5 Efek Sakit Jantung Pada Tubuh Jika Semakin Parah

167

Penyakit jantung termasuk penyakit pembunuh nomor satu di dunia, dan seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Penyakit jantung merupakan gangguan kesehatan pada jantung, baik pada katup, bilik, pembuluh darah, otot jantung hingga detak jantung. Penyakit ini sangat berbahaya karena jantung merupakan organ yang penting dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika fungsinya terganggu, maka distribusi darah dan oksigen ke organ lainnya menjadi bermasalah dan menimbulkan efek yang lebih parah.

Beberapa penyebab seseorang mengalami penyakit jantung adalah tingginya tekanan darah dan kadar kolesterol, obesitas, merokok, mengkonsumsi alkohol dan kurang melakukan aktivitas fisik. Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab jantung sering nyeri dan membutuhkan pertolongan sesegera mungkin. Jika penyakit jantung bertambah parah, beberapa efek penyakit jantung berikut ini mungkin akan muncul.

1. Angina

Angina dapat menyebabkan rasa nyeri yang begitu hebat di dada, akibat otot jantung tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Karena otot jantung kekurangan oksigen, maka akan muncul rasa seperti terpelintir dan tekanan yang kuat di dada. Angina dapat terjadi secara tiba-tiba, namun juga bisa terjadi karena seseorang baru menyelesaikan aktivitas fisiknya yang cukup berat.

2. Penyakit Arteri Perifer

Arteri perifer merupakan pembuluh darah arteri yang berada di bagian tubuh yang paling ujung seperti jari tangan dan kaki. Pembuluh darah ini juga dapat mengalami penyumbatan seperti halnya pembuluh darah besar. Jika seseorang mengalami penyakit jantung, maka besar kemungkinan jantung tidak mampu memompa darah hingga ke ujung pembuluh darah. Akibatnya, muncul rasa nyeri dan yang paling sering terjadi adalah di bagian kaki saat digunakan untuk berjalan.

3. Serangan Jantung dan Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan ketidakmampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sementara serangan jantung merupakan kematian sel jantung baik sebagian atau seluruhnya karena tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Keduanya merupakan efek yang paling sering terjadi pada penderita penyakit jantung, dan butuh penanganan segera jika ini terjadi untuk mencegah kematian mendadak.

4. Penyakit Stroke

Saat jantung tidak mampu memompa darah dengan optimal, maka gumpalan darah akan sangat mudah terbentuk. Hal ini menyebabkan pembuluh darah tersumbat, dan jika terjadi pada pembuluh darah yang menuju ke otak, dapat menyebabkan penyakit stroke. Hal ini menjadi tanda sakit jantung sudah semakin parah.

5. Aneurisma

Kondisi ini merupakan gejala awal sakit jantung yang dapat menyebabkan pembengkakan arteri. Jika pembuluh darah arteri yang tersumbat sampai pecah, maka akan menimbulkan pendarahan internal dan memicu kematian. Aneurisma dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, namun lebih sering terjadi di area kepala.

Itulah beberapa efek penyakit jantung yang sangat berbahaya dan wajib diwaspadai karena dapat menimbulkan dampak buruk jika diabaikan. Lebih baik kita mencegah penyakit jantung dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga, sebelum penyakit tersebut menyerang dan dapat merenggut nyawa penderitanya kapan saja.