10 Bahaya Minum Air Kunyit Setiap Hari Bagi Kesehatan

Di keseharian, kunyit biasanya digunakan untuk kebutuhan memasak. Entah itu dalam membuat opor ayam, nasi kuning, maupun pepes ikan, dan banyak lainnya.

Tetapi tak hanya itu saja, ada juga orang yang menjadikan kunyit sebagai minuman kesehatan. Orang-orang meyakini bahwa kunyit memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Ada yang percaya bahwa minuman tersebut dapat meringankan keluhan penyakit seperti memberi perlindungan terhadap jantung dan stroke, melindungi hati, dan menjaga pencernaan tetap sehat. Kandungan curcumin-nya yang membuat kunyit menjadi berkhasiat.

Namun, selain dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan, ternyata konsumsi air kunyit juga perlu diperhatikan, karena apabila diminum terlalu banyak akan menimbulkan efek samping. Terutama apabila dikonsumsi setiap hari. Lalu apa saja bahaya minum air kunyit setiap hari? Berikut ini penjelasannya.

1.  Memperburuk Penyakit Asam Lambung

Pada sebagian orang, kunyit dapat menjadi pemicu gangguan lambung apalagi bila dikonsumsi saat perut kosong. Hal ini disebabkan karena kunyit dapat merangsang naiknya asam lambung. Oleh karena itu, mereka yang memiliki masalah asam lambung dapat memperburuk kondisi tersebut. Hentikan konsumsi kunyit apabila kondisi asam lambung kian parah.

2.  Membahayakan Kondisi Janin

Kunyit sebenarnya masih aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui sebagai bumbu masakan. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi obat atau suplemen yang mengandung kunyit, sebab dapat merangsang rahim untuk masuk siklus haid (mengeluarkan darah). Kondisi ini tentu berbahaya bagi janin yang sedang berkembang dalam rahim.

3.  Meningkatnya Volume Darah Haid

Kunyit dapat melancarkan aliran darah haid. Seperti halnya produk pelancar haid yang mengandung kunyit. Bagi wanita yang mengalami haid tidak lancar memang tentu baik. Namun, di balik itu juga terlalu sering minum air kunyit dapat meningkatkan volume darah haid.

4.  Detak Jantung Abnormal

Mengonsumsi air kunyit secara berlebih akan mempengaruhi detak jantung. Sebuah laporan mengatakan bahwa seseorang memiliki detak jantung abbormal saat meminum air kunyit lebih dari 1500 mg perhari. Maka, hindari konsumsi berlebih.

5.  Perdarahan

Kunyit dapat meningkatkan risiko pendarahan karena sifatnya yang anti-koagulan atau memperlambat proses pembekuan darah. Ini akan berakibat buruk pada mereka yang sedang mengalami pendarahan. Karena akan memperparah keadaan tersebut.

6.  Sulit Diserap Tubuh

Kunyit cenderung sulit diserap oleh tubuh. Jadi, jika membeli suplemen berbahan dasar kunyit, pastikan pilih yang mengandung piperin sebagai salah satu bahan aktif. Karena piperin akan membantu mempermudah penyerapan kunyit sehingga tubuh akan mendapat manfaat yang maksimal.

7.  Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Manfaat air kunyit salah satunya untuk menurunkan tekanan darah karena kandungan kurkumin yang dimilikinya. Namun, risikonya, bagi penderita darah rendahbtentu tidak baik apabila dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering karena dikhawatirkan akan semakin membuat tekanan darah turun.

8.  Mual atau Muntah

Rasa mual akan timbul pada mereka yang tidak menyukai bau dari kunyit yang memang terasa menyengat. Ada yang hanya mengalami mual, bahkan parahnya bisa sampai muntah apabila betul-betul tidak suka dan tidak bisa menahan baunya yang tidak enak.

9.  Memicu Alergi

Beberapa orang mengalami alergi terhadap kunyit. Oleh karena itu, bagi pemilik tubuh yang sensitif terhadap kunyit atau jahe, lebih baik apabila menghindarinya sama sekali.

10.  Meningkatkan Risiko Infertilitas (Kurang Subur)

Air kunyit ternyata berpengaruh pada kesehatan pria, yaitu bisa menurunkan kadar hormon testosteron dan memperlambat laju sperma. Oleh karena itu, kunyit sebaiknya dikonsumsi secukupnya dan tidak terlalu banyak terutama oleh mereka yang berusaha untuk mempunyai momongan.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal