat yang cukup banyak. Selain itu melon juga mengandung gula alami juga berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

20. Kedelai (Karbohidrat : 11 gr, 2.93 % Akg)

Kedelai merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat yang dapat dikonsumsi secara rutin bagi kesehatan tubuh manusia.

19. Jeruk (Karbohidrat : 12 gr, 3.2 % Akg)

Salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat adalah buah jeruk. Buah jeruk yang memiliki banyak jenis tidak hanya memiliki kandungan karbohidrat namun kandungan nutrisinya seperti vitamin sangat tinggi. Khsusnya Vitamin C di mana membantu pertumbuhan dalam tubuh kita. Dalam satu buah jeruk terdapat 14 hingga 18,5 karbohidrat. Tergantung pada ukuran jeruk tersebut. Jeruk juga mengandung fruktosa, glukosa, sukrosa, dan asam sitrat.

18. Keluarga Berry (Karbohidrat : 14 -21 gr, 3.7 % Akg)

Buah – buahan lainnya yaitu keluarga berry seperty strawberry dan blackberry juga memiliki kandungan karbohidrat. Kandungan karbihidrat dalam keluarga buah ini setiap 100 gramnya mengandung 14 hingga 21 karbohidrat sederhana. Selain itu keluarga berry memiliki kandungan pigmen yang tinggi juga vitamin. Mengkonsumsi keluarga berry secara rutin dapat membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

17. Apel (Karbohidrat : 14 gr, 3.7 % Akg)

Makanan lain yang mengandung karbohidrat yang cukup banyak adalah buah apel. Dalam satu buah, apel mengandung karbohidrat sebanyak 23 gram. Ini makanya banyak yang menyarankan untuk memakan buah apel sebagai menu makan malam. Selain itu dapat menjadi makanan bagi anda yang sedang melakukan diet. Apel memberi efek rasa kenyang yang cukup bagi sebagian besar orang. Tetapi tidak sedikit juga yang menjadikan apel sebagai buah pencuci mulut setelah memakan satu piring menu.

16. Mangga (Karbohidrat : 17 gr, 4.53 % Akg)

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak menggandung karbohidrat. Mangga juga sangat efektif meningkatkan stamina dan energi.

15. Nanas (Karbohidrat : 18 gr, 4.8 % Akg)

Buah nanas cukup baik sebagai sumber karbohidrat harian anda, karena hampir mencapai 5 % kebutuhan harian karbohidrat dalam tubuh.

sponsored links

14. Kentang (Karbohidrat : 21 gr, 5.6 % Akg)

Sebagai salah satu bahan makanan yang menjadi makanan pokok di sebagian negara, kentang otomatis merupakan makanan berkarbohidrat dan memberi efek kenyang bila memakannya. Satu cangkir kentang rebus sudah dapat mengenyangkan perut karena mengandung 21 gram karbohidrat per 100 gr. Selain karbohidrat, kentang juga mengandung kalium, lemak, zat besi, dan berbagai vitamin seperti Vitamin C dan Vitamin B6.

13. Ubi (Karbohidrat : 21 gr, 5.6 % Akg)

Ubi atau biasa disapa sebagai kentang manis juga sama seperti kentang biasa. Ubi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak dan memberi efek mengenyangkan. Dalam setiapn 8 ons ubi terdapat 55 gram karbohidrat. Ubi juga mengandung serat yang cukup tinggi di mana dapat memperlancar pencernaan. Nutrisi lainnya seperti kalium, Vitamin A, dan Vitamin C juga terdapat pada ubi. Mengkonsumsi ubi dapat mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari – hari.

12. Pisang (Karbohidrat : 23 gr, 6.13 % Akg)

Pisang yang kayak akan serat, potasium, kalium, dan berbagai vitamin juga menjadi salah satu makanan yang mengandung karbohidrat di mana memberi efek mengenyangkan. Banyak para ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi pisang setiap hari karena selain memberi rasa kenyang, serat tinggi di dalamnya juga mampu membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh. Dalam satu buah pisang mengandung 24 gram karbohidrat.

