Sponsors Link

74 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Yang Mematikan

ads

Anda perokok? Hampir setiap perokok pada dasarnya sudah mengetahui beberapa bahaya yang bisa disebabkan oleh rokok. Beberapa bahaya yang sudah tertera mulai dari penyakit jantung hingga disebutkan juga dapat menyebabkan kematian tetap tidak membuat para perokok apalagi mereka yang sudah termasuk perokok akut tidak bergeming. Bahkan, riset telah membuktikan bahwa para perokok ini, cenderung menyepelekan akibat-akibat yang bisa ditimbulkan dari merokok.

Penelitian Tentang Bahaya Merokok

bahaya merokokTahukah anda, jika jumlah kematian yang di akibatkan oleh rokok mencapai kurang lebih 239.000 kematian? Angka ini hampir sama dengan jumlah kematian yang diakibatkan oleh tsunami Aceh pada tahun 2004.

Di Amerika, jumlah kematian yang diakibatkan oleh rokok adalah 480.000 kematian di setiap tahunnya. Ini juga berarti, bahaya merokok dapat dikatakan memiliki jumlah kematian yang lebih tinggi, jika beberapa penyakit paling mematikan di dunia ini digabungkan. Beberapa penyebab kematian tersebut seperti:

  • Penyakit HIV
  • Penggunaan obat-obatan terlarang
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Kecelakaan lalu lintas,
  • Kecelakaan yang berkaitan dengan penggunaan senjata api.

Kandungan Berbahaya di Dalam Rokok

Bahaya Merokok

Seperti sudah diungkapkan, rokok mengandung berbagai zat yang berbahaya. Beberapa di antara dari zat-zat tersebut mungkin sudah anda ketahui. Ada kurang lebih 600 kandungan berbahaya di dalam rokok. Saat rokok disulut, 7000 lebih zat kimia berbahaya dihasilkan oleh asap rokok. Dan setidaknya ada 69 zat yang menjadi penyebab berbagai penyakit kanker. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan di bawah ini:

  • Acetone, zat yang biasa ditemukan di dalam pembersih kuku.
  • Acetic Acid, zat yang biasa digunakan dalam pewarna rambut.
  • Amonia, zat yang digunakan untuk pembersih rumah.
  • Arsenic, zat yang digunakan untuk racun tikus.
  • Butane, digunakan untuk pembuatan cairan pemutih
  • Benzene, ditemukan di dalam produksi karet
  • Formaldehyde, sebagai zat yang digunakan dalam proses pembalseman.
  • Carbon Monoxide, gas yang dihasilkan dari proses pembakaran.
  • Cadmium, sebagai komponen aktif di dalam baterai
  • Methanol, bahan bakar utama roket. Bahaya etanol dan metanol sudah sangat mematikan bagi kesehatan.
  • Toluene, digunakan untuk membuat cat.
  • Lead, digunakan pada komposisi pembuat baterai.
  • Nicotine, digunakan sebagai insektisida.
  • Hexamine, ditemukan pada cairan untuk menyalakan arang.
  • Naphthalene, bahan yang digunakan untuk membuat kapur barus.
  • Tar, bahan baku aspal.

Jadi, dapat disimpulkan jika merokok sangat membahayakan terutama bagi kesehatan. Jadi tidak ada alasan kalau masih ingin merokok. Tidak percaya, mari simak ulasan berbagai bahaya merokok bagi kesehatan yang mematikan anda.

Sponsors Link

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Bukan hal yang mencengangkan bila merokok ini, menimbulkan banyak penyakit. Hal tersebut bukan terjadi tanpa alasan, berikut ini ulasan selengkapnya.


1. Merokok dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Stroke

Menurut penelitian, resiko penyakit stroke meningkat dua kali hingga empat kali lehib tinggi pada seorang perokok dibandingkan pada mereka yang tidak merokok. Penyakit stroke ini merupakan salah satu penyebab tertinggi banyak kematian di dunia.

