Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Terapi Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

ads

Terapi menghilangkan ngorok atau obstructive sleep apnea merupakan solusi terbaik untuk pria dan wanita yang mengalami masalah mendengkur ketika tidur. Suara seseorang yang sedang ngorok selain mengganggu ketenangan tidur orang lain dapat pula membahayakan kesehatan tubuh sipengorok itu sendiri karena telah terjadi penutupan separuh saluran udara bagian atas di tenggorokannya sehingga sistem pernafasannya tidak mendapatkan pasokan oksigen secara memadai.

Penyebab
Faktor pemicu munculnya ngorok yang perlu dirubah secepat mungkin agar kesehatan tubuh tetap terjaga ketika tidur

• Tidur terlentang
Ketika tidur dalam posisi terlentang maka mulut akan terbuka yang akan menyebabkan posisi lidah justru masuk kedalam dan memicu penghambatan masuknya oksigen di saluran pernafasan. Kondisi ini menyebabkan seseorang akan mendengkur dengan suara yang keras.

• Mengkonsumsi Alkohol
Alkohol bersifat engikat oksigen dan menyumbat saluran pernafasan yang akhirnya menimbulkan sistem pernafasan rongga hidung kesulitan menerima pasokan oksigen yanag akan masuk sehingga tidur mendengkurpun tak bisa dihindari. (Baca juga : alkohol)

• Penggunaan obat penenang
Obat penenang bersifat melancarkan peredaran darah dan menenangkan saraf saraf otak untuk sementara saja sehingga anda bisa beristirahat lebih tenang, Namun penggunaaan obat penenang yang menjadi kebiasaan lalu dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan sistem pernafasan menjadi tidak optimal dalam menerima pasokan oksigen. Akibatnya anda tidak bisa terhindar dari ngorok.

• Kebiasaan merokok
Nikotin dan tar sangat mudah mengiritasi saluran pernafasan sehingga mampu menyumbat pasokan oksigen untuk masuk melalui rongga hidung akan mengagalkan kelancaran masuknya H2O kearah jaringana jantung dan paru paru. Kondisi ini menyebabkan seseorang selalau tidur mendengkur tetapi cepat atau lambat beresiko terserang gagal jantung atau penyakit paru paru. (Baca juga: bahaya merokok bagi alat pernafasan)

• Obesitas
Seseorang yang terserang obesitas atau kegemukan yang melampaui batas ideal dapat menyebabkan penumpukan lemak yang ada dibeberapa organ tubuh dekat saluran pernafasan termasuk paru paru dapat menurunkan kinerja paru paru dan banyaknya lemak tersebut bisa menghambat masuknya oksigen ketika sedang bernafas khususnya lewat rongga hidung untuk kemudian disebarkan pada aliran darah, Tidak heran jika orang yang terlalu gemuk cenderung tidurnya ngorok. (Baca juga : Penyebab obesitas)

• Memiliki riwayat asma atau masalah sinusitis
Anak anak yanag memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan sinusitis atau menderita penyakit asma atau sudah dinyatakan dokter sembuh dari serangan asma untuk tertap wasapada karena rentan terkena ngorok ketika tidur, Untuk itu berilah terapi uap panas sebelum berangkat tidur yang walaupun terlihat mudah dan sederhana tetapi terbukti ampuh menghilangkan ngorok.

• Kelelahan
Kelelahan akibat rutinitas kerja yang padat dan pekerjaannya menuntut banyak masukan pemikiran dan tenaga setiap hari dapat menyebabkan sistem saluran pernafasan ikut lelah dan memicu oksigen yang amsuk ketika bernafas saat tidur jadi melambat dan bahkan tidak memadai sampai terjaga dipagi hari. Kondisi ini menyebabkan seseorang akan mudah terserang tidur ngorok walaupun harus tidur pada siang hari. Penyebab cepat lelah sedapat mungkin dikurangi untuk menghindari mendengkur saat tidur. Misalnya bekerja tidak terlalu memaksakan diri dan sering meregangkan otot untuk bersantai sejenak agar terhindar kelelahan.

