Home Penyakit dan KelainanSindrom Kaki Gelisah 6 Cara Menghilangkan Sindrom Kaki Gelisah Secara Alami dan Medis

6 Cara Menghilangkan Sindrom Kaki Gelisah Secara Alami dan Medis

by Henny Anugerah

Sindrom kaki gelisah dapat mudah menyerang pada orang yang memiliki garis keturunan sindrom dari kedua atau salah satu orangtuanya, Meskipun pada kenyataanya sindrom ini dapat pula menyerang orang orang umum yang tidak memiliki gen sindrom kaki gelisah.

Pencegahan

Pada dasarnya alasan yang memicu munculnya masalah sindrom kaki gelisah  sebenarnya belum secara pasti diketahui. Para ilmuwan dan dokter di dunia telah mengamati selama puluhan tahu jika kasus sindrom kaki gelisah ini ada kaitannya dengan genetik dan pengaruh gaya hidup yang condong sebagai pencetus awal yang memicu munculnya kasus sindrom kaki gelisah.

Untuk tindakan pencegahan hendaknya menerapkan cara cara berikut :

  1. Pola makan- Untuk mengatasi sindrom kaki gelisah adalah dengan memperbaiki pola makan agar menjadi berkualitas, Misalnya memperbanayak makanan yang mengandung zat besi super tinggi, Mengandung asam folat dan vitamin lainnya. Karena nutrisi pada makana berperan pentng untuk menjaga dan melindumfi fungsi saraf saraf diseluruh tubuh termasuk pada saraf saraf kaki.
  2. Mengendalikan stres – Hindari stres yang terus menerus dan  Berkepanjangan . Kondisi tersebut dapat mengakibatkan terkena penyakit akibat stres yang berlebihan salah satunya munculnya perubahan prilaku pada penderitanya hingga kasus mencederai diri sendiri. Stres adalah salah satu pemicu munculnya kerusakan pada saraf saraf ditubuh termasuk pada saraf kaki.
  3. Gaya hidup – Hindari kebiasaan  merokok yang berlebihan karena dapat mengakibatkan munculnya bahaya tar pada rokok , Jauhi minuman beralkohol, Cukup minum air putih dan memiliki kualitas tidur yang cukup baik , Misalnya memiliki waktu tidur yang baik yaitu antara 7 sampai 8 jam setiap  malam untuk orang dewasa.
  4. Obat obatan – Mengkonsumsi obat obatan warung yang berlebihan dan tanpa aturan dapat memicu kemunduran fungsi saraf saraf disekitar kaki yang nantinya beresiko menyebabkan kerusakan yang akhirnya mengacu pada sindrom kaki gelisah. Mengkonsumsilah obat tanpa resep dokter dengan bijak tetapi bagaimanapun juga  lebih baik dengan anjuran dokter yang telah disesuaikan dengan kondisi medis tubuh anda agar benar benar aman dan terhindar dari gejala sindrom kaki gelisah.

Cara Mengatasi

Cara menghilangkan sindrom kaki gelisah yang belum parah dengan mudah dan tanpa efek samping .

  1. Psikoterapi –  cara mengatasinya bisa dengan psikoterapi yang bias dijadikan salah satu cara menghilangkan sindrom kaki gelisah yang ringan.
  2. Kaus kaki  – Cara menghilangkan sindrom kaki gelisah yang paling sederhana tetapi ampuh adalah menggunakan kaus kaki selama sindrom berlansung atau sampai malam hari menjelang tidur akan sindrom cepat dikendalikan atau dihentikan.
  3. kaki direndam air hangat –  Salah satu cara menghilangkan sindrom kaki gelisah yang juga sederhana adalah dengan  cara merendamkan kedua kaki dalaam baskom lebar yang sebelumnya telah di masukkan air hanat untuk kemudian dipijat-pijat secara perlahan lahan.
  4. Terapi air hangat- Tubuh dalam kondisi yang rileks dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk cara menghilangkan sindrom kaki gelisah misalnya dengan berjalan jalan, Terapi air hangat, Misalnya mandi air hangat. Air hangat dapat menstimulasi aliran darah menjadi lebih lancar, Mengendurkan ketegangan otot dan memperbaiki saraf saraf agar kembali pada kondisi terbaiknya.

Cara menghilangkan sindrom kaki gelisah dengan tindakan medis/dokter :

  1. Penggunakan obat tertentu – Jika ternyata cara alami  sudah banyak dilakukan namun keluhan terus muncul dan perubahan tidak muncul secara signifikan maka anda bisa berkonsultasi dan berobat pada dokter terkait dimana nantinya pasien akan diberikan obat obatan tertentu yang tujuannya untuk meredakan sindrom dan menyembuhkannya secara bertahap . 
  2. Bedah saraf  – Dokter akan menyarankan tindakan operasi pada saraf  atau bedah saraf jika kondisi saraf  sudah sedemikian parah. operasi yang dilakukan adalah pada bagian saraf tertentu di otak yang tujuannya untuk menyembuhkan sindrom. Operasi akan dilakukan pada bagian tertentu di jaringan otak untuk menyembuhkan sindrom kaki gelisah atau dengan operasi yang dilakukan dengan cara stimulasi yaitu diletakkan sebuah kawat kecil di otak lalu diberikan stimulasi berupa dopamin normal agar rasa nyeri, Geli, Sensasi panas seperti terbakar dan rasa kesemutan menjadi hilang.

You may also like