Stroke terjadi apabila aliran darah di otak mengalami pembekuan yang disebabkan zat-zat yang menjadi kandungan rokok. Jika terus berlanjut, darah yang membeku ini selanjutnya bisa menyebabkan seseorang mengalami stroke. Karena aliran darah yang membeku ini akan menghalangi aliran darah di otak.

2. Merokok dapat Mengganggu Aliran Darah

Nikotin dan zat-zat lainnya yang memiliki sifat membahayakan bagi tubuh dapat menjadi penyebab kerusakan pada pembuluh darah. Jika zat-zat dari rokok tersebut masuk ke dalam tubuh, kerusakan pada pembuluh darah akan mengakibatkan pembuluh darah menebal dan menjadi lebih sempit sehingga dapat menyumbat aliran darah.

Penyumbatan aliran darah inilah yang nantinya akan mengakibatkan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan organ kardiovaskular. Bahkan, aliran darah menuju organ-organ tubuh yang memiliki fungsi primer dalam tubuh dapat juga terhalangi.

Selain penyumbatan aliran darah, darah juga dapat membeku. Bila terjadi hal seperti ini, dampak fatal yaitu kematian bisa saja terjadi.

3. Merokok Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Penyebab rokok menjadi faktor yang dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi adalah penyumbatan yang diakibatkan pembuluh darah menjadi bengkak dan juga menjadi lebih sempit akan mendorong organ jantung memompa darah lebih cepat dan lebih keras lagi. Apalagi jika makanan penyebab darah tinggi, masih juga dikonsumsi. Inilah yang akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan detak jantung lebih cepat dari yang seharusnya.

4. Merokok Merupakan Penyebab Sakit Jantung

Beberapa penelitian di Amerika menemukan bahwa resiko penyakit jantung pada seorang perokok meningkat hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan jika anda bukan seorang perokok. Harus diketahui, selain stroke, penyakit jantung juga merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor satu banyak kematian di dunia. Seram bukan?

Serangan jantung dapat terjadi ketika darah yang membeku menghalangi aliran darah menuju jantung. Keadaan demikian akan membuat jantung mengalami kekurangan oksigen. Jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang memadai akan merusak otot-otot jantung dan selanjutnya sebagai otot jantung akan mengalami kerusakan permanen dan kerja jantung akan terganggu. Pada saat inilah, serangan jantung terjadi. Mengkonsumsi makanan rendah kolesterol jahat pun, akan menjadi tidak berdampak jika tetap merokok.

5. Merokok Menyebabkan Penyakit Paru-Paru

Resiko terserang penyakit paru-paru dapat meningkat pada seorang perokok. Merokok seperti diketahui sama saja seorang perokok menghirup zat-zat berbahaya dan secara sengaja ‘memasukan’ zat-zat berbahaya tersebut kedalam tubuh. Dalam hal ini paru-paru adalah organ yang berkaitan dengan aktifitas merokok seseorang. Masuknya zat-zat berbahaya di dalam rokok akan memilki dampak yang sangat berbahaya pula pada paru-paru.

Penyakit paru-paru terjadi diakibatkan karena kerusakan yang terjadi pada sistem aliran udara di dalam paru-paru dan dalam beberapa kasus, kantung-kantung udara bisa terbentuk di dalam paru-paru seorang perokok.

6. Merokok Menjadi Penyebab Kanker Paru-Paru

Kanker? Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan dan samvai saat ini pun tingkat kesembuhan pasien penyakit kanker tegolong rendah dibandingkan tingkat kesembuhan penyakit-penyakit lainnya.

Peningkatan resiko terkena kanker paru-paru pada wanita perokok dan pria perokok berbeda. Dan, resiko ini cenderung lebih tinggi pada wanita perokok yaitu 25,7 kali lebih tinggi dibandingkan pada pria perokok yakni 25 kali. Dalam banyak penelitian ditemukan bahwa sebagian besar kanker paru-paru yang yang diderita penyebabnya bersumber dari rokok dan perilaku merokok.

