Home Featured Ini Dia Tips Untuk Kaki Yang Selalu Berkeringat Beserta Bahan Alami Untuk Mengatasinya

Ini Dia Tips Untuk Kaki Yang Selalu Berkeringat Beserta Bahan Alami Untuk Mengatasinya

by Syara

Mungkin ada diantara kita yang pernah atau bahkan sering mengalami masalah yang satu ini. Kaki berkeringat saat sedang memakai alas kaki.  Sayangnya berjalan kaki tanpa alas kaki untuk menghindari kaki berkeringat kadang kala tidak selalu menjadi solusi yang tepat.

Seperti dilansir dari Newhealthadvisor, berikut ini beberapa tips untuk menjaga agar kaki Anda terhindari dari keringat dan bau yang tidak sedap.

Cuci Kaki Tiap Hari

Cuci kaki Anda dengan air hangat dan sabun antibakteri. Hal ini akan mengurangi bakteri dan jamur di kaki yang menyukai kondisi kaki yang lembap.

Keringkan Kaki Anda

Selalu pastikan kaki Anda benar – benar kering sebelum mengenakan kaos kaki atau sepatu. Hal ini akan mengurangi potensi berkembangnya bakteri di kaki. Anda dapat menggunakan pengering rambut untuk memastikan kaki Anda benar – benar kering.

Bersihkan Kuku Kaki Anda

Pastikan kuku kaki Anda bersih dan terpotong. Bersihkan juga kulit tanduk pada bagian – bagian kuku kaki Anda. Kuku tanduk ini bisa menjadi lembab khususnya saat kondisi kaki atau sepatu Anda basah. Keadaan ini disukai bakteri kaki.

Kenakan Sepatu Yang “Bernapas”

Pilih jenis sepatu yang tepat untuk meminimalisir keringat di kaki Anda. Sepatu yang baik adalah sepatu yang memungkinkan aliran udara terus – menerus dan terbuat dari bahan seperti kanvas atau kulit.

Saat cuaca panas gunakan sandal atau sepatu yang ujungnya terbuka. Disarankan juga untuk tidak menggunakan alas kaki saat malam hari di rumah. Menggunakan sepatu berbeda tiap harinya juga disarankan untuk memastikan sepatu yang Anda kenakan sehari sebelumnya benar – benar kering.

Cuci Sepatu Secara Teratur

Cuci sepatu secara teratur untuk menghilangkan bakteri di sepatu Anda. Pastikan mencuci sepatu Anda setidaknya sekali dalam satu minggu. Gunakan sabun dan air untuk mencucinya dan pastikan untuk mengeringkannya sebelum memakainya.

Ganti Kaos Kaki Tiap Hari

Jangan pernah gunakan kaos kaki yang sama lebih dari sehari untuk mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau tak sedap pada kaki. Cuci kaos kaki Anda secara teratur dan ganti kaos kaki Anda saat telah basah. Selalu sediakan kaos kaki tambahan kemana pun Anda pergi.

Pilih Kaos Kaki Yang Menyerap

Pilih kaos kaki yang tepat yang terbuat dari bahan polyester dan material sintetik untuk memungkinkan aliran udara, penyerapan yang baik, dan menyerap kelembaban pada kaki Anda. Kaos kaki yang terbuat dari serat alami seperti bamboo pun merupakan pilihan yang baik.

 

Cara Alami Mengatasi Kaki Yang Sering Berkeringat

Aplikasikan Deodoran Antiperspirant

Selain ketiak, deodorant juga dapat digunakan pada kaki Anda. Aplikasikan deodorant pada kaki Anda sebelum memakai kaos kaki untuk mengurangi keringat. Sebelum membeli deodoran pastikan deodorant tersebut mengandung bahan aktif berupa Aluminium Zirconium dan Aluminium Chloride.

Tepung Jagung

Tepung jagung dapat berfungsi sebagai antijamur yang menjaga kaki tetap kering selama waktu tertentu. Anda dapat mengaplikasikan tepung jagung pada kaki Anda dengan mengoleskannya pada bagian bawah kaki sebelum memakai kaos kaki. Cara lainnya dengan menyebar tepung jagung pada sepatu untuk fungsi penyerapan.

Rendam Kaki Di Cairan Cuka Apel

Campurkan setengah gelas cuka apel dan satu liter air. Rendam kaki Anda pada cairan tersebut selama 15 menit untuk mengurangi keringat.

Aplikasikan Baking Soda Pada Sepatu

Baking soda membantu mengurangi keringat dan menghilangkan bau tak sedap. Saat sepatu sedang tak digunakan aplikasikan baking soda didalamnya. Anda juga dapat mengaplikasikan baking soda langsung ke kaki Anda.

You may also like