Pahami Gejala Stres dan Cara Mengatasinya Paling Tepat

522

Stres merupakan segala hal tentang apa yang anda rasakan ketika anda bereaksi terhadap tekanan apakah itu dari dunia luar seperti anda sedang berbelanja di pasar / mall dan warung dimana tempat berkumpulnya banyak orang, dunia sekolah, dunia kerja, kumpul dengan anggota keluarga dan teman – teman. Atau dapat dari diri anda sendiri. Stres bisa menyerang semua umur termasuk kelompok remaja. Namun jangan terlalu khawatir karena ini bisa juga disebabkan adanya reaksi tubuh guna melindungi diri sendiri terhadap tekanan – tekanan emosional atau fisik dalam keadaan darurat atau rentan membuat anda terkena stres.

Apakah Penyakit Yang Muncul Karena Stres Pada Remaja Merupakan Penyakit Biasa – Biasa Saja ?

Kondisi buruk yang menimpa anda dengan tiba – tiba meskipun masih dalam usia remaja sangat mudah menyebabkan munculnya perasaan bingung sehingga anda kurang mampu untuk mengendalikan rasa jengkel dan frustasi. Untuk jangka waktu lama ke masa depan anda rentan terserang rasa sedih dan stres, contohnya adalah tekanan – tekanan untuk menjadi peringkat terbaik di luar kemampuan anda saat ini sehingga dari sini akan muncul sebuah reaksi yang justru menciptakan kondisi baru dimana anda akan mulai mengkritik / mencela diri dan akhirnya merasa sangat sedih, gelisah dan kondisi kurang menyenangkan lainnya seperti masa depan anda menjadi buram.

Apa yang akan anda lakukan ?

Berusahalah untuk selalu mampu berpikir positif, dan tidak ada yang terbaik dapat anda lakukan untuk bisa merubah kondisi di bawah menjadi normal kembali. Meskipun demikian, anda dapat melihat tips – tips di bawah ini untuk pengendalian diri yang kami rangkum dari berbagai sumber berita sebagai berikut :

Gejala awal anda terkena sakit stres adalah :

  • Mulai merasa mudah lelah, merasa bersalah, tidak tenang dan mengalami depresi.
  • Sering menderita sakit kepala, sakit perut dan gangguan tidur.
  • Suka tersenyum / tertawa dan kadang – kadang menangis tanpa sebab akibat.
  • Suka menyalahkan orang lain terhadap kondisi buruk yang terjadi di lingkungan dimana mereka sedang berada.
  • Hanya mampu melihat sisi terburuk dari kondisi yang sedang terjadi.
  • Perasaan sebelumnya adalah tentang hal – hal yang menyenangkan justru sekarang menjadi suatu beban.
  • Kadang – kadang marah kepada orang lain.

Hal – hal lainnya yang membantu melawan stres adalah sebagai berikut :

  • Makan makanan sehat yang seimbang secara teratur setiap hari.
  • Kurangi minuman mengandung kafein tinggi.
  • Istirahatlah yang cukup.
  • Olahraga yang teratur dan melakukan aktifitas fisik lainnya.

Bagaimanakah anda bisa mengatasi rasa stres ?

1/Berusahalah untuk mencari seorang teman / anggota keluarga guna curhat. Apabila anda merasa kesulitan dalam melakukan cara ini maka beranilah untuk membicarakan kepada orang luar tentang kondisi yang anda anggap buruk sedang mengganggu pikiran. Orang luar tersebut adalah bisa seorang penasehat spiritual / ulama, konsultan sekolah atau dokter ahli jiwa.

2/Hindari untuk melakukan komitmen kepada diri sendiri tentang segala sesuatu yang kurang mampu anda lakukan saat ini / tidak ingin anda lakukan. Apabila anda terlalu sibuk maka hindarilah berjanji dengan siapa pun guna melaksanakan sesuatu hal untuk keperluan orang lain. Apabila kondisi anda berada pada titik jemu / jenuh maka segera beritahukan kepada teman terdekat / anggota keluarga bahwa anda tidak mampu melakukan, mungkin dilain waktu bisa.

3/Istirahatkan diri anda.

4/Semampu anda kendalikan diri dan kerjakan apa saja yang mampu untuk anda lakukan saat ini.

5/Susun daftar yang membuat anda merasa mudah stres. Lalu berpikir tentang keluarga terdekat, teman – teman, dan aktifitas / kegiatan yang sedang anda lakukan. Anda harus dapat menyadari bahwa anda akan tidak mampu untuk mengontrol hal – hal terhubung dalam daftar list anda sehingga perlu menenangkan diri. Anda bisa mengendalikan bagaimana anda bereaksi terhadap hal – hal tersebut dan merasakan tentang sesuatu adalah hasil dari cara pola pikir anda terhadap kondisi tersebut.