Monday, September 23, 2019

Kalazion

Kalazion dikenal sebagai suatu massa kecil yang muncul di kelopak mata bagian dalam dan kemunculannya tersebut biasanya disebabkan oleh kelenjar minyak kecil kelopak mata yang mengalami sumbatan. Kelenjar meibom pada kelopak mata mengalami pertumbuhan kalazion ini sehingga saluran kelenjar tersebut pun mengalami sumbatan dan timbul kemudian benjolan baik itu di kelopak mata atas maupun bawah.

Penyebab

Penyebab utama dari kalazion adalah kelenjar meibom pada kelopak mata atas dan bawah yang mengalami sumbatan. Ketika kelenjar meibom mengalami serangan virus dan peradangan, inilah yang kemudian menjadi alasan akan timbulnya kalazion. Namun, ada beberapa faktor lain yang menjadi peningkat risiko akan kemunculan kalazion ini, yakni:

  • Seseorang dengan blefaritis kronis.
  • Seseorang menderita rosacea.
  • Seseorang memiliki jerawat.
  • Seseorang dengan radang pada kelopak mata jangka panjang.
  • Seseorang mengalami seborrhea atau peradangan kulit bagian atas.
  • Seseorang yang mengalami infeksi atau konjungtivitis virus yang membuat bagian dalam mata serta kelopak mata tertutupi.

Ada beberapa kasus di mana kalazion terjadi secara berulang pada penderitanya, dan ada pula yang kemudian memiliki gejala yang abnormal atau tak wajar. Kondisi kalazion yang demikian sebenarnya merupakan tanda bahwa gejala kondisi sudah makin serius, namun tak perlu terlalu dikhawatirkan karena kondisi seperti ini justru merupakan salah satu kejadian langka dan hanya didapati pada sedikit kasus.

Kapan seharusnya memeriksakan diri ke dokter?

Untuk dapat mengatasi kalazion secara cepat dan tepat, segera ke dokter apabila kondisi sudah cukup meresahkan. Bila kalazion mulai mengganggu penglihatan, kalazion terjadi terus-menerus, kalazion terjadi secara tak wajar, atau ukuran benjolan menjadi sangat besar dan tak kunjung sembuh walau sudah coba ditangani, cobalah ke dokter untuk memperoleh bantuan medis yang tepat.

Gejala dan Diagnosa

Kalazion merupakan sebuah gangguan kesehatan pada mata yang dapat menimbulkan gejala dan gejala paling umum adalah benjolan pada kelopak mata baik bagian atas maupun bawah. Hanya saja, benjolan tersebut rata-rata tak menimbulkan rasa sakit, namun pembengkakan berisiko pula menjadi lebih serius dan bahkan berukuran lebih besar nantinya.

Karena kalazion adalah suatu keadaan yang bisa berdampak buruk pada kelopak atas dan bawah mata, fungsi penglihatan dapat berisiko mengalami gangguan. Hal ini akan jauh lebih tidak nyaman bagi penderitanya ketika yang terpengaruh adalah kelopak kedua mata. Namun, tingkat keparahan ditentukan oleh lokasi dari kalazion tersebut serta ukurannya dan berpotensi mengaburkan pandangan penderita.

Selain itu, ada sejumlah tanda lainnya yang perlu diperhatikan dan diwaspadai. Walau tidak biasa, benjolan yang disebut dengan kalazion mampu mengalami:

  • Pembengkakan
  • Kemerahan
  • Rasa nyeri yang dikarenakan infeksi.

Saat benjolan muncul dan terasa nyeri atau bahkan membengkak disertai perubahan warna menjadi kemerahan, segeralah ke dokter. Diperlukan adanya proses diagnosa untuk memastikan bahwa benjolan tersebut benar-benar merupakan suatu kondisi dari kalazion. Dokter pada umumnya akan memeriksa benjolan di kelopak mata pasien sebagai langkah pemeriksaan awal.

Tak hanya memeriksa benjolan yang muncul, dokter juga kiranya akan memberikan beberapa pertanyaan seputar gejala yang dirasakan oleh pasien, jadi Anda bisa menceritakan apa yang dirasakan dari benjolan tersebut, entah itu ada rasa nyeri atau tidak. Dari sesi tanya jawab tersebut, dokter baru bisa menentukan apakah benjolan merupakan kondisi bintitan, kalazion atau kondisi gangguan kesehatan mata lainnya.

Pengobatan

Bila telah menempuh pemeriksaan, maka dokter akan lebih mudah dalam menentukan solusi perawatan paling baik untuk pasien penderita kalazion. Anda dapat mencoba menggunakan pilihan perawatan secara medis atau secara alami.

Perawatan Alami

Ada banyak cara serta bahan alami di sekitar kita yang bisa coba digunakan untuk mengobati kalazion. Berikut di bawah ini adalah beberapa rekomendasi perawatan alami layak dicoba demi kesembuhan kalazion.

  • Daun Akasia

Sediakan saja daun akasia sebanyak 1 genggam yang kemudian direbus bersama 2 gelas air. Setelah direbus, daun dapat kita tiriskan dan celup kain atau handuk tipis bersih ke dalam larutan rebusan daun akasia lalu gunakan sebagai kompres untuk bagian kelopak mata. Rasa sakit serta bengkak dijamin akan berkurang. Apabila dilakukan secara rutin, maka kalazion dipastikan akan mereda dan hilang dengan sempurna.

