15 Pantangan Setelah Operasi Kelenjar Tiroid Yang harus Dihindari

Kelenjar tiroid merulakan kelenjar yang memiliki bentuk yang cantik, yaitu bentuj seperti kupu-kupu. Taukah kamu bahwa kelenjar tiroid ini memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu kesehatan kelenjar tiroid sangat perlu untuk dijaga. Kelenjar tiroid ini memiliki fungsin yang beragam. Mulai dari mengontrol berat badan, metabolisme tubuh, suhu tbuh, denyut pada tubuh serta tiroid juga dapat membantu proses pertumbuhanmaka dari itu sangat penting untuk menjaga kelenjar tiroid ini. Salah saty menjaga kelenjar tiroid adalah dengan mengindari berbagai pantangan kelenjar tiroid. Adapun beberapa pantabgan kelenjar tiroid meliputi

1. Jangan stress

Penyebab yang kadang tidak terduga yang menyababkan kelenjar tiroid mengalami masalah adalah karena sering merasa stress atau memiliki masalah yabg sangat banyak. Hal ini dapaf mempengharuhi kerja dari kelenjar tiroid. Jika seorang yang menderita stress pada saat setelah operasi kelenjar tiroid mengalami ciri-ciri stress yang berlebihan tentu perlu diwaspadai. Hal ini agar stress tidak aka mengaggu penyembuhan kelenjar tiroid yang telah di operasi.

2. Makanan yang mengandung banyak kolesterol

Ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh. Ada kolesrerol baik dan kolesterol jahat. Maka yang harus dihibdari disini adalah kplesterol jahat. Karena kolesterol tinggi yang jahat dapat membuat tubuh terserang pnyakit kolesterol yang juga akan menyebabkan penyakit lain seperti darah tinggi dan lain sebagainya

3. Makanan yang mengandung lemak

Tidak hanya makan yang mengandubg kolesrerol saja yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan tiroid. Melainkan mengubdari makan berlemak pun dapat mmbuat kelenjar tiroid ada dalam bahaya. Meskipun demikian bukan berarti tidak boleh mengkonsumsinya. Hanya saja perlu batas-batas ketika hendak mengkonsumsinya

4. Makanan pedas

Makanan yang pedas bila itu dari cabai sebenarnya sangat baik karena dapat untyk memberukan asupan vitamin C. Namun pada lenyataannya mengkonsumsi terlalu banyak cabai pun tidak baik karena akan menganggu kesehatan hormon pada kelenjar tiroid tersebut. Bahaya makanan pedas tidak hanya berbahaya bagi mereka yang telah melakukan operasi tiroid, tetapi bagi ibu hamil pun akan berbahaya.

5. Minuman kopi

Minuman yang banyaj mengandung kafein pun tidak lah baik untuk kesehatan kelenjar tiroid. Maka dari itu sebisa mungkin batasi pulaa penggunaan atau pengkonsumsian kopi ini. Bagi mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi kopi tidaklah sehat. Bahaya kopi bagi kesehatan perlu diwaspadai apalagi yang telah merakuan operasi.

6. Minuman yang memiliki kandungan alkohol

Sejatibya tidak hanya kelebjar tiroid saja yang akan bermasalah ketika mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol namun hampir semua komponen yang ada di dalam tubuh dapat mengalami masalah jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung alkohol. 


7. Makanan berbahan kimia

Pada era kids jaman now ini banyak sekali makanan makanan yang kini mengandung bahan kimiaa. Meskipun makanan tersebut terasa enak dan lezat tetap saja tidak bolehh dikonsumai secara berlebihan karena akan menganggu proses kerja tubuh. 

8. Junk food

Tidak terlalu berbeda dengan makanan yang mengabdung banyak bahan kimia. Makanan junk food ini pun tidak baik jika terus terusan dikonsumsibtanpa diimbangi dengan makanan sehat yang dapat menjaga metabolisme tubuh dengan baik. Perlu dikahui bahkan bahaya junk food bagi kesehatan tidak hanya bagi orang yang tengah melakukan operasi, tetapi bagi mereka yang sering mengkonsumsi junk food tentu akan mengalami bahaya.

9. Makanan yang mengandung banyak pengawet

Begitu pula debgan jenis makanan yang satu ini. Makanan ini pun harus dihibdari agar kelenjar tiroid terus dapat bekerja dengan normal.

10. Minuman bersoda

Minuman yang banyk mengandung soda jika lama kelamaan dikonsumsi terus menerus tentu akan menjadi pemicu adanya kelainan pada kelenjar tiroid. Maka dari itu minuman berdoda menjadi salah satu pantangan agar tidak dikonsumsi berlebihan.

11. Gorengan

Gorengan adalah makanan yabg kini kerap dijadikan camian. Selin rasanya yang enak, gorengan dapat mengenyangkan dan mudah ditemukan.

12. Jerohan

Jerohan pada hewan hampir banyak disukai oleh beberapa orang. Padahal sehrusnya jerohan tidak boleh banyak dikonsumsi karena mengandung banyak lemak dan kolesterol yang dapat membuat tubuh menjadi tidak vit.

13. Makanan panas

Selain makanan pedas yng dilarang. Makanan panas pun tidak boleh dikonsumsi secara langsung. Paling tidak tunggulah panas tersebut mebjadi hangat

14. Minuman es

Boleh saja mengkonsumsi es, tetapi jangan terlalu banyak karena dapat membuat kelenjar tiroid berada dalam masalah. Maka dari itu konsumsilah secukupnya saja.

15. Obat obatan

Bagi kamu yang sering mengkonsumsi obat, harus mengetahui bahwwa tidak boleh terlalu banyak mengkonsumai obat. Atau dalam kata lainkurangi obat obatan. Karena dapat membuat kelenjar tiroid bermasalh..

Itulah beberapa pantangan kelenjar tiroid yang harus diwaspadai. Jangan sampai pantangan tersebut terlalu banyak dikonsumsi karena jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan penyakit pada kelenjar tiroid.

, ,
Oleh :
Kategori : Tiroiditis