Awas Kenali 6 Tanda Jantungmu Rusak ! Kondisimu Parah Jika Alami Tanda No. 6 !

178

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting, sehingga kita harus menjaga kesehatan jantung ini dengan baik. Sayangnya kebanyakan dari kita tidak mengetahui apa dan bagaimana ciri-ciri yang merupakan tanda bahwa jantung kita terganggu kesehatannya.

Kesehatan jantung memang menjadi syarat utama manusia untuk hidup, bagaimana tidak, ketika jantung berhenti 1 menit saja, bahkan 5 detik saja, tentu kehidupan manusia sudah sangat terancam. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung memang sangat penting. Untuk itu kenali 6 tanda berikut ini untuk mengetahui kondisi jantungmu.

1. Kelelahan yang luar biasa

Apakah kamu sering merasakan lelah yang luar biasa? Waspadalah jika iya, karena menurut Robert Segal, M.D., FAAC, Founder Manhattan Cardiology, seperti dikutip laman detik.com, bahwa merasa sangat lelah diluar kebiasaan dan secara tiba-tiba adalah sinyal lemahnya ventrikel bagian kiri, yang merupakan otot jantung yang berfungsi untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

2. Sesak napas

Hasil penelitian Circulation Research yang diterbitkan melalui Journal of the American Heart Association menyatakan bahwa 40% wanita menderita sesak napas sebelum terkena serangan jantung.  Jadi, apabila kamu mempunyai sakit sesak napas sebaiknya jangan melakukan kerja yang berat.

Melakukan kerja yang berat dapat membuat nafas menjadi lebih sedikit, ibarat ketika kamu melakukan kegiatan olahraga lari tentu lama kelamaan nafasmu akan terganggu bukan ? begitulah pula ketika kamu mengalami kelelahan maka sesak nafas akan muncul dan mengganggu diri mu.

3. Rasa cemas yang berlebihan

Kecemasan yang menjadi gejala serangan jantung adalah seperti sakit pada dada, nafas menyempit dan jantung berdebar. Terlebih jika hal tersebut terjadi saat kamu tidak dalam keadaan stress. Dan Dr Segal mengatakan, sebaiknya kita lebih memperhatikan soal hubungan kecemasan dan resiko penyakit jantung. Dikutip dari  halaman kompas.com

Ketika kamu mengalami rasa cemas takut mati yang berlebihan ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah kamu dapat melakukan rileksasi diri dengan melakukan yoga atau juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan terapi air putih, karena bagaimana pun air putih dapat membuat kamu menjadi lebih tenang.

4. Mual

Sebelum terkena serangan jantung, disebutkan dalam sebuah penelitian, bahwa penderita akan mengalami mual, muntah, pembengkakan pada area perut serta mengalami gangguan pencernaan yang cukup lama. Gejala ini kemungkinan lebih sering terjadi pada wanita dari pada pria.

5. Berkeringat

Jika kamu berkeringat bukan karena berolahraga, beraktivitas berat atau karena pengaruh cuaca yang sangat panas maka kamu harus waspada. Karena sering berkeringat tanpa sebab adalah salah satu tanda jantung tidak dalam keadaan yang baik. Sehingga jika kamu sering mengalami berkeringat tanpa sebab maka kamu patut untuk mewaspadai adanya gangguan pada jantungmu.

6. Pembengkakan tubuh

Perhatikan jika tiba-tiba ada bagian dari tubuhmu yang mengalami pembengkakan, kamu harus mewaspadai hal itu, apalagi jika yang mengalami pembengkakan adalah di bagian perut dan pergelangan kaki. Tapi bengkaknya bukan karena tertimpa suatu benda atau terkena pukulan. Dikutip dari laman liputan6.com, disebutkan bahwa pembengkakan itu terjadi karena penumpukan cairan pada tubuh akibat kerja dari jantung terganggu sehingga tidak mampu melakukan pemompaan dengan baik dan sirkulasi terganggu.

Perhatikan 6 tanda di atas dan waspadai jika itu terjadi pada dirimu, segeralah periksa ke dokter. Jangan tunda lagi, dan jangan melakukan tindakan gegabah seperti membeli obat sendiri di apotek, karena hanya dokter yang paling tahu dengan tepat bagaimana kondisi kesehatanmu.