Ussy Sulistiawaty Larang Anak Operasi Plastik, Kenali Resiko Bahaya Oplas

137

Anak sulung Ussy Sulistiawaty, Nur Amalia Putri yang merupakan anak angkatnya kerap mendapat ejekan dari warganet di media sosial terkait penampilannya. Body shaming kini tengah marak di tengah masyarakat modern dan Amel (panggilan puteri sulung Ussy) sering diejek yang kemudian akhirnya membuat Ussy mengunggah sebuah petuah yang ditujukan kepada sang anak.

Beberapa waktu lalu, Ussy mengunggah foto puterinya tersebut di akun Instagram pribadinya sambil menyertainya dengan tulisan panjang pada bagian caption. Ia berpesan kepada sang anak untuk tidak lakukan operasi wajah kalau sudah besar karena hidungnya sudah bangir, bibirnya sudah seksi, dan alisnya pun sempurna.

Sebagai orangtua, Ussy hanya minta anaknya tumbuh untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, berbakti kepada orangtua, menghormati guru, menyayangi saudara-saudaranya, memiliki pergaulan dengan teman-teman yang baik, menjadi manusia yang bertaqwa dan berguna untuk semua orang di sekitarnya. Tak salah dengan apa yang Ussy pesankan kepada sang anak mengingat ada banyaknya kasus remaja operasi plastik karena bully yang mereka pernah alami.

Tentu setiap keputusan akan tindakan medis tertentu menawarkan risiko bahaya. Dilansir dari Tempo, ini dia beberapa bahaya bedah plastik yang harus dikenali dan dipertimbangkan agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Infeksi – Potensi terjadinya infeksi jelas cukup besar, apapun jenis operasi bedah yang ditempuh. Meski kelihatannya ngeri, nyatanya generasi milenial tampak begitu siap dan bahkan cenderung membuka diri terhadap risiko ini.
  • Reaksi anestesi – Obat bius atau anestesi memang diperlukan pada prosedur bedah, namun jika pasien tak mengetahui kalau dirinya punya alergi terhadap anestesi, kesehatan bisa terganggu. Gangguan pada jantung, darah menggumpal, hingga kehilangan kesadaran bisa menjadi hasil reaksi yang terjadi.
  • Ketidakpuasan – Meski para dokter telah membahas mengenai risiko bahaya operasi plastik kepada para pasiennya, kerap kali usai menempuh tindakan ini pun banyak pasien yang tak puas juga dengan hasilnya. Hal ini dipicu oleh harapan pasien yang sebenarnya tak realistis seringkali.
  • Bekas luka – Memang tidak selalu ada bekas luka yang tertinggal pada tindakan operasi tertentu. Hanya saja, pada beberapa pasien operasi plastik bakal nampak bekas luka operasi yang terkadang memicu ketidaknyamanan dan rasa tidak percaya diri.

Operasi wajah sendiri untuk remaja maupun orang dewasa sama berisikonya sehingga sebaiknya pertimbangkan dengan baik berbagai bahayanya baik itu jangka pendek maupun jangka panjang bagi siapapun yang memiliki keinginan mengubah penampilan melalui operasi plastik.