5 Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan pada Manusia

127

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada salah satu atau seluruh bagian sistem pencernaan, yang dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus. Adanya gangguan pada sistem pencernaan dapat menghambat proses metabolisme atau pencernaan makanan yang dikonsumsi, yang tentu saja akan berdampak pada penyerapan nutrisi ke dalam tubuh.

Selain itu, gangguan pencernaan kerap menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Itulah sebabnya kita harus mencegah masalah terjadi pada organ pencernaan, dan mencari tahu penyebabnya agar dapat mencegah gangguan tersebut. Berikut ini terdapat beberapa penyebab terjadinya gangguan sistem pencernaan yang umum terjadi.

1. Makanan yang Asam dan Pedas

Makanan yang asam dan pedas biasanya mengandung asam askorbat yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat melukai permukaan dinding lambung. Bahkan dinding usus pun dapat teriritasi dengan masuknya makanan tersebut. Karena itu, makanlah dengan menu yang sewajarnya dan tidak terlalu pedas atau asam agar organ pencernaan tidak mengalami masalah.

2. Stres

Ternyata tidak hanya makanan saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan sistem pencernaan, namun stres juga berpengaruh penting terutama untuk kesehatan lambung. Saat pikiran sedang tertekan, otak akan menstimulasi lambung untuk memproduksi lebih banyak HCl. Akibatnya, asam lambung akan meningkat dan dapat mengiritasi dinding lambung, dan menyebabkan rasa perih.

3. Makan Terlalu Banyak

Jika Anda terbiasa dengan makan dengan porsi banyak dan menghabiskannya dalam sekali waktu, maka hal ini dapat meningkatkan resiko terkena gangguan pada organ pencernaan. Hal ini dikarenakan, makanan yang masuk butuh waktu untuk dapat dicerna dengan sempurna. Jika makanan yang masuk terlalu banyak, maka makanan akan menumpuk di lambung dan akhirnya menjadi busuk sebelum dicerna. Hal ini akan menyebabkan perasaan mual dan begah di perut.

4. Makan Terburu-buru

Saat makan, biasakanlah untuk melahapnya dengan santai dan mengunyah makanan dengan baik. Jika terburu-buru, maka dapat memicu seseorang makan lebih banyak karena sinyal kenyang yang dikeluarkan otak cukup lama sementara lambung sudah terlanjur terisi penuh. Akibatnya perut menjadi kekenyangan, selain menimbulkan rasa sakit juga dapat memicu kegemukan.

5. Makan Makanan Berlemak

Makanan yang tinggi kandungan lemak terutama lemak jahat lebih sulit dicerna dibandingkan dengan makanan lainnya. Karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan berlemak tinggi agar tidak membebani kerja organ pencernaan terutama lambung. Sebaliknya, pilihlah makanan tinggi serat agar proses pencernaan dapat berjalan lancar.

Itulah penyebab gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi dan kerap kali dilakukan kebanyakan orang. Jika ingin sistem penceraan selalu sehat, biasakanlah untuk makan dengan porsi seimbang dan menu yang sehat. Jika organ pencernaan sehat, maka proses metabolisme dapat berjalan lancar, dan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat lebih optimal.