Aktivitas Ini Dapat Menyebabkan Otak Anda Menjadi Kurang Sehat

339

Seperti yang anda ketahui bahwa kesehatan otak patut untuk dijaga dengan hati-hati, namun meskipun anda sudah berhati – hati tetap saja kadang – kadang ada sesuatu yang teledor membuat anda lengah lalu berpengaruh buruk terhadap kondisi otak anda.

Apa pendapat anda tentang organ tubuh bernama otak ?

Otak adalah salah satu organ tubuh yang memiliki sifat cukup kompleks dimana oragn tubuh ini rentan mengalami serangan penyakit, umumnya adalah serangan penyakit ganas semacam Kanker atau Tumor bahkan mati otak ! Kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan bahwa kondisi buruk mati otak atau dalam istilah medis dikenal dengan nama ‘brain death’ adalah kondisi dimana seluruh fungsi otak termasuk di dalamnya adalah batang otak mengalami hilang ingatan. Biasanya ini merupakan kondisi sangat buruk sekali yang sulit sekali untuk dikembalikan / ireversibel.

Nah karena otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia, apakah anda dapat membayangkan jika mengalami kondisi buruk yaitu otak mati ?

Otak sehat adalah otak yang mampu menjalankan fungsinya yaitu sebagai media untuk mengkoordinir kerja dari seluruh tubuh manusia. Dimana otak akan mampu menjaga tubuh agar tetap sehat dan masing-masing organ tubuh di dalamnya juga mampu bekerja dengan prima, begitu pula sebaliknya bahwa tubuh dan organ tubuh lainnya mampu menjaga otak agar tetap sehat sehingga sama-sama saling mendukung dan membantu.

Meskipun dalam kehidupan sehari-hari anda merasa yakin sudah menerapkan pola hidup sehat namun ternyata ada beberapa aktivitas yang rentan menyebabkan otak menjadi kurang sehat. Anda dapat membayangkan jika dibiarkan berlarut – larut maka kondisi dapat menjadi cukup parah, seperti yang kami jelaskan di atas adalah kondisi otak mati ! Berarti seluruh kegiatan tubuh juga dapat mati rasa. Banyak orang yang kurang menyadari bahwa beberapa kebiasaan buruk sehari – hari ada yang rentan membahayakan kesehatan otak.

Nah berikut di bawah ini kami berikan beberapa jenis kebiasaan buruk yang rentan menyebabkan otak anda menjadi kurang sehat.

  • Suka Begadang Yang Menyebabkan Anda Esok Pagi Menjadi Letik Dan Lemas Karena Kurang Tidur

Jika kondisi ini terjadi berlarut – larut maka akan menyebabkan anda terserang Penyakit Demensia, termasuk akar dari terjadinya Penyakit Alzheimer. Maka dari itu sangat penting untuk belajar mempunyai pola jam tidur yang sehat. Ketahui sejak dini bahwa anda memiliki masalah dengan tidur lalu cari penyebabnya apa ? Hindari minum alkohol yang berlebihan, terlalu kenyang dan kafein, serta mulailah untuk membuat / menjalani pola tidur yang mudah dilakukan dan mampu menenangkan pikiran sehingga anda dapat rileks lalu mudah mengantuk dan tidur.

  • Suka Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Anda yang suka mengonsumsi makanan cepat saji seperti Kentang/Keripik Goreng, Hamburger, dan jenis minuman ringan yang lainnya akan mempunyai masalah terhadap kesehatan otak yang berhubungan dengan kemampuan anda belajar, memori dan kesehatan mental. Nah dianjurkan untuk mengkonsumsi biji – bijian, sayuran berdaun hijau, dan kacang – kacangan yang mampu menjaga fungsi otak berjalan normal dan memperlambat terjadinya penurunan mental.

  • Kurang Aktif Dalam Bergerak

Jika anda adalah seseorang yang kurang suka dalam berolahraga maka besar kemungkinan anda akan terserang Penyakit Demensia. Atau rentan kena gejala awal Diabetes, Penyakit Jantung, dan Tekanan Darah Tinggi, yang pada akhirnya nanti terkena Alzheimer. Hindari melakukan olahraga berat saat ‘mood’ anda lagi menurun, dianjurkan untuk ‘jogging’ saja atau jalan – jalan santai keliling kota apabila anda sedang libur / cuti dari kantor. Lakukan olahraga ringan ini minimal 3 kali dalam seminggu.

  • Berlebihan Makan

Jika anda memiliki hobi makan dan suka melakukan kebiasaan makan secara berlebihan untuk jangka waktu yang cukup lama maka kebiasaan buruk ini akan menyebabkan anda rentan terserang kondisi kelebihan berat badan yang tentu saja membahayakan diri sendiri. Terlalu gemuk akan menyebabkan Penyakit Jantung, Diabetes, dan Tekanan Darah Tinggi yang mendekati masalah otak dan Penyakit Alzheimer.

  • Suka Berdiam Diri Di tempat Yang Terlalu Gelap

Apabila anda kurang suka berada pada suatu tempat yang terlalu terang, anda kemungkinan besar sedang mengalami Penyakit Depresi dimana kondisi ini memiliki pengaruh buruk dan bisa memperlambat kondisi otak yaitu terkait dengan pertumbuhan dan kinerja otak menjadi lamban. Riset juga mendukung penjelasan ini yaitu menerangkan bahwa sinar matahari terutama pada waktu pagi hari akan banyak membantu anda dalam menjaga kesehatan otak sehingga kinerja otak berjalan dengan bagus.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang rentan memicu kesehatan otak anda menjadi terganggu. Pencegahannya adalah dianjurkan yang rajin membaca buku, menyaksikan berita atau mengisi soal teka – teki silang yang ternyata banyak membantu anda terus aktif bekerja sehingga terhindar dari Penyakit Alzheimer.