Benarkah Minum Susu Akan Mencegah Osteoporosis?

131

Kebiasaan minum susu memang hanya dimaklumi untuk bayi dan anak-anak saja. Ketika sudah remaja atau dewasa maka banyak orang mulai meninggalkan susu. Ada banyak alasan untuk tidak minum susu seperti menambah berat badan dan tidak menyukai rasa atau aroma susu. Padahal sekarang banyak sekali jenis susu yang memang dirancang untuk remaja dan orang dewasa. Tapi susu dianggap minuman yang sehat karena bisa mencegah penyakit osteoporosis.

Jadi benarkah minum susu akan mencegah osteoporosis? Berikut ini fakta yang perlu Anda simak.

Benar Tidak?

Susu adalah minuman yang sangat menyehatkan termasuk untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan mineral yang kaya seperti kalsium dipercaya bisa membantu mencegah penyakit osteoporosis. Hal ini sesuai dengan beberapa penelitian yang sudah dimuat dalam jurnal bulanan Archives of Ostepoporosis, dimana minum susu untuk pria dan wanita yang sudah berusia 50 tahun lebih sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Namun semua ini juga harus dipertimbangkan dengan jenis susu seperti apa yang Anda minum. Susu dipercaya bisa mencegah penyakit osteoporosis karena mengandung kalsium. Jadi tentu jenis susu seperti ini yang disarankan. Dan ketika sudah berusia 50 tahun lebih memang harus membatasi susu yang mengandung lemak tinggi agar tidak terkena kolesterol  tinggi.

Berapa Kali Orang Dewasa Harus Minum Susu Setiap Hari?

Untuk jumlah takaran susu per hari maka harus dipertimbangkan dari usia Anda. Jika Anda dewasa sudah berusia antara 19 sampai 50 tahun maka kebutuhan kalsium per hari adalah 1000 mg. Semakin tua usia maka kebutuhan kalsium juga akan semakin tinggi.

Dalam setiap 200 ml susu sapi mengandung sebanyak 300 mg kalsium. Jadi sebenarnya Anda tetap bisa minum satu gelas saja per hari, dan asupan kalsium lain bisa didapatkan dari makanan yang mengandung kalsium tinggi. Juga dari berbagai jenis minuman. Sebaiknya orang dewasa juga harus membatasi susu karena terlalu banyak bisa menyebabkan nutrisi tubuh tidak seimbang.

Cara Lain Mencegah Osteoporosis

Meskipun susu memang bisa mencegah osteoporosis, maka orang dewasa sebaiknya memang tidak menggantungkan pada susu saja. Berikut ini beberapa cara lain untuk mencegah osteoporosis.

  1. Kurangi Kafein

Orang dewasa harus mulai untuk mengurangi kafein. Salah satu efek bahaya kafein bagi tubuh adalah bisa menurunkan kadar kalsium secara terus menerus. Inilah yang kemudian memicu osteoporosis. Jadi sebaiknya orang dewasa sudah membatasi minuman seperti minuman bersoda, minuman energi, teh, kopi dan coklat.

  1. Batasi Garam

Orang dewasa juga harus mulai membatasi garam. Garam mengandung natrium yang sangat tinggi, dimana efeknya sama seperti kafein yaitu menurunkan kepadatan tulang. Bahkan garam juga buruk untuk kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Suplemen Khusus

Orang dewasa sebaiknya bisa mulai minum suplemen vitamin D dan vitamin K. Hanya saja jenis suplemen harus diresepkan oleh dokter yang merawat Anda. Vitamin D sangat penting karena bisa membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Begitu juga untuk vitamin K dalam yang berperan dalam pembekuan darah. Selain itu disarankan untuk keluar rumah atau terkena sinar matahari pagi selama kurang lebih 20 menit.

  1. Gaya Hidup Sehat

Tentunya sangat penting untuk memiliki gaya hidup sehat. Hindari kebiasaan begadang, konsumsi alkohol, merokok dan makanan yang mengandung banyak pengawet. Olahraga seperti latihan rutin, jalan kaki, berenang dan bersepeda juga sangat penting untuk mencegah osteoporosis.

Itulah jawaban dari benarkah minum susu akan mencegah osteoporosis? Sekarang Anda sudah paham bukan? Jadi mari menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena osteoporosis.