15 Efek Samping Suntik Sedot Lemak pada Tubuh

901

Banyak hal dilakukan demi meningkatkan rasa percaya diri. Salah satunya adalah dengan membentuk badan menjadi ideal. Memiliki badan yang ideal memang menjadi nilai tambah tersendiri bagi orang tersebut. Oleh sebab itu banyak orang melakukan berbagai cara demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal tersebut. Dari mulai cara yang benar – benar sehat dan dianjurkan medis sampai dengan cara instan. Bahkan banyak orang juga yang rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan bentuk tubuh ideal tersebut. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan suntik sedot lemak. Suntik sedot lemak diyakini bisa memberikan efek terhadap bentuk tubuh yang ideal. Namun hal yang harus diketahui juga adalah masalah efek samping suntik sedot lemak pada tubuh. Mengetahui efek samping dari sebuah tindakan bisa meminimalisir resiko yang akan kita dapatkan. Beberapa efek samping suntik sedot lemak yang akan terjadi diantaranya adalah :

  1. Bisa mengakibatkan mati rasa
    Salah satu efek samping dari suntik sedot lemak adalah menyebabkan mati rasa. Mati rasa ini khususnya akan terjadi pada bagian bekas suntikan.
  2. Bisa menyebabkan masalah pada jantung dan ginjal
    Hal yang harus diketahui lainnya masalah suntik sedot lemak juga adalah cairan yang masuk ke dalam tubuh melalui suntikan tersebut bisa menyebabkan masalah pada jantung dan ginjal. Secara lebih jauh resiko ini bisa berujung pada kematian.
  3. Bisa membuat perut menjadi bergelambir
    Suntik sedot lemat juga bisa menyebabkan perut menjadi tidak rata dan bergelombang.
  4. Dapat menyebabkan infeksi
    Infeksi akibat suntikan sedot lemak juga mungkin saja bisa terjadi pada bagian kulit. Hal ini biasanya terjadi apabila area penyuntikan tidak steril
  5. Kerusakan organ internal
    Meskipun jarang terjadi, namun efek samping suntik sedot lemak juga bisa mengakibatkan kerusakan organ internal. Hal ini biasanya terjadi saat dalam proses penyuntikan mengalami kesalahan misalnya jarum suntik yang masuk terlalu dalam ke dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan organ internal.
  6. Bisa mengakibatkan hematoma
    Hal lain yang bisa menjadi efek samping dari suntik sedot lemak adalah munculnya hematoma Hematoma sendiri merupakan sebuah kumpulan darah dalam kondisi tidak normal yang berkumpul di luar pembuluh darah. akumulasi darah ini bisa dalam jumlah kecil ataupun besar dan bisa saja menyebabkan pembengkakan. Hematoma ini terjadi apabila terjadi luka pada dinding pembuluh darah kia. Pada dasarnya pembuluh darah memang bisa memperbaikin diri sendir bila terluka. Tetapi jika luka pada pembuluh darah besar dan terkena tekanan hebat serta kerusakan dinding pembuluh darah luas maka darah akan bocor melalui dinding pembuluh darah yang rusak. Hal ini lah yang akan membuat hematoma menjadi lebih parah.
  7. Bisa menimbukan abses
    Efek samping suntik sedot lemak lainnya yaitu adalah bisa menibulkan abses. Abses sendiri merupakan kumpulan dari nanah yang berkumpul pada satu titik pada bagian tubuh. Abses sendiri merupakan sebuah reaksi alami dari dalam tubuh sebagai bentuk perlawanan dari sistem kekebalan tubuh terhadap sebuah infeksi yang menyerang tubuh. Reaksi ini dilakukan oleh sel darah putih. Sel ini akan bergerak melalui pembuluh darah dan berkumpul pada daerah yang memiliki kerusakan. Proses ini lah yang pada akhirnya menghasilkan nanah. Nanah itu sendiri terdiri dari sel darah putih yang masih hidup ataupun sudah mati, jaringan yang mati, dan juga bakteri. Abses sendiri bisa menyebabkan peradangan dan juga pembengkakan pada daerah tersebut.
  8. Bisa mengakibatkan nekrosis
    Efek samping lainnya dari suntik sedot lemak adalah bisa mengalami nekrosis. Nekrosis sendiri merupakan sebuah kelainan pada sel yang mengakibatkan kematian pada sel – sel jaringan tertentu. Nekrosis ini memang disebabkan oleh berbagai faktor eksternal seperti infeksi, racun, ataupun trauma. Nekrosis akibat suntik sedot lemak biasanya terjadi dan mengakibatkan kematian jaringan kulit pada area suntik.
  9. Menyebakan hiperpigmentasi
    Suntik sedot lemak juga bisa mengakibatkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi sendiri merupakan sebuah kondisi pada kulit yang biasa nya disebabkan oleh meningkatnya zat melanin pada tubuh. Hiperpigmentasi ini akan menyebabkan seseorang memiliki warana kulit yang tidak normal

Selain berbagaiefek samping yang telah disebutkan diatas, efek samping lain dari suntik sedot lemak yang bisa saja terjadi adalah

  1. Timbul bintik – bintik pada bagian bekas suntikan yang sulit dihilangkan bahkan bisa bersifat permanen
  2. Infeksi dari mikrobakteri. Bakteri ini bisa saja menyebakan infeksi paru – paru dan juga bisa menjadi penyebab TBC
  3. Gatal
  4. Sensasi seperti terbakar
  5. Perih pada area suntikan
  6. Pembengkakan pada area suntikan

Beberapa efek samping seperti  gatal, nyeri, atau perih biasanya hanya terjadi saat proses penyuntikan saja sampai beberapa hari setelah proses penyuntikan dan akan hilang. Beberapa efek samping seperti memar dan bengkak juga biasanya akan hilang dalam hitungan minggu. Namun beberapa efek samping juga ada yang terjadi sangat lama dan juga bisa saja permanen.

Suntik sedot lemat memang bisa memberikan efek yang instan. Namun lebih baik anda berkonsultasi secara baik dengan dokter yang ahli dalam masalah ini sebelum melakukan tindakan ini.