7. Merokok Menjadi Penyebab Penyakit COPD

Pernah dengar istilah COPD? COPD adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan. COPD yang memiliki kepanjangan Chronic obstructive pulmonary disease. Disini, studi menunjukan bahwa yang menjadi penyebab COPD adalah aktifitas merokok. Merokok menjadi penyebab utama seseorang menderita penyakit ini. penyakit copd ini ada dua jenis yakni :

  • Bronchitis kronis, akan menyebabkan seseorang yang menderitanya mengalami batuk-batuk yang secara terus menerus bahkan hingga jangka waktu tahunan.
  • Efisema, menyebabkan paru-paru mengalami kerusakan yang menahun.

8. Merokok Menjadi Penyebab Kambuhnya Asma

Jika anda menderita penyakit asma, jangan pernah coba-coba merokok. Merokok yang artinya anda menghirup zat-zat berbahaya bisa mendorong penyakit asma anda sehingga menjadi kambuh. Tembakau sebagai bahan utama rokok akan membuat penyakit asma lebih parah.

9. Merokok Dapat Menjadi Penyebab Diabetes

Merokok dengan berbagai kandungan berbahaya di dalamnya bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes. Bahkan mereka yang perokok aktif yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes, meskipun mungkin anda mengkonsumsi makanan untuk penderita diabetes.

10. Merokok Bisa Menyebabkan Seorang Mengalami Kebutaan

Anda seorang perokok? Mulai sekarang segera berhati-hatilah. Bisa jadi anda akan mengalami kebutaan yang sifatnya bisa permanen. Ini bukan sebuah isapan jempol belaka lho. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa zat di dalam rokok akan membuatkan luka pada retina mata. Dan hal ini lah yang dapat menjadi penyebab anda mengalami kebutaan.

11. Merokok Menjadi penyebab penyakit Mulut

Pasti anda pernah mengobrol dengan seorang perokok bukan? Tidak jarang bau mulut tercium di hidung anda. Ya, seorang perokok dapat mengalami penyakit mulut bahkan gigi dan salah satunya adalah bau mulut ini.

12. Wanita Perokok Cenderung Susah Memiliki Keturunan

Aktifitas merokok pada wanita dapat meningkatkan resiko keguguran pada wanita. Dan jika wanita tersebut sedang hamil, merokok akan menganggu kesehatan si bayi sebelum dan sesudah si bayi dilahirkan. Dampak kesehatan lainnya yang dapat dialami seorang wanita perokok antara lain:

  • Bayi lahir premature
  • Kematian bayi saat dalam kandungan
  • Bayi dengan berat badan minim
  • Kematian mendadak pada bayi baru lahir
  • Kehamilan terjadi di luar kandungan atau kehamilan ektopik
  • Terjadinya celah orafisial pada bayi baru lahir

13. Merokok Dapat Menjadi Penyebab Bayi Lahir Cacat

Bagi setiap orang yang sudah menikah, memiliki seorang bayi merupakan satu hal yang paling ditunggu. Tentu setiap pasangan menginginkan bayi yang sempurna. Untuk itu, jika anda menginginkan bayi yang sempurna seluruh anggota tubuhnya, jangan merokok.

Ini karena merokok akan sangat membahayakan kesehatan si bayi. Selain itu, ibu yang sedang mengandung bisa kehilangan bayi di dalam kandungannya. Dan ini juga bisa disebabkan oleh rokok.

14. Pria Perokok, Waspadai Bahaya Merokok Pada Sistem Reproduksi Anda!

Impotensi adalah masalah yang banyak dialami kaum pria. Salah satu penyebab dari impotensi ini adalah merokok. Dan pada pria, merokok bisa berpengaruh pada produksi sperma pria. Sehingga, hal ini akan sangat mempengaruhi kesuburan pria perokok tersebut.