11. Beras Merah (Karbohidrat : 23 gr, 6.13 % Akg)

Salah satu jenis makanan yang banyak digunakan para penderita diabetes ini ternyata memiliki kandungan nutrisi karbohidrat yang cukup tinggi. Setidaknya ada 6 % lebih nutrisi harian karbohidrat dapat dipenuhi.

10. Beras (Karbohidrat : 27 gr, 7.2 % Akg)

Ada banyak macam beras. Di antaranya adalah beras yang berdasarkan warna yaitu merah dan putih. Beras putih sendiri bila sudah dimasak menjadi nasi mengandung 40,6 karbohidrat dalm satu piring nasi. Sedangkan beras merah yang telah dimasak menjadi nasi memiliki kandungan karbohidrat sebesar 38 karbohidrat dalam setengah piring nasi. Makanya beras merah sering disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet karena rasa kenyangnya yang lebih meski dimakan sedikit. Nah nasi merupakan salah satu makanan penambah berat badan secara cepat dan efektif.

9. Barley (Karbohidrat : 28 gr, 7.46 % Akg)

Biji barley juga sama – sama menjadi biji yang mengandung karbohidrat tetapi karbohidratnya adalah karbohidrat sederhana. Berley juga memiliki banyak nutrisi juga serat. Banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa barley dapat menjadi salah satu bahan yang dapat mencegah penyakit kanker bila dikonsumsi dalam bentuh teh. Di Korea dan Jepang biji barley memang dijadikan teh dan diminum tanpa gula sehari – hari.

8. Pasta (Karbohidrat : 31 gr, 8.2 % Akg)

Seperti yang kita ketahui masyarakat yang tinggal di Eropa menjadikan pasta sebagai salah satu makanan utama. Alasannya karena berbagai macam pasta tersebut memang mengandung karbohidrat yang tinggi dan mengenyangkan bila dikonsumsi. Karbohidrat tersebut menciptakan energi yang banyak dan cocok untuk disantap di siang hari dengan campuran saus juga daging dan sayuran. Satu porsi spaghetti mengandung 97 gram karbohidrat.

7. Singkong  (Karbohidrat : 38 gr, 10.13 % Akg)

Singkong juga berperan sama seperti ubi dan kentang. Menjadi salah satu tumbuhan dengan kelas yang sama, singkong juga memiliki kandungan karbohidrat dan dapat menjadi makanan pengganti nasi di mana singkong tidak begitu memiliki rasa yang kuat. Dalam sepotong singkong kandungan karbohidratnya sebanya 16 hingga 17 persen. Selain itu karbohidrat memiliki kelebihan yang sama dengan beras merah di mana memberi rasa kenyang yang cukup dengan jumlah sedikit.

6. Roti (Karbohidrat : 51 gr, 13.6 % Akg)

Makanan lainnya adalah roti. Roti yang memiliki banyak jenis mengandung banyak karbohidrat hingga sepersekian persen di bagiannya. Khusunya bagi roti yang mengandung banyak gandum alias roti gandum. Selain mengandung serat yang tinggi, dalam satu tangkap roti gandum memiliki kandungan karbohidrat sekitar 20 karbohidrat. Apa lagi bisa ditambahkan mengkonsumsinya dengan tambahan sayur juga daging seperti sandwich.

5. Mie (Karbohidrat : 71 gr, 18.93 % Akg)

Berbagai macam mie seperti bihun juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak. Karena terbuat dari beras juga gandum, mie dan bihun memberi efek yang mengenyangkan jika dikonsumsi. Satu porsi bihun mengandung 82 karbohidrat. Namun jangan konsumsi mie instan yah, buat sendiri lebih baik karena bahaya mie instan cukup mematikan kesehatan kita.

4. Jagung (Karbohidrat : 74 gr, 19.73 % Akg)

Jenis biji – bijian lain yang juga mengandung karbohidrat adalah jagung. Dalam setiap 100 gram jagung terdapat kandungan karbohidrat sebesar 25 karbohidrat. Jagung dapat menjadi pengganti nasi. Selain itu rasa manis jagung yang alami juga dapat menjadi alternatif lain sebagai pengganti gula sebagai bumbu perasa manis. Jagung memiliki kandungan kalori yang rendah, Vitamin A, dan Vitamin B1.

