Gunakan 6 Cara Ini Untuk Mengatasi Lingkar Hitam di Sekitar Mata!

287

Pada kondisi-kondisi tertentu terkadang muncul lingkaran hitam di sekitar mata, atau yang biasa dikenal dengan istilah mata panda. Bisa jadi hal tersebut timbul ketika kamu kurang tidur, kelelahan, terlalu lama menatap komputer, alergi dan sebagainya. Lingkaran hitam di sekitar mata ini tentu saja akan membuat penampilanmu nampak lelah dan kurang segar. Untuk itu kamu bisa menempuh cara di bawah ini untuk mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata.

1. Gunakan Krim Khusus Mata

Ada yang mengatakan, mata wanita cenderung lebih mudah muncul lingkaran hitam di sekitar mata karena gen. Sehingga, beberapa produsen kosmetik telah menyiapkan jenis krim yang memiliki fungsi untuk menyamarkan lingkaran hitam pada mata. Krim tersebut biasanya memiliki kandungan kafein, retinol, vitamin E dan vitamin C. Krim tersebut bisa kamu dapatkan di toko-toko kosmetik.

2. Kompres dengan Teh Celup

Setelah menyeduh teh celup, jangan buang kantong bekasnya. Teh celup yang sudah digunakan jangan dibuang, tapi simpanlah di dalam kulkas dalam kondisi basah hingga suhunya menjadi dingin. Setelah kantung teh celup dingin, tutup kedua kedua mata dengan kantung tersebut, lakukan dengan posisi tubuh rileks, misalnya dengan berbaring selama beberapa menit. Matamu akan lebih segar setelahnya, dan lingkaran hitam di sekitar mata akan berangsur berkurang.

Teh celup memang baik untuk kesehatan mata, tetapi meskipun demikian, jangan terlalu sering mengosumsi teh celup hanya untuk digunakan masker mata ya. Karena terlalu banyak mengosnumsi teh celup dapat berbahaya. Salah satu bahaya teh celup untuk kesehatan adalah dapat menyebabkan detak jantung menjadi cepat.

3. Periksa ke Dokter

Apabila lingkaran hitam di sekitar mata terjadi akibat kamu sering menggosoknya karena terasa gatal, maka kemungkinan rasa gatal itu diakibatkan karena alergi. Jangan diobati sendiri ya, karena alergi tidak bisa sembarangan diobati. Agar dapat ditangani dengan tepat, sebaiknya diperiksakan ke dokter agar alergi teratasi dan lingkaran hitam berangsur dapat menghilang.

4. Gunakan Kacang Polong Dingin untuk Kompres

Lingkaran hitam dapat dipicu akibat melebarnya pembuluh darah di seputar mata, khususnya di bawah mata. Agar kembali normal, kamu bisa mengompres mata dengan menggunakan kacang polong yang didinginkan lalu balut dengan kain dan gunakan untuk kompres pada mata selama beberapa menit. Atau bisa juga menggunakan sendok sendok yang didinginkan, lalu gunakan untuk mengompres mata  selama beberapa menit. Lakukan dengan posisi tubuh rileks atau berbaring.

5. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Untuk mencegah lingkaran hitam di sekeliling mata dan juga mencegah terjadinya pembengkakan di seputar mata, kamu bisa tidur dengan menggunakan bantal yang ditumpuk, sehingga posisi kepala menjadi lebih tinggi.

6. Tidur yang Cukup

Berapa jamkah waktu tidurmu setiap hari? Wajahmu akan nampak lebih pucat apabila kamu kekurangan waktu tidur, sehingga lingkaran hitam atau mata panda akan nampak lebih jelas. Oleh karena itu tidurlah dalam waktu yang cukup, yaitu sekitar 8 jam setiap hari.

Itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kantung mata dan mata panda yang dapat kamu lakukan setiap hari. Melakukaan 6 cara tersebut secara rutin dapat membantu kamu untuk memperoleh mata yang cantik tanpa kantung mata dan mata panda. Selain itu tips tambahan bagi kamu untuk menjaga agar mata mu menjadi sehat dan tidak mudah memiliki kantung mata dan mata panda adalah kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat dan cukup tidur.