5 Ciri-Ciri Ginjal Sehat dan Berfungsi dengan Baik

157

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting dan harus selalu dijaga kesehatannya, karena fungsinya sangat vital dalam mengeluarkan sisa metabolisme dan racun dalam tubuh. Jika ginjal bermasalah, maka tubuh akan mengalami penumpukan racun yang dapat mengganggu fungsi seluruh organ tubuh. Ginjal yang sehat memungkinkan setiap orang dapat beraktivitas dengan lancar, karena tubuh terbebas dari sisa metabolisme yang membahayakan kesehatan. Nah, berikut ini terdapat ciri-ciri ginjal sehat yang perlu untuk dipahami sehingga kita bisa lebih peka dengan kondisi ginjal dan selalu menjaga kesehatannya.

1. Warna Urin Bening

Salah satu tanda kalau ginjal sehat dan tidak mengalami masalah adalah dengan melihat warna urin yang bening, volume normal dan keluar dengan lancar. Jika sedang bermasalah, urin yang keluar bisa berwarna keruh, bahkan berbusa dan tercampur darah. Ginjal yang tidak sehat juga kerap ditandai dengan munculnya rasa sakit saat buang air kecil.

2. Tubuh Terasa Segar

Sebagai organ yang menyaring darah dan mengeluarkan racun dari tubuh, ginjal yang sehat akan memberikan dampak terhadap kebugaran tubuh. Saat ginjal berfungsi dengan normal, maka tubuh akan terbebas dari racun sehingga terasa lebih segar dan fit. Tubuh juga terasa nyaman saat dibawa beraktivitas, berbanding terbalik jika ginjal sedang bermasalah maka tubuh akan terasa mudah lelah.

3. Nafsu Makan dan Berat Badan Normal

Penyakit ginjal seringkali menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal ini membuat tubuh menjadi lemas, tidak bergairah dan terlihat sangat kurus. Sebaliknya, saat ginjal dalam keadaan sehat, maka nafsu makan tetao normal sehingga berat badan pun terjaga pada angka yang normal atau ideal.

4. Kondisi Kulit yang Normal

Kulit yang normal dan sehat akan terhindar dari ruam kemerahan dan rasa gatal, dan hal ini juga bisa sekaligus menandakan ginjal sedang dalam keadaan sehat. Jika ginjal sedang tidak berfungsi dengan baik, biasanya kulit akan terlihat kemerahan dan tak jarang disertai rasa gatal. Hal ini dikarenakan tubuh sedang berusaha untuk mengeluarkan racun dalam tubuh lewat pori-pori kulit akibat tidak dapat dikeluarkan melalui ginjal.

5. Tidak Mengalami Dehidrasi

Salah satu tanda ginjal sedang bermasalah atau mengalami gagal ginjal akut adalah tubuh yang mengalami dehidrasi meski sudah banyak minum. Hal ini disebabkan ginjal tidak mampu menyaring air yang masuk sehingga tidak bisa diserap oleh tubuh. Sementara itu, saat ginjal sehat, tubuh akan terhidrasi dengan baik selama mengkonsumsi air putih dengan cukup.

Nah, itulah ciri-ciri ginjal sehat yang sebaiknya selalu kita jaga. Ginjal yang sehat akan mendorong tubuh untuk menjadi lebih sehat karena sudah terbebas dari racun terutama dari limbah sisa metabolisme. Selalu terapkan pola hidup sehat agar kesehatan ginjal bisa tetap terjaga.