15. Merokok Bisa Menyebabkan Kerusakan Tulang dan Gigi

Wanita perokok, setelah ia melahirkan akan mengalami pengeroposan tulang. Artinya, kepadatan tulang pada seorang wanita perokok seusai melahirkan akan sangat menurun dibandingkan wanita yang tidak pernah merokok.

Selain tulang, gigi dan gusi juga bisa terdampak pada seorang yang merokok. Bahkan, seorang perokok yang sudah bertahun-tahun bisa mengalami gigi lepas. Anda tidak ingin bukan hal ini terjadi pada anda dan menghilangkan senyum manis anda?

16. Merokok dapat Menyebabkan Radang Sendi

Radang sendi atau dikenal dalam bahasa medis dengan istilah Rheumatoid Arthritis dapat disebabkan oleh merokok. Pada keadaan seperti ini seorang perokok mengalami kurang kekebalan tubuh.

Sejumlah Penyakit Berbahaya Lainnya Akibat Merokok

Tahukah anda berapa total jumlah seluruh penyakit yang bisa dialami manusia di dunia? Merokok bisa menjadi penyebab dari hampir sebagian besar penyakit tersebut. Apa saja penyakit tersebut? penyakit yang dimaksud adalah penyakit kanker, mungkin anda tidak menyadari bahwa penyakit kanker sebagian besar disebabkan oleh rokok. Berikut daftarnya:

17. Kanker kandung kemih
18. Kanker darah
19. Kanker usus
20. Kanker Serviks
21. Kanker esophagus
22. Kanker ginjal
23. Kanker laring
24. Kanker liver
25. Kanker Orofaring
26. Kanker pankreas
27. Kanker Perut
28. Kanker trachea
29. Kanker bronkus
30. Kanker Payudara
30. Kanker lidah

Sponsors Link

Bahaya Merokok Secara Tidak Langsung

Tidak sampai disitu saja, baik anda merasakan secara langsung atau tidak ada berbagai bahaya atau dampak negatif lain yang mengancam pada siapa pun yang merokok. Yuk perdalam lagi ilmu mengenai bahaya merokok ini. Berikut bahaya merokok ditinjau dari segi sosial:


31. Pengeluaran Lebih

Hmmm.. seorang perokok baik secara sadar atau pun tidak akan merasakan adanya pengeluaran yang lebih boros dibandingkan pada mereka yang bukan perokok. SIlahkan anda ingat sendiri berapa banyak yang anda keluarkan untuk membeli sebungkus rokok setiap harinya. Lalu bisa anda kalikan dengan jumlah hari dalam satu bulan lalu dikalikan lagi dengan berapa jumlah bulan di dalam satu tahun. Sudah ketemu jawabannya?

32. Perokok Menjijikan

Sudah tahukah anda jika rokok merupakan salah satu barang yang sangat menjijikan? Iya, penelitian terbaru membuktikan bahwa rokok, permukaannya dipenuhi banyak bakteri dan kuman. Jadi, jika anda merokok, secara otomatis bakteri dan kuman tersebut ikut terhirup masuk ke dalam tubuh kita. Mengerikan bukan?

33. Rokok Menganggu Keharmonisan Rumah Tangga

Ternyata, merokok yang memiliki banyak bahaya pada kesehatan dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga lho. Seram ya? Jelas sekali bahaya yang digambarkan dalam beberapa bahaya kesehatan dari merokok yang sudah dijelaskan di atas. Jika seorang pria mengalami impotensi, masalah yang tidak jauh berbeda juga akan dialami oleh seorang wanita perokok.

Kesuburan sistem reproduksi berkurang dan, coba tebak apa yang bisa terjadi? Hubungan suami istri akan terganggu dan ini akan menjadi penyebab kehancuran rumah tangga.

34. Merokok Menurunkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian di Johns Hopkins menemukan seorang perokok selalu merasa kurang dalam tidurnya. Si perokok merasa dirinya tidak tidur nyenyak. Dalam penelitian tersebut dinyatakan jika penyebab dari menurunnya kualitas tidur ini adalah sifat dari zat nicotine yang terkandung di dalam rokok. Menurunnya kualitas tidur akan berdampak pula pada kualitas hidup anda.

35. Setia Melihat Gambar Menjijikan di Bungkus Rokok

Para perokok pasti sudah hafal betul gambar apa yang dimaksud menyeramkan disini. Berbagai gambar dari penyakit mengerikan ditampilkan di bungkus-bungkus rokok dan ini juga merupakan hal lain yang sangat menjijikan dari rokok.

36. Merokok dapat Menyebabkan Anda Mendapatkan Label Sosial yang Negatif

Di kehidupan sosial, perilaku-perilaku yang dilakukan seseorang biasanya juga diasosiasikan masyarakat dengan hal-hal yang berkaitan. Dan, merokok biasanya dikaitkan dengan hal-hal yang cenderung lebih kea rah negatif. Mau dicap negatif?

37. Dilarang Makan di Restoran di Luar Negeri

Kok bisa? Iya, di beberapa Negara seperti Selandia Baru, Perancis, Inggris dan Puerto Rico adalah beberapa dari contoh negara-negara yang memberi aturan pada semua restoran dan bar untuk 100% bebas rokok. Jadi jika merokok, anda akan dilarang keras untuk makan ataupun makan dan menikmati makanan luar negeri.

38. Merokok Menyebabkan Kedinginan

Saat udara dingin, seorang perokok akan merasa lebih kedinginan dibandingkan orang-orang yang tidak merokok. Ini karena kandungan dalam rokok dapat menghambat sirkulasi udara pada kulit.

39. Jika anda perokok, Minum Kopi tidak boleh banyak

Bisa anda sebutkan zat-zat yang terkandung di dalam rokok? Salah satu dari zat tersebut adalah kafein. Jadi jika anda perokok, jumlah asupan kafein ini sudah banyak dan jika ditambah dengan asupan kafein dari meminum kopi, anda akan mengalami sulit tidur dan insomnia. Jadi, anda ingin minum kopi? Berhentilah merokok.

40. Tidak Boleh Mengkonsumsi Obat Kontrasepsi

Jika anda perokok dan juga sedang menjalankan program KB, anda harus menghentikan salah satunya. Jika tidak, resiko penyakit-penyakit berbahaya dapat meningkat.

41. Merokok Meningkatkan Kemungkinan Rumah Anda Terbakar

Apakah kata-kata ini terdengar lebih seperti lelucon bagi anda? Kalau begitu anda salah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seorang perokok dapat mengalami kecelakaan karena api, seperti luka bakar lebih sering dibandingkan mereka yang tidak merokok. Bahkan penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa sekitar 55% kebakaran rumah yang terjadi disebabkan oleh rokok yang disulut.

42. Merokok Mengganggu Penampilan

Untuk kerugian merokok yang satu ini dapat dengan mudah anda lihat. Para perokok cenderung memiliki tampilan gigi kecoklatan. Dan tentu saja ini sangat sangat mengganggu penampilan. Selain itu, seorang perokok cenderung memiliki bau mulut yang sangat menyengat. Di kehidupan sosial, diakui atau tidak, orang yang memiliki kecenderungan seperti itu akan dijauhi orang-orang disekitarnya.

43. Merokok Menyebabkan Penuaan Dini

Bagi para wanita, memiliki keriput selalu menjadi momok yang sangat menakutkan. Wanita perokok akan lebih mudah mendapatkan keriput dari mereka yang tidak merokok. Ini karena merokok akan mengganggu jaringan pada kulit.

44. Merokok Membuat Makanan Terasa Tidak Enak

Ingin lebih bisa menikmati makanan yang anda makan? Jauhi merokok jika anda ingin mengecap makanan yang anda makan lebih enak dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh pun akan jauh lebih bergizi.

45. Merokok Membuat Tampilan Kuku Menguning

Pada orang-orang yang merokok, anda bisa melihat kuku-kuku mereka memiliki warna yang kuning. Ini menandakan kandungan rokok sudah berdampak pada bagian tangan. Dan lebih jauh lagi, hal ini akan merusak penampilan anda. Berhenti merokok akan membuat warna kuku lebih menarik dan cantik.

46. Merokok Membuat pengeluaran perawatan rambut meningkat

Anda akan membutuhkan perawatan rambut yang lebih sering jika anda merupakan seorang perokok. Ini karena jika anda merokok, uban akan jauh lebih mudah untuk tumbuh. Dan tentu, uban adalah hal yang sangat mengganggu. Pergi ke salon, membeli produk perawatan rambut adalah hanya dua cara dari sekian cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi ubanan ini.

47. Dilarang Menjadi Pegawai di beberapa perusahaan

Setiap orang pasti memiliki pekerjaan impiannya masing-masing. Jika anda bermimpi untuk bisa bekerja di perusahaan Dell, anda tidak akan diterima walaupun anda sangat qualified jika anda seorang perokok.

48. Pemborosan Boros Air

Kok bisa? Pernah mencium bau rokok di baju? Mencuci baju dengan bau rokok akan memerlukan waktu, tenaga dan tentunya air yang lebih banyak. Hal ini sudah diungkapkan oleh organisasi pemerhati lingkungan yaitu seperti yang dipublikasikan di website GreenYour.com.

Bahaya Merokok Untuk Jangka Panjang

Bahaya merokok juga dapat dirasakan jangka panjang yang mungkin harus anda pertimbangkan secara jeli. Apa saja dampak bahaya seorang perokok untuk jangka panjang ?

49. Kematian Dini

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa penyakit yang disebabkan oleh merokok dapat membuat anda lebih dini bertemu dengan AKHIRAT. Riset telah membuktikan bahwa seorang perokok memiliki rentan usia yang lebih pendek dibandingkan non perokok.

50. Habiskan tabungan (Milyaran) untuk rokok

Anda hanya menghitung pengeluaran untuk membeli rokok saja ? anda salah besar. Jika tidak percaya, anda bisa menunggu waktu jika terkena salah satu penyakit seperti jantung, kanker, dan paru paru berapa uang yang harus anda keluarkan ? pastinya bisa membuat harta, rumah, bahkan anak anda menderita dan miskin total. CAMKAN ITU.

51. Kebahagiaan hidup anda tidak optimal

Dampak seseorang yang merokok tentu tidak bisa dipungkiri berdampak pada kebahagiaan hidupnya. Orang yang menjalankan pola hidup sehat lebih cenderung menghindari anda ketika sedang merokok. Karena bahaya asap rokok tidak kalah mematikan dibandingkan dengan perokok aktif. Anda akan dijauhi, anda akan merasa kesempurnaan hidup terengut dalam beberapa waktu.

52. Jomblo, Mati aje loooo

Mohon maaf bagi para jomblo, tapi kata-kata ini mungkin bisa tepat karena banyak orang tua yang tidak akan menikahkan anaknya pada anda yang merokok. Percaya atau tidak percaya, namun ini terjadi dilingkungan sekitar penulis.

53. Hobi berolahraga akan berkurang

Jika anda hobi futsal, basket, atau bulu tangkis, maka ada baiknya anda mulai menghindari rokok. Rokok dalam kurun waktu 5-10 tahun akan membuat stamina anda terkuras habis dan akan kesulitan berolahraga sesuai dengan hobi anda.

53 bahaya merokok bagi kesehatan yang dapat mematikan ini setidaknya menjadi pertimbangan anda dalam mengambil keputusan. Sebaiknya anda mulai berpikir cara berhenti merokok agar dapat kembali ke pola hidup sehat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 23rd, February 2015 / 02:39 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Buruk