  • Daun Jambu

Bahan alami lainnya selain daun akasia adalah daun jambu di mana daun ini dapat juga kita andalkan sebagai obat herbal ampuh untuk kondisi kalazion. Sama seperti daun akasia tadi, rebuslah segenggam daun jambu yang kemudian daun-daunnya nanti bisa diangkat dan diletakkan pada kain hangat nan lembab untuk dikompreskan pada mata. Mengapa bukan airnya? Ini karena daunnyalah yang paling dapat membantu secara efektif dalam meredakan pembengkakan, rasa nyeri sekaligus kemerahan pada mata penderita.

  • Bawang Putih

Apakah Anda takut dengan bahaya bawang putih mentah? Khusus untuk kasus penyakit seperti kalazion, bawang putih akan sangat bermanfaat karena kandungan antioksidannya yang terbukti tinggi, berikut juga quercetin serta selenium sekaligus vitamin C yang akan meredakan pembengkakan dari kalazion. Bahkan penyembuhan kalazion pun akan menjadi jauh lebih cepat karenanya.

Cukup ambil sesiung bawang putih segar dan kupas, lalu cuci bersih sebelum kemudian dipotong-potong. Hasil potongan-potongan kecil dari bawang putih dapat kita bungkus dengan kain bersih, tekan kain tersebut agar ekstrak jus bawang putih bisa keluar dan jusnya dapat ditaruh pada sebuah cangkir. Gunakan bola kapas untuk menerapkan jus bawang putih ke kalazion tadi dan tunggu 10 menit sebelum kemudian dicuci bersih menggunakan air hangat. Namun, waspadai akan efek panas terbakar dari bawang putih berikut efek samping bawang putih lainnya.

  • Mentimun

Mentimun segar juga rupanya terpercaya dalam membantu menyembuhkan kalazion secara alami dan aman. Cobalah untuk mengupasnya lebih dulu setelah dibersihkan dan potong tipis-tipis lalu irisan ditempatkan di atas area kelopak mata yang mengalami kalazion. Tunggu sekitar 15 menit dan lakukan perawatan ini sehari 3 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil paling baik.

  • Minyak Kastor

Minyak kastor juga dapat dimasukkan ke dalam daftar bahan alami penyembuh kalazion efektif. Cukup oles minyak kastor yang sudah dihangatkan secukupnya pada bagian kelopak mata yang membengkak, memerah dan terasa nyeri setelah dikompres air hangat selama 5 menit. Setiap harinya, lakukan metode perawatan ini sesering mungkin dan dalam waktu sekitar 2 minggu akan terlihat hasil efektifnya.

  • Biji Ketumbar

Bahan alami terekomendasi selanjutnya adalah biji ketumbar yang cukup kita sediakan sebanyak 1 sendok teh saja dan masukkan ke dalam segelas air. Rebus di atas api sedang dan tunggulah mendidih sekitar 10 menit. Biarkan dingin lebih dulu sebelum disaring dan pastikan untuk menggunakan bola kapas untuk menerapkannya pada kelopak mata selama 15 menit sebelum kemudian diangkat. Penggunaan cara perawatan ini lebih baik dilakukan sehari 3 kali untuk hasil lebih baik.

  • Kentang

Pilihlah kentang organik yang masih dalam kondisi segar dan kupas kulitnya. Bersihkan dengan air dan kemudian parutlah kentang yang sudah bersih tadi dan bungkuslah dengan kain atau handuk bersih. Gunakan sebagai kompres dan tempelkan ke bagian kelopak mata dengan gejala kalazion selama 10 menit lamanya. Sesudah 10 menit, angkat dan bilas kelopak mata menggunakan air hangat; lakukan perawatan ini sehari beberapa kali supaya gejala lebih cepat hilang.

Perawatan Medis

Ada kalanya kalazion tak mempan diobati dengan bahan alami, jadi ketika Anda ke dokter, biasanya dokter pun akan membantu secara medis. Pengobatan kortikosteroid adalah yang paling umum diberikan sebagai obat untuk kalazion. Bentuk pemberian obat kortikosteroid untuk penderita kalazion adalah berupa suntikan.

Hanya saja, prosedur operasi pun menjadi pilihan terakhir yang harus diambil oleh pasien ketika obat kortikosteroid tak efektif dalam menghilangkan gejala kalazion. Perawatan medis apa yang paling tepat tergantung dari sejumlah faktor yang pastinya akan dijelaskan oleh dokter. Konsultasikan pula akan risiko dan manfaat dari pengobatan medis baik dengan kortikosteroid maupun prosedur pembedahan.

Kalazion dapat dicegah dengan cara mencuci tangan yang benar dan steril sebelum mengucek atau menyentuh bagian mata. Bahkan ketika Anda adalah pengguna kacamata atau lensa kontak, pastikan alat bantu penglihatan tersebut benar-benar bersih. Namun jika tampak bahwa kalazion berkembang dan bukannya mereda, segera kontrol dengan bantuan dokter.

No posts to display

Recommended