Waspadai, Ini 3 Masalah yang Membuat Sulit Punya Anak

280

Anak adalah permata yang diidamkan oleh setiap keluarga. Banyak daya upaya yang dilakukan untuk mempunyai anak, tak peduli berapa biaya yang harus dikeluarkan, dan dengan berbagai cara baik alami maupun medis, bahkan hingga sampai hal hal supranatural. Keberadaan anak, bisa membuat keluarga menjadi semakin bahagia, dan tidak punya anak, kadang bisa menyebabkan putusnya tali ikatan rumah tangga.

Sebenarnya, apa sajakah penyebab sebuah keluarga sulit mendapat keturunan? Diantaranya ada 3 sebab. Antara lain :

1. Tersumbatnya saluran tuba falopi

Tuba falopi adalah saluran yang berfungsi untuk membawa sel telur ke dalam rahim. Saluran ini juga bisa rusak atau tidak berfungsi dengan baik, sehingga menghambat perjalanan sel telur menuju rahim, yang akibatnya sel telur tersebut jika sampai pada rahim, sudah dalam keadaan tidak optimal untuk dilakukan pembuahan. Bahkan, kadang bisa saja terjadi sel telur itu sama sekali tak dapat sampai ke ruang rahim.

Penyebab tersumbatnya saluran tuba falopi ini bisa karena penyakit menular seks (PMS), penyakit radang pinggul, hingga pelvic inflammatory diseas (penyakit yang menjangkit serviks. Penanganannya bisa dengan cara ditiup, namun sebaiknya  konsultasi ke dokter kandungan.

Banyak penyakit yang menyerang tuba fallopi, untuk itu kita harus rajin-rajin merawat tubafalopi agar tidak terserang penyakit.

2. Gangguan kelenjar tiroid

Hormon teroid adalah hormon yang mempunyai peran penting dalam tubuh. Dengan berbagai macam fungsinya, hormon ini diantaranya berfungsi untuk mengatur metabolisme, produksi energi, kesuburan/fertilitas, hingga tumbuh kembangnya sebuah kehamilan. Jika saat kita terkena gangguang kelenjar tiroid, hal itu akan membuat kinerja hormon tiroid menjadi kurang efektif untuk membantu proses tumbuh kembang kehamilan.

Hal ini akan menyebabkan sel telur akan mudah terlepas dari rahim, yang mengakibatkan keguguran dan kemandulan. Biasanya hal yang menyebabkan ganguan kelenjar tiroid hingga menyebabkan kemandulan adalah akibat diangkatnya kelenjar tiroid tersebut.

3. Kualitas sel telur

Kualitas sel telur sangat berpengaruh dalam proses kehamilan di setiap perempuan.setiap perempuan mempunyai kualitas sel telur yang berbeda beda. Ada yang baik dan tentu saja ada yang tidak baik. Kualitas el telur ini biasanya sangat dipengarhui oleh gaya hidup, pola makan, usia, yang tanpa disadari membuat perempuan sulit untuk hamil.

Cara untuk meningkatkan kualitas sel telur, ternyata sangat mudah dan dapat dilakukan sehari hari. Cukup mengkonumsi makanan bergizi tinggi, seperti memperbanyak asupan protein dan lemak sehat yang dapat meningkatkan produksi hormon dan dapat pula mengonsumsi obat pertumbuhan sel telur. Sayur dan biji bijian dengan serat tinggi, suplemen prenatal yang mengandung asam folat tinggi juga sangat membantu.

Di jaman modern sekarang ini, cukup banyak orang yang melakukan sesuatu dengan cara instan, cepat, yang kadang mengesampingkan sisi kesehatan. Seperti makanan siap saji, minuman beralkohol, merokok, begadang, dimana semua itu sangat mempengaruhi kualitas sel telur. Terutama makanan siap saji, merokok dan begadang. Itulah kehidupan dunia modern sekarang yang sangat perlu disikapi dengan sangat bijak dan hati hati, terutama oleh perempuan.