Sponsors Link

Bahaya
Resiko kesehatan yang akan dialami ketika tidur mendengkur dalam jangka panjang
• Gangguan jantung
• Diabetes melitus
• Hipertensi
• Merusak disfusi ereksi
• Depresi berat
• Kerusakan sel otak
• Kematian

Solusi Terapi
Tips terbaik penggunaan terapi menghilangkan ngorok yang ampuh bagi pria dan wanita
1. Terapi Continous Positive Airway Pressure (CPAP)
Terapi menghilangkan ngorok yang paling mudah dilakukan adalah dengan carac penggunaan teknik CPAP yaitu terapi sederhana namun ampuh untuk menghilangakn ngorok ketika tidur yaitu dengan cara menggunakan masker wajah biasa, Masker full face mask yang memiliki banyak tali dikepala yang cocok bagi seseorang yang kebiasaan tidur dalam keadaan mulut terbuka dan masker nasal pillow yaitu masker khusus yang memiliki bantalan yang dapat dimasukkan kedalam rongga hidung yang tujuannnya untuk melegakan pernafasan dan menyerap masuknya oksigen lebih banyak ketika sedang tertidur agar ngorok tidak terjadi.

2. Terapi Gel Silikon Latrical Complex
Gel silikon latrical complex adalah alat terapi yang berstandar PDA (USA) yang nyaman dan aman digunakan ketika tidur. Caranya alat terapi menghilangkan ngorok ini diletakkan pada hidung dan secara otomatis memberikan efek pijatan lembut yang menenangkan yang bekerja secara berkesinambungan pada titik titik saraf serta aliran darah yang ada pada rongga hidung sehingga seseorang tidak akan mendengkur atau ngorok lagi.

3. Terapi Uap
Memanfaatkan uap merupakan terapi menghilangkan ngorok yang dapat dilakukan 20 menit sampai satu jam sebelum berangkat tidur dan hendaknya secara teratur dan konsisten agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan tanpa ngorok tentunya. Caranya masukkan air panas didalam baskom lalu hiruplah uapnya dalam dalam namun sebelumnya tutuplah kepala dengan menggunakan handuk yang lebar agar uap tidak berhamburan kemana mana melainkan tertuju pada lubang hidung saja. Cara ini efektif mencairkan mukus /lendir penyebab hidung tersumbat yang memicu saluran pernafasan tidak bisa menerima pasokan oksigen dengan baik selama tidur. Hal inilah mengapa seseorang selalu tidur dalam keadaan ngorok.

Sponsors Link

4. Terapi Gelombang Stop Snoring
Menggunakan gelombang stop snoring adalah terapi menghilangkan ngorok yang menggunakan frekuensi suara ke jaringan saraf otak dan mampu menstimulasi /menenangkan pikiran alam bawah sadar yang tujuannya agar seseorang yang sering tidur ngorok menjadi lebih rileks dan ngorok pun tidak terjadi. Terapi jenis ini menggunakan audio musik yang bisa berbentuk head phone atau speaker kecil yang dibiarkan berada disamping tubuh ketika mata terpejam. Lakukan terapi ini 30 menit setiap hari untuk melatih otak dan sistem pernafasan lebih nyaman dan tenang sehingga mampu merangsang masuknya oksigen lebih banyak melalui rongga hidung.

5. Terapi Prayanama
Yoga prayanama termasuk terapi menghilangkan ngorok yang berbentuk yoga sederhana yaitu yang tujuannya untuk mengatasi gangguan tidur seperti mendengkur. Caranya duduklah dengan kaki bersila. Rilekskan tubuh dengan tidak membungkuk terapi duduklah dengan posisi yang santai dan tegak. Tariklah nafas sedalam dalamnya kemudian tahanlah beberapa saat untuk kemudian hembuskalnlah melalui mulut perlahan lahan. lakukan berulang kali setiap hendak berangkat tidur.

Cara ini efektif untuk meningkatkan kesehatan pernafasan dan ronga hidung sehingga terhindar dari tidur ngorok. Ketika tidur pasanglah aroma terapi bentuk wewangian disamping ranjang yang tujuannya agar tidur malam lebih berkualitas dan terhindar dari munculnya perasaan depresi atau pikiran yang mengganjal yang menyebabkan anda terjaga pada tengah malam.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 19th, September 2016 / 09:33 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk