Sponsors Link

13 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

manfaat olah ragaOlahraga merupakan suatu jenis kegiatan fisik yang baik untuk pikiran, tubuh, serta jiwa manusia. Olahraga juga dapat didefinisikan sebagai semua bentuk aktivitas fisik yang berkontribusi terhadap kebugaran fisik, kesejahteraan mental, serta interaksi sosial. Banyak sekali bentuk-bentuk dari olahraga, seperti bermain, rekreasi, senam, maupun gerakan fisik lainnya.

ads

Dengan berolahraga secara rutin merupakan suatu langkah antisipasi terhadap pencegahan timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya dalam tubuh. Kegiatan ini bisa dilakukan siapa saja, baik anak-anak, orang-orang dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Kegiatan olahraga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, bisadi waktu pagi maupun di malam hari. Dapat dilakukan di rumah, di sekolah, kantor, maupun ditempat-tempat kebugaran yang saat ini telah banyak dibangun untuk menawarkan fasilitas olahraga yang canggih seperti gym.

Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga :

  • Pagi hari

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mollen Clinic, Arizona, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa +/- 75% orang yang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga di pagi hari memiliki semangat serta energi yang lebih besar dalam menjalankan rutinitas sehari-hari daripada orang-orang yang sama sekali tidak melakukan latihan fisik apapun.

  • Sore hari

Sore hari menjadi waktu dimana tubuh mengalami peningkatan suhu yang menyebabkan otot-otot menjadi lebih fleksibel. Untuk itu, para ahli kesehatan juga menganjurkan untuk meluangkan waktu sejenak di sore hari untuk melakukan olahraga. Hal tersebut akan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam harinya.

Akan tetapi perlu juga diingat bahwa sebaiknya kita menghindari melakukan aktivitas olahraga pada saat mendekati jam tidur, karena hal itu justru dapat berakibat gangguan susah tidur (insomnia).

  • Kapanpun pada saat tubuh memerlukan olahraga

Selain kedua waktu diatas, para ahli kesehatan juga menyarankan untuk melakukan kegiatan olahraga kapanpun tubuh kita memerlukan latihan tersebut. Seperti pada saat tubuh terserang flu, saat lelah, saat menstruasi, maupun saat-saat yang lain dimana tubuh memerlukan latihan.

Banyak sekali manfaat olahraga yang bisa di dapatkan, seprti:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seseorang yang menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan olahraga setelah seharian melakukan rutinitas, dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Dengan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh kembali segar dan akan lebih siap melakukan aktifitas keesokan harinya. Namun yang perlu diingat adalah, jangan melakukan kegiatan olahraga pada saat mendekati jam-jam tidur, karena hal ini justru akan menimbulkan gangguan insomsia (susah tidur).

2. Membuat Tubuh Terlihat Lebih Bugar

Setelah melakukan berbagai macam aktivitas, tentu tubuh akan terlihat lelah, letih, maupun lesu. Dengan berolahraga ringan akan dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Otot-otot yang semula tegang akan bisa kembali lebih relax. Untuk itu manfaat olahraga dalam tubuh sangat bekerja untuk menjaga kesehatan.

3. Menghilangkan Stress

ads

Timbulnya stress bisa disebabkan oleh tekanan yang berasal dari diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitar. Hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan serta perilaku seseorang yang mengalaminya. Olahraga merupakan serangkaian gerakan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan gerak tubuh, yang apabila dilakukan secara teratur dapat dapat membantu mengurangi ketegangan otot-otot tubuh, serta dapat membuat pikiran menjadi lebih fres. Seseorang yang aktif dalam segi fisik memiliki kecenderungan untuk lebih baik dalam menyesuaikan kondisi emosional serta mentalnya.

4. Meningkatkan Mood

Dengan berolahraga dapat membantu menstimulasi zat-zat kimia pada otak yang pada akhirnya dapat membuat seseorang lebih santai dan merasa lebih bahagia. sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai. Timbulnya perasaan bahagia dan santai dapat meningkatkan mood seseorang.

5. Meningkatkan Kapasitas Otak

Menurut David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat menyatakan bahwa olahraga dapat memabantu untuk meningkatkan serotonin yang ada dalam otak, dimana serotonin merupakan suatu hormon yang bekerja sebagai modulator kapasitas kerja otak, seperti untuk mengatur emosi, pemahaman, maupun nafsu makan. Peningkatan kapasitas otak dapat membantu untuk meningkatkan kualitas dalam melakukan tugas-tugas rutin  sehari-hari.

6. Membantu Meningkatkan Energi

Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat membantu dalam proses pembakaran zat-zat makanan yang terserap tubuh menjadi energi. Selama melakukan kegiatan berolahraga senyawa endorphin terdapat dalam otak manusia akan dilepaskan ke dalam darah. Hal inilah yang menjadikan seseorang merasa lebih energik dan menjadi lebih relax.

7. Menambah kepercayaan diri seseorang

Seseorang yang rutin melakukan kegiatan olahraga dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, terlihat segar, bugar, dan lebih sehat. Hal ini tentu saja dapat menambah kepercayaan diri pada mereka.

8. Dapat Menurunkan Berat Badan

Berolahraga dapat membantu untuk proses pembakaran lemak dan kalori yang menumpuk dalam tubuh. Untuk itu orang-orang yang memiliki berat badan yang berlebih (gangguan obesitas) sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini secara rutin untuk dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

9. Mencegah Penuaan Dini

Melakukan kegiatan olahraga secara rutin dipercaya mampu untuk membantu proses regenerasi sel-sel dalam tubuh. Selain itu olahraga juga dapat mencegah timbulnya kerutan, keriput, serta dapat membuat kulit terasa lebih kencang.

10. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berolahraga juga dapat merangsang hormon-hormon yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti hormon serotonin dan endorphin untuk dapat bekerja lebih efektif dalam tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan meningkat serta dapat melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi baik itu oleh virus, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya.

11. Mengembalikan Gairah Seksual

Setelah seharian melakukan rutinitas yang menguras tenaga, tubuh akan terasa lelah dan letih. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kualitas hubungan seksual seseorang. Berolahraga dapat membantu meningkatkan gairah seksual serta dapat mencegah disfungsi ereksi.

12. Memperkuat Tulang Serta Massa Otot

Sponsors Link

Beberapa jenis olahraga seperti olahraga angkat beban dapat membantu untuk memperkuat tulang. Hal ini disebabkan oleh pada saat mengangkat beban, otot-otot tubuh akan terangsang untuk pembentukan sel-sel otot yang baru, sehingga dapat mencegah terjadinya kerapuhan pada tulang serta membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu, dengan melatih mengangkat beben, otot-otot juga dapat berkembang. Hal ini sangat cocok dilakukan oleh mereka yang ingin memiliki otot-otot seperti halnya para atlet.

13. Dapat Terhindar dari Berbagai Jenis Penyakit.

Melakukan olahraga secara rutin sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan, hal ini dikarenakan dengan berolahraga dapat membantu untuk menurunkan resiko terjangkit beberapa jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, osteoporosis, maupun berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan olahraga berjalan cepat selama 15 hingga 20 menit per hari dapat menurunkan risiko terserang berbagai jenis penyakit.

Tips Berolahraga yang Baik

Olahraga yang baik dan benar yaitu apabila kegiatan tersebut dilakukan secara teratur dan terukur.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan kegiatan berolahraga setidaknya 30 menit perhari secara teratur agar dapat bermanfaat bagi kesehatan serta kebugaran tubuh. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut :

1. Sebelum melakukan olahraga

  • Pilihlah jenis olahraga yang aman dan nyaman bagi Anda, apakah itu jogging, yoga, bersepeda, maupun jenis olahraga lainnya.
  • Melakukan pemeriksaan untuk menentukan jenis olahraga yang aman, terutama bagi mereka yang memiliki keluhan seperti asma, diabetes, jantung, stroke, maupun gangguan kesehatan lainnya.
  • Pergunakan pakaian maupun perlengkapan olahraga yang sesuai dan nyaman.
  • Sebaiknya jangan melakukan aktivitas olahraga setelah Anda makan kenyang. Tunggu kurang lebih 2 jam kemudian.
  • Konsumsi minuman yang sejuk dan sedikit manis.
  • Pilih lingkungan yang aman dan nyaman, bebas polusi, dan tidak beresiko menimbulkan cedera. Misalnya: di halaman rumah, tempat kerja, maupun di lapangan.
  • Sebaiknya jangan hanya melakukan satu jenis kegiatan olahraga saja, karena hal itu akan mengakibatkan kebosanan, yang pada akhirnya timbul rasa malas untuk berolahraga.

2. Pada saat berolahraga

Lakukan olahraga secara bertahap, misalnya dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu lalu diikuti dengan gerakan inti dan pendinginan. Hindari melakukan olahraga sampai Anda merasa terlalu lelah.

3. Setelah berolahraga

  • Setelah berolahraga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lunak terlebih dahulu seperti bubur kacang hijau. Hindari mengkonsumsi makan besar setelah berolahraga, paling tidak tunggu +/- 1 jam
  • Konsumsi cairan secukupnya. Hal ini penting untuk membantu mengganti cairan yang hilang pada saat kita sedang berolahraga. Sebaiknya hindari meminum teh, kopi, minuman kola, coklat, maupun alkohol karena hal itu justru dapat menghilangkan cairan tubuh.
  • Segera mengganti pakaian apabila terlalu banyak mengeluarkan keringat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Thursday 18th, June 2015 / 07:43 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat