Home Featured Atasi Kemerahan Dan Bengkak Pada Jerawat Dengan Cara Ini

Atasi Kemerahan Dan Bengkak Pada Jerawat Dengan Cara Ini

by Syara

Kerap merasa terganggu dengan kemerahan dan bengkak saat sedang mengalami jerawat di wajah ? Jerawat memang kadang kala membuat frustrasi, cemas dan pada beberapa orang mempengaruhi kepercayaan diri. Faktanya, jerawat merupakan kondisi umum yang dialami banyak orang.

Ada banyak penyebab jerawat dan sering kali di luar kendali kita. Jika bermasalah dengan kondisi jerawat yang memerah dan bengkak, jangan khawatir, artikel berikut akan memberikan solusi yang mungkin berguna mengatasi masalah jerawat Anda.

Dilansir dari Healthfully, selama selang waktu tertentu dalam hidup kita kulit pada wajah, dada, punggung dan bahu menghasilkan lebih banyak minyak. Jerawat timbul saat sel kulit mati menutupi pori – pori kulit, sehingga minyak terjebak dan terjadi inflamasi.

Inflamasi di jerawat yang menyebabkan jerawat tampak memerah dan bengkak, kadang bahkan  terasa sakit jika disentuh. American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan beberapa hal untuk mengatasi jerawat yang terasa sakit.

Bersihkan Wajah Anda

Selalu bersihkan wajah Anda sebelum melakukan apapun itu. Pembersih yang sifatnya lembut sangat disarankan. Membersihkan wajah sebaiknya dilakukan dua kali sehari dengan air hangat. Hindari melakukan scrubbing karena dapat semakin memicu iritasi dan kemerahan. Pastikan produk yang Anda gunakan di wajah Anda bebas minyak dan nonkomedogenik.

Batu Es Membantu Atasi Bengkak

Jerawat yang membengkak dapat diatasi dengan menggunakan batu es. Bungkus batu es dengan menggunakan handuk kecil yang bersih dan tempelkan pada kulit selama lima menit. Jangan pernah mengaplikasikan batu es secara langsung ke kulit Anda. Selalu gunakan pembungkus bersih untuk batu es.

Benzoyl Peroxide

Obat – obatan untuk jerawat yang dijual bebas di pasaran yang mengandung benzoyl peroxide 2 persen dapat membantu mengatasi bakteri di kulit yang menyebabkan kemerahan dan bengkak. Namun dermatolog menyarankan penggunaan benzoyl peroxide dalam jumlah yang sedikit.

Kesabaran

Bersabarlah dalam mengatasi kemerahan dan bengkak pada jerawat Anda. Butuh waktu untuk mengatasinya.

Konsultasi Pada Dermatolog

Jika jerawat Anda masih bermasalah dengan kemerahan dan bengkak, maka berkonsultasi dengan dermatolog adalah langkah bijak yang dapat diambil. Seorang dermatolog mampu mengarahkan Anda untuk mendapatkan metode pengobatan yang lebih efektif. Menurut Canadian Medical Association Journal, eksaminasi klinis memungkinkan identifikasi kondisi yang lebih detail.

American Academy of Dermatology menyarankan tidak memencet jerawat yang memerah dan bengkak. Hal ini dapat menimbulkan bakteri lebih banyak pada kulit, merusak kulit atau bahkan membuat bengkak semakin parah. Memencet jerawat juga meninggalkan luka bekas jerawat.

American Acedemy of Dermatology juga menghimbau untuk tidak menggunakan pasta gigi pada jerawat. Bahan – bahan pada pasta gigi dapat memicu berkembangnya bakteri dan malah membuat jerawat semakin parah.

You may also like