Home Penyakit dan KelainanPenyakit Ginjal Kenali 9 Ciri-Ciri Batu Ginjal Keluar dari Tubuh

Kenali 9 Ciri-Ciri Batu Ginjal Keluar dari Tubuh

by Lia Yuliana

Batu ginjal merupakan kondisi dimana terdapat batu-batu seperti krikil di dalam ginjal. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal. Batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena bebearpa faktor. Batu ginjal ini terbentuk dari sias zat-zat atau limbah yang ada di dalam darah, yang dipisahkan langsung oleh ginjal, dan kemudian zat – zat tersebut mengendap sehingga seiring berjalannya waktu ia akan berubah menjadi mengkristal.

Batu ginjal biasanya bertempat di saluran kemih, sehingga beberapa tanda-tandanya adalah merasakan sakit ketika hendak buang air kecil maupun buang air besar. Tidak hanya itu seorang yang menderita penyakit batu ginjal biasanya mengalami perubahan warna urine menjadi lebih pekat. Urinya pun hanya sedikit. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi carian.

Adapun beberapa penyebab yang menjadi penyebab Batu Ginjal adalah

  • Kalsium dalam tubuh hanya sedikit
  • Mengalami sakit pada perut
  • Merasa sakit pada daerah punggung
  • Warna urine berubah
  • Sakit saat buang air kecil
  • Kurangnya mineral dalam ginjal
  • Sering menahan buang air kecil
  • Mengalami flu atau demam
  • Saat buang air kecil megnalami pendarahaan
  • Adanya inflamasi usus
  • Faktor Keturunan
  • Terjadi infeksi Saluran Kemih

Itulah beberapa penyebab terjadinya kristal – kristal yang mengendal di dalam ginjal atau disebut dengan penyakit batu ginjal. Kondisi ini akan menyulitkan bagi mereka yang mengalami batu ginjal. Karena sakit yang dirasakan akan terus dirasakan sampai batu ginjal tersebut keluar.

Adapun Ciri-ciri dari batu ginjal yang keluar dapat kamu simak dibawah ini

Ciri-Ciri Batu Ginjal Keluar

1. Saat Kencing sudah tidak merasakan Sakit

Batu ginjal biasanya berada di daerah saluran kemih, hal ini tentu akan menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit ketika hendak buang air kecil. Namun ketika batu ginjal tersebut sudah keluar tentu  rasa sakit pada saat buang air kecil sudah tidak akan dirasakan lagi.

2. Bagian Perut bawah lebih terasa rileks

Perut bagian bawah terutama bagian kanan akan menjadi ciri-ciri apakah ginjal sehat atau tidak. Biasanya pada ginjal yang tidak sehat perut ini akan lebih sering merasakan sakit. Oleh karena itu harus segera ditangani dengan benar. Cara penanganan ginjal pun tidak hanya dengan menggunakan obat tetapi juga dengan memaksimalkan konsumsi makanan yang sehat untuk ginjal.

3. Badan Menjadi lebih sehat

Badan saat sakit tentu akan merasakan lemas dan tidak berdaya. Jika batu ginjal telah keluar itu artinya badan akan sehat kembali. Meskipun tidak langsung merasakan sehat. Karena setiap penyembuhan memerlukan proses. Jadi ketika proses tersebut telah selesai maka ginjal ini akan lebih baik dan tubuh pun akan merasa lebih sehat.

4. Perut terasa ada benjolan yang turun ke kandung kemih

Menurut beberapa cerita teman yang mengalami batu ginjal, ketika mereka melakukan urut ke dukun urut, mereka merasakan perubahan pada ginjalnya. Batu ginjal yang ada di dalam ginjal tersebut akan terasa kebagian bawah kandung kemih

5. warna urin menjadi lebih cerah

Bagi para penderita batu ginjal melakukan tes urin sangat penting, fungsi tes urin adalah untuk mengetahui kadar protein dalam urin, urin mereka akan cenderung lebih pekat warnanya, hal ini disebabkan karena fungsi dari ginjal tidak berfungsi dengan maksimal. Untuk itu salah satu tanda jika ginjal mengalami kelainan adalah urinnya menjadi lebih gelap. Tetapi jika urine tersebut sudah lebih terang warnanya ini bisa menjadi indikasi bahwa batu ginjal yang ada di dalam tubuh sudah hilang atau berkurang.

6. Daerah punggung sudah tidak merasakan sakit lagi

Punggung yang sakit banyak hal yang menyebabkan punggung yang sakit, memang salah satunya adalah karena terdapat kristal krisatal yang menumpuk pada ginjal yang menyebabkan kondisi pasien mengalami batu ginjal. Tentu hal tersebut sangat memengaruhi kesehatannya. Untuk itu jika salah satu tanda mereka terkena ginjal adalah punggung sakit. Jadi jika punggung sudah tidak sakit lagi maka sudah tidak terdapat batu ginjal di dalam ginjal. Atau dalam artian batu ginjal telah keluar.

7. Kencing sudah tidak disertai nanah

Kencing yang disertai nanah tentu akan terasa menyakitkan. Kencing yang disertai nanah ini biasnaya disebabkan karena kondisi ginjal yang sedang dalam gangguan atau tidak sehat. Sehingga meyebabkan nanah keluar bersama dengan urine.

Tentu kondisi ini dapat ditangani dengan cepat ketika ciri-ciri ini telah diketahui dengan cepat pula sehingga tidak sampai pada kondisi yang parah. Kondisi dimana nanah sudah tidak dibarengi dengan urine maka dapat dikatakan hal ini menunjukan bahwa kondisi ginjal sudah mulai sehat, atau bisa dibilang bahwa batu ginjal telah keluar sehingga ginjal menjadi sehat kembali. 

8. Darah Pada saat kencing sudah menghilang

Selain nanah, yang menjadi pertanda seorang mengalmai batu ginjal adalah adanya darah pada urine tersebut. Darah ini menyeratai urine, bisa dikarenakan karena bagian kandung kemih yang terluaka atau bahkan bagian ginjal yang terluka sehingga saat membuang urine, darah tersebut ikut keluar. Jika hal ini terjadi jangan panik, namun segera hubungi dokter untuk melakukan periksa lebih lanjut.

9. Saat duduk dapat rileks dan tidak mudah merasa sakit

Ketika batu ginjal sudah keluar maka tidak akan ada rasa sakit lagi ketika duduk terlalu lama. Kadang kala perut akan merasa sakit ketika terlalu lama duduk, hal ini bisa disebabkan karena kurangnya mineral di dalam ginjal yang menyebabkan batu ginjal.

Itulah ciri-ciri dari batu ginjal yang sudah keluar, ciri-ciri tersebut memang tidak dapat dikatakan spesifik, oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut kamu dapat memeriksakannya kedokter spesialis ginjal. Karena dengan demikian akan lebih pasti apakah batu di dalam ginjal sudah hilang ataukah belum.

Dengan mengetahui batu ginjal masih atau tidak di dalam ginjal akan membantu untuk merawat ginjal menjadi lebih baik. Jika batu ginjal masih ada di dalam maka perlu perwatan lebih ekstra agar batu tersebut dapat segera keluar, namun jika batu ginjal sudah tidak ada di dalam ginjal maka yang perlu dilakukan adalah menjaga asupan kalsium dan mineral agar tidak kurang sehingga tidak menyebabkan sakit lebih lanjut pada ginjal.

You may also like