Home Penyakit dan KelainanUsus Buntu 17 Pemulihan Pasca Operasi Usus Buntu Pecah Perlu Dilakukan

17 Pemulihan Pasca Operasi Usus Buntu Pecah Perlu Dilakukan

by Erlita

Usus buntu adalah suatu jenis kondisi peradangan yang menyerang apendiks di mana ini adalah istilah lain bagi usus buntu itu sendiri. Ketika rasa sakit timbul di perut tapi di sebelah kanan bagian bawah, kemungkinan besar maka seseorang mengalami usus buntu. Namun, penyakit ini bukanlah kondisi kesehatan yang dapat diremehkan sebab dapat berisiko pecah.

Saat usus buntu sudah telanjur parah dan pecah, maka beberapa gejala inilah yang akan dirasakan oleh penderita:

  • Demam
  • Saluran pencernaan teriritasi.
  • Bengkak pada perut.
  • Nyeri pada perut.

Apabila 24 jam pertama pasca kemunculan tanda awal usus buntu tak ditangani dengan segera, usus buntu berisiko pecah. Jadi intinya, semakin lama dibiarkan maka risiko pecah akan semakin tinggi apalagi 48-72 jam sesudah mengalami gejala awal. Operasi adalah jalan terbaik untuk bisa mengangkat usus buntu yang pecah agar infeksi tak makin menjadi-jadi di perut. Lalu, adakah pemulihan pasca operasi usus buntu pecah yang perlu dijalani oleh pasien?

  1. Rajin Minum Obat Resep Dokter

Pasca operasi, biasanya dokter akan memberikan obat khusus peringan rasa nyeri atau obat khusus penahan rasa sakit. Obat ini perlu pasien konsumsi teratur supaya khasiatnya bisa dirasakan. Selain itu, resep jenis antibiotik tertentu bertujuan untuk menghindari infeksi luka operasi juga diberikan oleh dokter di mana Anda bisa gunakan sesuai anjuran dokter.

  1. Istirahat Cukup

Apapun jenis pembedahan yang ditempuh, penting untuk mengambil waktu istirahat yang cukup karena istirahat dengan baik akan mendukung pemulihan lebih cepat. Pasca operasi usus buntu pecah, pasien belum boleh melakukan aktivitas terlalu banyak dan berat, jadi sebaiknya memang waktu yang ada Anda pergunakan untuk istirahat sampai pulih betul.

  1. Minum Air Putih Banyak

Mengonsumsi banyak air putih adalah salah satu cara pemulihan pasien usus buntu pecah yang sudah dioperasi. Air putih bukan hanya menjadi solusi bagi bahaya dehidrasi, melainkan juga kecukupan cairan dalam tubuh bakal menjadi pencegah sembelit pasca operasi. Minumlah 8-10 gelas setiap hari supaya tubuh tetap segar juga.

  1. Makan Makanan Lunak

Selama masa pemulihan, agar berjalan dengan baik, pasien perlu untuk membuat kinerjal saluran pencernaan lebih ringan. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan lunak yang tak memberatkan proses pencernaan. Contoh mkanan lunak yang bisa dikonsumsi secara rutin beberapa hari pasca operasi adalah:

  • Nasi lembek
  • Bubur
  • Oatmeal
  • Perkedel
  • Tahu
  • Telur rebus
  1. Tidak Mengenakan Pakaian dari Bahan Kasar

Sehabis menempuh operasi usus buntu pecah, perlu juga untuk memerhatikan apa yang Anda kenakan sehari-hari. Hindarilah pakaian-pakaian dengan bahan kasar sebab luka operasi yang belum pulih tentu akan mengalami gesekan yang bisa berisiko menimbulkan rasa sakit atau perih sebagai efek samping operasi usus buntu.

  1. Tidak Mengenakan Pakaian Ketat

Selain mengenakan pakaian berbahan kasar, pakaian ketat pun sebaiknya tidak dipakai dulu jika sehabis operasi. Anda perlu mengenakan pakaian longgar dengan bahan yang nyaman dan lembut supaya tidak menekan dan tergesek-gesek di bagian luka operasi.

  1. Mengonsumsi Buah

Buah adalah sumber makanan sehat bernutrisi yang mampu membantu pemulihan pasca operasi usus buntu. Namun, pastikan bahwa buah yang diasup adalah buah bertekstur lembut sehingga tak memberatkan kinerja pencernaan. Contoh buah yang bisa dan sebaiknya Anda nikmati pasca operasi antara lain adalah:

  • Pepaya
  • Alpukat
  • Jeruk
  • Melon
  1. Mengonsumsi Yogurt

Konsumsi yogurt adalah salah satu cara memulihkan diri dari operasi usus buntu yang sudah pecah. Sewaktu lukas bekas operasi telah sembuh dan kering, masa pemulihan Anda dapat didukung dengan konsumsi yogurt, yakni sumber probiotik yang baik. Karena kandungan bakteri baiknya tinggi, tentu usus akan terbersihkan secara sempurna di mana bakteri jahat pengganggu pencernaan akan hilang.

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Pada area bekas luka operasi, pastikan Anda menjaga kebersihannya dengan sangat baik dan setiap sehabis mandi, Anda bisa menjaga supaya kondisinya tetap kering. Konsultasikanlah dengan dokter tentang bagaimana petunjuk yang benar saat mandi supaya luka operasi tidak kena basah.

Itulah beberapa cara pemulihan pasca operasi usus buntu pecah yang bisa Anda lakukan selama di rumah. Semoga bermanfaat dan luka operasi Anda sembuh dan kering sempurna.

You may also like