Sponsors Link

Cara Melakukan Olahraga yang Baik dan Benar bagi Tubuh

ads

Olahraga  yaitu merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memelihara kesehatan. Olahraga cenderung ke kegiatan yang bersifat jasmani. Selain itu olahraga juga bertujuan untuk melatih otot-otot pada tubuh manusia. Manfaat olahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, baik itu penyakit ringan hingga penyakit berat. Dan tentunya juga disertai dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

Apalagi bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan, pastinya melakukan olahraga mati-matian agar tubuh mereka terlihat ideal. Namun melakukan olahraga menurunkan berat badan bukanlah hal yang salah, akan tetapi harus dengan cara yang sesuai agar tidak membahayakan tubuh. Namun jangan lupa juka untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga, bahaya olahraga tanpa pemanasan akan berdampak buruk bagi tubuh.

Manusia Era Gadget Harus Banyak Melakukan Olahraga

Olahraga sangat penting untuk dilakukan, apalagi untuk masyarakat di era saat ini, masyarakat yang bertumpu pada teknologi. Masyarakat yang banyak menghabiskan waktunya di depan gadget, smartphone, tablet, leptop, komputer. Masyarakat yang kebanyakan waktunya habis untuk duduk atau tidak bergerak menyimak perangkat teknologi, dan jarang melakukan aktifitas fisik ataupun kegiatan yang menggerakkan tubuh.

Maka dari itu olahraga sangat dibutuhkan untuk dilakukan disela waktu yang ada. Tidak perlu terlalu lama, setiap harinya sekitar 30 menit hingga satu jam, seseorang harus meluangkan waktu untuk berolahraga disaat ini. Karena untuk diketahui bahwa tubuh manusia dirancang untuk melakukan pergerakan.

Terlebih yang bekerja diperkantoran dari pagi hingga malam bahkan terkadang lembur. Perlu diperhatikan juga, bahaya sering lembur juga tidak baik untuk kesehatan, karena tubuh terlalu lelah terutama pada mata, karena pastinya jam istirahat akan terpotong dengan tambahan jam kerja.

Manusia Purba Berolahraga Secara Alami

Pada saat manusia dulu masih hidup dijaman purba tentu manusia dahulu melakukan pekerjaan yang ada pada saat itu yakni berburu dan meramu. Dalam hal berburu dan meramu manusia jaman tersebut banyak menggerakan badan dan tentu saja itu yang membuat manusia dahulu sudah berolahraga secara alami.

Namun seiring dengan perubahan zaman maka dari itu manusia saat ini harus menyempatkan diri untuk bergerak, untuk mengolah raganya agar tentunya aktifitas badan seimbang dengan aktivitas pikiran. Selain itu jika tidak digerakkan lama-lama tubuh akan kehilangan kemampuan alaminya.

Sponsors Link

Bisa melambatkan kerja-kerja tubuh pula, bahkan gangguan kesehatan ataupun juga yang dapat kita dapat lihat dengan mudah. Yakni orang yang jarang bergerak sedangkan banyak mengkonsumsi makanan akan mengalami masalah kegemukan ataupun penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah dalam tubuh, karena terlalu banyak diam. Termasuk akibat duduk terlalu lama, bahaya duduk terlalu lama ini dapat menimbulkan badan kurang banyak gerak sehingga terjadi penumpukan lemak.

Berikut ini adalah cara melakukan olahraga dengan baik dan benar:

1. Pemanasan

Setiap akan berolahraga satu hal yang sangat penting untuk dilakukan yaitu tentu saja adalah pemanasn. Pemanasan ini bisa berupa gerakan-gerakan ringan atau peregangan-peregangan otot yang bisa dilakukan. Karena tanpa adanya pemanasan tubuh bisa menjadi terkejut ketika langsung berolahraga. Apalagi untuk olahraga yang berat, ini justru bisa berbahaya dan resiko terjadinya cedera bisa sangat tinggi.

Bahkan tubuh sehat yang dirasakan sebelumnya justru menjadi cedera atau sakit, jadi jangan melupakan sesi pemanasan. Bahaya olahraga tanpa pemanasan nantinya akan berdampak buruk seperti pegal-pegal, atau bahkan terkilir. Contoh olahraga yang membakar kalori seperti lari, sepakbola, basktet dan bulu tangkis.

2. Peralatan dan Perlengkapan

Untuk peralatan tentu saja anda harus memastikan peralatan yang akan digunakan misalnya memeriksa komponen-komponen jika anda mengguanakan alat berat atau angkat beban. Jangan sampai karena alat yang mendadak rusak ini mencederai anda. Kemudia gunakan peralatan yang sesuai misalnya sarung tangan khusus untuk agkat beban agar tidak licin dan tidak lepas. Atau pelindung kaki saat bermain sepakbola, atau pelindung gigi saat tinju, jadi cek peralatan dan gunakan perlengkapan yang sesuai.

3. Jangan Sakit

Meskipun olahraga dilakukan untuk kesehatan janga pernah melakukan olahraga ketika sedang sakit, karena ini bisa semakin membuat lemah, jadi ketika sakit maka yang terbaik dilakukan adalah melakukan penyembuhan dan juga istirahat setelah tubuh sudah fit dan sehat kembali maka bisa dilakukan olahraga.

4. Teratur

Apapun itu tentu akan baik untuk dilakukan secara teratur. Bukan dengan mengabungkan atau memforsirnya dalam satu waktu, maka sebaiknya lakukan oahraga secara teratur misalnya 15 menit, 30 menit, atau selama satu jam setiap hari, atau tiga kali dalam seminggu.

sponsored links

Peranan Olahraga dalam Hidup

Meskipun manusia era ini jarang untuk bergerak, namun gaya hidup juga sudah pula berubah salah satunya menjadikan olahraga sebagai salah satu gaya hidup itu sendiri, olahraga menjadi sebuah lifestyle. Olahraga sudah tidak dianggap sebagai sarana untuk bergerak saja tapi juga memiliki fungsi ganda, yakni sebagai sarana hiburan untuk refresing bahkan tempat olahraga sebagai sebuah ajang sosialisasi.

Olahraga ini bisa mempertemukan satu orang dengan orang lainnya namun tentunya dengan ketertarikan pada hal yang sama yakni pada olahraga. Banyak dari kita meneemui orang orang yang seharian bekerja akan menyempatkan diri ke tempat fitness atau yang sekarang lebih dikenal sebagai tempat gym.

Jadi masyarakat melakukan olahraga sebagai salah satu hiburan setelah seharian bekerja, olahraga juga tak mengenal waktu tak hanya pagi, siang, sore, bahkan juga dilakukan pada malam hari. Namun perlu diperhatikan juga bahaya olahraga yang berlebihan, karena di era seperti sekarang ini kebanyakan orang berolahraga tidak memikirkan perhitungan yang tepat.

Olahraga Lari

Jenis olahraga yang disediakan saat ini sangat banyak bahkan ada yang menjadi hiburan tersendiri misalnya olahraga senam yang memadukan dengan musik, ataupun aerobik dll. Adapula olahraga lari yang dikemas secara berbeda, misalnya lari bersama bahkan hingga dibuat perkumpulan hanya untuk melakukan lari. Tempat berkumpulnyapun ditempat berkumpulnya pun tidak biasa yakni di mall dan pusat perbelanjaan, dan dibentuk komunitas-komunitas lari.

Ttidak hanya berhenti disitu tapi juga memiliki cabang-cabang komunitas lari ini ditiap daerah semuanya terkoneksi dan mengadakan kegiatan dan hanya bermula dari sebuah kesamaan diri yakni menyukai olahraga lari. Lari merupakan gerakan yang bagus untuk olahraga mengecilkan paha dan betis, karena daerah skitar kaki akan bekerja dan mengeluarkan lemak lewat keringat.

Olahraga Sebagai Gaya Hidup

Olahraga yang menjadi sebuah gaya hidup atau trend sosial tersendiri bagi masyarakat teknologi. Orang-orang membentuk badan yang dahulu cenderung hanya dilakukan oleh wanita yang ingin terlihat langsing dan menarik namun sekarang justru lebih didominasi oleh kaum adam yang ingin memiliki bentuk tubuh yang atletis, proporsional dan lebih beorotot.

Para lelaki juga banyak yang menjadikan olahraga sebagai sebuah lifestyle karena bentuk tubuh yang dihasilkan dari olahraga tentu akan lebih sehat dan juga ini dibutuhkan untuk banyak hal mulai dari kepercayaan diri, kemudian untuk memudahkan mencari pekerjaan juga untuk menunjang fashion. Termasuk mengkonsumsi makanan pembentuk otot pada tubuh agar otot juga semakin kuat.

Orang orang di era teknologi tidak hanya melakukan olahraga tetapi juga memamerkan kegiatan olahraga. Apalagi dengan berbagai sistem yang diberlakukan ditempat-tempat olahraga itu sendiri misalnya dengan biaya member yang mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja, orang-orang yang mampu membayar saja yang dapat melakukan olahraga ditempat tersebut.

Yang sedikit banyak hal tersebut tentu bisa mempengaruhi orang ainnya untuk melakukan hal yang sama, melakukan olahraga. Misalnya memposting kegiatan senam atau kegiatan angkat beban di tempat fitness melalui akun pribadi BBM kemudian mengunggah di facebok ataupun juga di instagram, sehingga saat ini ada sebuah kebanggan tersendiri jika melakukan olahraga yang sudah mulai jarang dilakukan oleh beberapa orang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 28th, October 2015 / 05:39 Oleh :
Kategori : Tips Olahraga