Home Featured Risih Dengan Komedo Putih Di Hidung ? Ini Dia Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Komedo Putih

Risih Dengan Komedo Putih Di Hidung ? Ini Dia Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Komedo Putih

by Syara

Jerawat merupakan kondisi kulit yang diderita hampir 80 persen orang berusia antara 11 hingga 30 tahun. Seperti halnya bentuk jerawat lainnya, komedo putih (whiteheads) terbentuk ketika pori – pori tersumbat minyak, sel kulit mati dan bakteri.

Komedo putih atau whiteheads merupakan bentuk umum dari jerawat. Komedo putih ini berbentuk seperti tonjolan berwarna putih di bawah permukaan kulit. Tidak meletus ketika dipencet karena pori – porinya tertutup.

Penyebab Komedo Putih

Hormon, pengobatan, beberapa jenis makeup dan genetik menjadi faktor – faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki komedo putih. Sementara itu ada beberapa hal yang memperburuk kondisi komedo putih tersebut yakni gesekan dari helm atau tas ransel, polusi udara dan kelembaban, pemakaian kacamata, jerawat yang dipencet, scrubbing yang berlebihan, dan stres.

Menghilangkan Komedo Putih Di Hidung

Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan komedo putih dan jenis jerawat lainnya di hidung. Namun tidak semuanya berhasil untuk setiap individu. Seseorang mungkin perlu mencoba beberapa produk dan teknik berbeda sebelum menemukan apa yang terbaik untuk mereka.

Strip pori untuk hidung tidak akan membantu menghilangkan komedo putih karena fungsinya yang hanya menarik minyak dari pori – pori yang terbuka. Sementara komedo putih berada dalam pori – pori yang tertutup.

Banyak produk yang dijual bebas mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide dan salicylic acid. Dua bahan ini bekerja dengan cara berbeda namun keduanya berguna untuk pengobatan jerawat.

Benzoyl peroxide mematikan bakteria dan membantu mengangkat minyak serta sel – sel kulit mati di pori – pori. Benzoyl peroxide juga membantu mengurangi pembengkakan yang berkaitan dengan jerawat.

Salicylic Acid membantu mengatasi pori – pori yang tersumbat dan mencegah terbentuknya komedo putih.Bahan aktif lainnya yang bisa diperoleh dengan bebas untuk pengobatan jerawat adalah alpha hydroxy acid dan sulfur. Kedua bahan ini membantu mengangkat sel – sel kulit mati dari pori – pori dan mengurangi bengkak.

Sulfur juga diketahui mampu mengendalikan minyak berlebih. Produk – produk lainnya berbentuk krim, gel, pembersih wajah dan pengobatan jerawat. Penting untuk tetap menggunakan produk – produk perawatan tersebut walaupun komedo putih telah hilang. Penghentian penggunaan memungkinkan bakteri baru berkembang di pori – pori dan menyebabkan masalah lain.

Untuk pengobatan tradisional dapat dipertimbangkan penggunaan madu. Madu diketahui berfungsi sebagai agen antibakteri. Salah satu jenisnya adalah madu Manuka. Cukup oleskan madu Manuka ke hidung secara merata setelah membersihkan hidung terlebih dulu, kemudian biarkan selama 15 – 20 menit. Setelah itu bersihkan hidung dan jangan lupa beri pelembab bebas minyak.

Jika terlanjur memiliki komedo putih langkah – langkah di atas mungkin akan membantu. Namun ada baiknya mencegah. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya komedo putih :

  • Cuci muka dengan sabun yang lembut dan air hangat dua kali sehari
  • Bersihkan makeup dan cuci muka jika berkeringat berlebihan
  • Hindari menggosok kulit
  • Gunakan sunscreen, pelembab dan makeup yang oil-free
  • Gunakan produk noncomedogenic
  • Hindari produk untuk rambut seperti spray dan gel mengenai wajah
  • Jauhkan rambut, tangan dan topi dari wajah
  • Jangan memencet jerawat dan komedo
  • Kurangi stress

You may also like