Hati-hati, 5 Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Bisa Picu Gagal Ginjal

165

Pernahkah Anda menyadari betapa pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh? Ginjal memiliki peranan penting dalam menyaring darah kotor dan membuang sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urin, sehingga jika mengalami masalah maka tubuh bisa keracunan akibat zat sisa yang tidak dikeluarkan. Sayangnya banyak orang yang mengabaikan masalah satu ini dan sering melakukan aktivitas yang justru dapat mengganggu fungsi ginjal. Nah, berikut ini merupakan gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu penyakit gagal ginjal dan semestinya diwaspadai sejak dini.

1. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum akan menyebabkan ginjal harus bekerja keras dalam menyaring darah, sehingga fungsinya dapat terganggu. Dampak paling ringan adalah terbentuknya batu ginjal, dan yang terparah terjadinya gagal ginjal yang bersifat permanen. Untuk menghindarinya, biasakan untuk minum setidaknya 2 liter air putih. Fungsi air putih ini tidak dapat digantikan oleh minuman lain seperti teh, kopi atau minuman berenergi. Jadi, air putih harus tetap dikonsumsi meski Anda sering minum minuman lainnya.

2. Banyak Mengkonsumsi Garam

Garam memang dapat menambah cita rasa pada makanan, namun jangan sampai dikonsumsi berlebihan. Banyaknya asupan garam yang masuk ke dalam tubuh akan mengganggu pengaturan keseimbangan cairan tubuh, sehingga ginjal mengurangi pembuangan urin dan berdampak pada meningkatnya volume darah karena kelebihan air. Kondisi tersebut akan membuat ginjal kelelahan, juga menyebabkan pembengkakan pada anggota gerak tubuh karena kelebihan air.

3. Konsumsi Gula Berlebihan

Bukan hanya garam saja yang dapat menyebabkan masalah pada ginjal, gula pun dapat memberikan efek yang sama meski tidak secara langsung seperti pada garam. Gula dapat memicu tekanan darah meningkat, dan hal ini akan berpengaruh terhadap performa ginjal dalam menjalankan fungsinya. Karena itu, mulailah untuk membatasi konsumsi gula agar kesehatan tubuh dapat terjaga.

4. Menahan Kencing

Hindari menahan air seni dalam waktu yang lama, karena air seni yang banyak mengandung bakteri dapat masuk kembali ke dalam ginjal. Selain dapat membentuk batu ginjal karena endapan mineral dalam air seni, hal ini juga dapat menyebabkan infeksi pada ginjal karena bakteri dapat berkembang biak di sana. Jika terus terjadi gagal ginjal dapat terjadi dan akan menjadi sulit untuk disembuhkan.

5. Malas Bergerak

Malas bergerak atau terlalu banyak melakukan aktivitas dalam posisi duduk akan membuat aliran darah menjadi kurang lancar. Selain itu, proses metabolisme glukosa dalam darah juga sangat rendah, dan secara tidak langsung kondisi tersebut akan mempengaruhi kinerja ginjal. Jadi, perbanyaklah aktivitas fisik dan lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan.

Gaya hidup buruk di atas mungkin sering kita lakukan secara tidak sadar, namun sebaiknya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting karena organ satu ini sangat berperan dalam proses pembuangan racun di tubuh.