Sponsors Link

3. Sereal (Karbohidrat : 75 gr, 20 % Akg)

Berbagai macam sereal dapat kita temukan di supermarket. Bagi sebagian orang, sereaal menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi di pagi hari. Benar sekali karena 98% bagian dari semangkuk sereal adalah karbohidrat. Sehingga dapat memberi energi yang cukup banyak untuk berkegiatan sehaari – hari. Rasa kenyangnya juga akan terasa hingga jam makan siang telah tiba.

2. Tapung Sagu (Karbohidrat : 76 gr, 20.67 % Akg)

Tepung sagu adalah salah satu jenis makanan kebutuhan pokok yang mengandung cukup banyak kandungan gizi karbohidratnya.

1. Gula (Karbohidrat : 100 gr, 26.67% Akg)

Gula merupakan salah satu sumber karbohidrat paling tinggi, jadi semua makanan yang mengandung gula dapat dikatakan memiliki kandungan karbohidrat. Namun hati-hati yah, karena gula adalah makanan untuk penderita diabetes yang harus di hindari.

Sumber Makanan Karbohidrat Lainnya

makanan yang mengandung karbohidrat

Kacang – Kacangan

Aneka kacang – kacangan juga mengandung banyak kaarbohidrat di mana dapat mengatur berat badan. Bila ingin kurus, mengkonsumsi kacang – kacangan dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Sedangkan sebaliknya, bila ingin gemuk, mengkonsumsi kacang – kacangan juga dapat membantu untuk menaikan berat badan karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. Selain itu kacang – kacangan juga berfungsi melancarkan pencernaan dalam tubuh. Kacang – kacangan seperti kacang tanah dan kacang kedelai mengandung protein, lemak, omega 3, dan berbagai vitamin. Kacang tanah sebanyak 100 gram mengandung 5,2 karbohidrat.

Buah – Buahan Kering

Buah – buahan yang dikeringkan seperti kismis dan plum kering yang tidak ditambahkan gula atau pemanis memiliki kandungan karbohidrat yang cukup seperti buah lainnya. Satu genggam buah – buahan kering 75% bagiannya adalah karbohidrat dan sisasnya adalah nutrisi lain. Buah – buahan kering juga memiliki peran sama bagi para merekaa yang sedang diet karena memberi efek mengenyangkan namun memiliki kalori yang rendah.

Sayuran Hijau

Jangan salah, sayuran hijau juga memiliki kandungan karbohidrat meski karbohidratnya adalah karbohidrat sederhana. Maka dari itu memakan satu porsi salad yang berisikan sayuran hijau dapat memberi rasa kenyang di perut kita. Selain itu sayuran hijau mengandung nutrisi yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Susu

Susu juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Disarankan untuk memilih susu yang memiliki lemak rendah di mana memang lebih menyehatkan dan menjauhkan kita dari kolesterol. Selain karbohidrat, susu juga mengandung protein, mineral, magnesium, riboflavin, kalium, kalsium, magnesium, dan berbagai vitamin. Menggabungkan sereal dengan susu menjadi karbohidrat sempurna untuk dikonsumsi di pagi hari.

Jambu Biji

Satu buah jambu biji juga memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang dapat memberi rasa kenyang dalam perut. Tetapi tentu saja tidak sekenyang seperti memakan satu buah apel. Jambu biji juga mengandung banyak nutrisi dan gula alami yang sehat untuk tubuh.

Itulah makanan – makanan yang mengandung karbohidrat tinggi cukup banyak dan dapat dikonsumsi untuk membuat perut kenyang. Makanan tersebut juga dapat dikombinasikan juga ditambah dengan makanan yang mengandung nutrisi melimpah lainnya. Setiap orang memiliki kebutuhan karbohidrat yang berbeda.

Baca juga : Makanan Rendah Kalori

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 24th, February 2015 / 16:00 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi