Ini Fakta Unik Tubuh Manusia yang Bikin Tercengang

72

Tubuh manusia merupakan suatu keajaiban yang diciptakan oleh Tuhan. Setiap manusia diciptakan berbeda satu sama lain dan memiliki ciri khas masing – masing. Hal yang sama dari semua orang adalah ada banyak keunikan pada tiap anggota tubuh. Mari kita simak beberapa keunikan yang ada pada tubuh kita.

1. Otak memilliki sekitar 100 miliar sel saraf

Tanpa kita sadari, ada banyak sekali sel saraf pada otak kita. Jumlahnya mencapai 100 milyar sel mikroskopis. Sel penyusun otak ini disebut neuron. Tidak terbayang bukan jika otak manusia yang mempunyai volume sekitar 1.350 cc tersusun atas milyaran neuron sehingga mungkin butuh waktu sangat lama jika ingin menghitung semuanya.

Otak kita pun tidak pernah berhenti bekerja. Semua hal yang terjadi dalam keseharian tidak lepas dari kerja otak melalui neuron. Mulai dari tertawa, berpikir, melihat, bergerak, bernafas sampai bermimpi, sinyal kimia dan listrik berlomba – lomba melewati neuron melalui jalur kecil masing – masing neuron.

2. Bibir semakin lama semakin tipis

Bibir adalah salah satu daya tarik bagi banyak orang. Bentuk bibir yang indah dipengaruhi oleh kolagen. Sayangnya bibir manusia akan menjadi tipis seiring bertambahnya usia karena mulai berkurangnya kolagen dalam tubuh. Oleh karena itu penting untuk menjaga asupan kolagen terlebih saat usia memasuki 30an agar kulit dan bibir terjaga selalu keindahan serta kesehatannya. Hal ini juga menjadi penyebab bibir hitam, bibir yang semakin tipis jika tidak dirawat dapat menyebabkan pigman bibir menebal dan hitam

3. Berat badan mempengaruhi volume darah

Volume darah dalam tubuh seseorang dapat dihitung dengan melihat berat badannya. Untuk orang dewasa, volume darahnya diperkirakan sekitar 7% dari berat badan. Contohnya si A dengan berat badan 65 kg mempunyai volume darah sekitar 4,5 liter. Sedangkan si B dengan berat badan 85 kg mempunyai volume darah sekitar 5,9 liter. Sementara itu untuk anak dengan berat badan 35 kg memiliki setengah dari volume darah orang dewasa.

4. Paru – paru adalah satu – satunya organ yang dapat mengapung dalam air

Fakta unik yang ini mungkin belum kita ketahui. Paru – paru dapat mengapung dalam air. Mengapa hal ini bisa terjadi? sekitar 300 juta alveoli terkandung pada tubuh manusia. Struktur alveoli sendiri hampir menyerupai balon. Dalam alveoli terjadi pertukaran gas karbon dioksida yang ada dalam darah dengan oksigen yang dihirup manusia melalui hidung. Saat alveoli penuh dengan udara,maka alveoli dapat mengapung dalam air serupa dengan balon yang telah ditiup

5. Telinga tidak mendengar apapun saat tidur

Pada saat manusia tidur, maka waktu itu adalah kesempatan otak untuk “sedikit” istirahat. Kenapa dikatakan “sedikit” istirahat? Karena walau kita tidur, otak masih mempunyai pekerjaan lain seperti mengatur nafas, detak jantung, dan lainnya. Otak hanya menutup kemampuan telinga untuk mendengar sehingga wajar jika kita lebih mudah dibangunkan dengan sentuhan. Suara yang bisa didengar saat tidur hanya suara yang sangat keras dan menimbulkan respon kaget serta detak jantung yang lebih cepat.

Pengistirahatan telinga ini terjadi secara otomatis guna menghindari telinga dari terjadinya infeksi telinga, meskipun infeksi telinga memilki penyebab lain pula, tetapi secara naluri dan signal tubuh, telinga akan beristirahat cukup.

6. Hati memiliki 500 fungsi

Hati adalah salah satu organ dalam terpenting pada manusia. Tapi jarang ada yang mengetahui bahwa hati mempunyai lebih dari 500 fungsi. Pada pelajaran biologi, kita hanya diajarkan beberapa fungsi umum dari hati. Fungsi terpenting hati adalah mengontrol kadar lemak, glukosa dan asam amino dalam darah serta membuang zat racun dalam tubuh. Sedangkan fungsi lain hati antara lain adalah melawan infeksi, memproses makanan yang telah diserap usus, memproduksi getah empedu sebagai senyawa yang penting dalam  sistem pencernaan makanan serta menyimpan zat besi, vitamin dan bahan – bahan kimia penting lainnya.

Manusia wajib menjaga kesehatan semua bagian tubuh, baik penampilan maupun organ dalam, sebagai bentuk syukur kepada Sang Pencipta.