Uban Mulai Tumbuh ? Ini Rahasia Agar Uban Tak Tumbuh

87

Uban adalah rambut yang berubah warna dari hitam menjadi abu abu, kemudian berubah memutih. Untuk penduduk asli  Indonesia, rambut pada umumnya hitam atau gelap karena memiliki kandungan melanin yang cukup tinggi, dibanding penduduk negara lain, terutama penduduk di benua Amerika, dan Eropa. Pada saat rambut hitam menjadi abu abu dan kemudian memutih, terjadi perubahan melanin, dan pada rambut yang telah memutih, melanin sudah tidak lagi berproduksi, sehingga jika pun masih tumbuh rambut lagi, rambut baru tersebut juga akan berwarna putih.

Timbulnya uban, biasanya dikarena faktor usia, dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya, untuk penduduk Indonesia, orang mulai beruban pada usia 40 tahun ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan orang bisa beruban lebih cepat atau sebelum usia 40 tahun, karena faktor genetis dan faktor faktor pemicu lainnya, terutama mode dan gaya hidup.

Nah, apa saja rahasia agar rambut tidak mudah cepat beruban? Inilah beberapa rahasia tersebut.

1. Hindari Sering Mewarnai Rambut

Rambut yang tidak melulu hitam, pada jaman milenial ini sudah mulai merambah tidak hanya artis, model atau pun orang orang yang berada di lingkungan tertentu saja. Namun sekarang hampir semua orang bisa mewarnai rambut mereka, dimana saja. Baik di kota maupun di desa, tidak hanya kaum hawa, kaum adam pun juga sudah mulai akrabn dengan rambut berewarna.

Nah keinginan untuk tampil beda ini kadang tidak disertai dengan pengetahuan yang cukup akan efek sampinya. Cat rambut yang digunakan untuk mewarnai rambut, itu mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan. Terlalu sering memakai pewarna rambut justru akan menyebabkan beberapa masalah rambut, salah satunya adalah rambut beruban, hal ini akan menyebabkan kamu menjadi beruban dini atau uban dini. Hal ini buruk untuk penampilan mu.

2. Jaga Kebersihan Kulit Kepala

Salah satu faktor penting untuk mencegah uban adalah menjaga kebersihan kulit kepala agar penyebab rambut beruban tidak menyerang rambut mu. Ini yang sering dilupakan, karena menganggap sepele. Selain memicu percepatan tumbuhnya uban, kulit kepala yang kurang terjaga kebersiahnnya bisa menjadi penyebab beberapa masalah rambut seperti ketombe dan rambut rontok.

Untuk kasus tertentu, ketidak cocokan cat pewarna rambut dan kulit kepala dapat juga mengakibatkan gatal gatal, dan lebih parah lagi akan terjadi luka jika gatal gatal tersebut digaruk dengan keras. Selain luka luar karean lecet, pernah juga terjadi kasus sakit kepala karena kebersihan kulit kepala yang tidak terjaga ini.

3. Perawatan Rutin

Perawatan rutin adalah langkah yang sangat bijaksana dan dianjurkan untuk menncegah percepatan tumbuhnya uban. Untuk mencegah tumbuhnya uban, perlu dilakukan adlaah melakukan perawatan rutin dan teratur. Anda bisa melakukan perawatan rutin dengan bahan bahan alami yang mudah di dapat.

Perawatan ini akan lebih optimal jika disertai perwaatan dari dalam, yaitu mengkonsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk mencegah uban seperti sayuran berdaun hijau, dengan vitamin B6 dan B12 yang diperlukan tubuh untuk menjaga rambut tetap sehat.

Itulah tips rahasia menjaga rambut agar tidak cepat beruban. Sangat mudah bukan untuk merawat rambut mu agar tidak mudah beruban. Memang sih merawat rambut itu susah-susah gampang, tapi ketika kita memang niat untuk memperolah rambut yang indah, tentu merawat rambut bukan menjadi beban untuk kita. Selamat menjaga rambut mu dari uban. Karena rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, yang sangat indah.