Cegah ISK pada Wanita, dengan 5 Tips Mudah Ini

213

Infeksi saluran kencing yang terjadi pada wanita merupakan sebuah penyakit yang sangat ditakutkan dan penyakit semacam ini akan menimbulkan efek yang lebih meluas. Harus dilakukan sebuah langkah pencegahan sejak dini agar infeksi pada saluran kencing wanita tidak terjadi dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk langkah pencegahan, sebagai berikut :

1. Minum air putih

Banyak minum air putih adalah salah satu cara untuk melakukan pencegahan sebuah infeksi yang terjadi pada saluran kencing dan minum air putih bukan hanya menghindarkan diri dari dehidrasi, tapi mampu membersihkan serangan bakteri. Wanita sangat dianjurkan untuk banyak meminum air putih, karena air putih juga dapat membantu ketahanan tubuh seorang wanita.

2. Bersihkan organ intim

Organ intim sangatlah penting untuk dibersihkan dan dengan rutin membersihkan organ intim, maka infeksi saluran kencing dapat terjaga dengan baik. Kebersihan organ intim harus dibersihkan secara rutin, karena bila tidak dibersihkan akan memudahkan bakteri untuk masuk dan virus juga akan sangat mudah masuk bila organ intimnya kotor. Kebersihan memang wajib hukumnya bagi semua orang, karena kebersihan juga menjadi salah satu bentuk keimanan dari seorang manusia dan bagi wanita kebersihan saluran kencing adalah hal yang harus dibersihkan.

3. Pakai alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi adalah sebuah alat yang memiliki fungsi sangat penting yaitu untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran kencing dan salah satu alat kontrasepsi yang paling terkenal adalah kondom. Dengan menggunakan kondom maka hubungan seks yang dilakukan oleh wanita menjadi lebih aman, karena penyebaran bakteri atau virus bisa tercegah dengan baik.

4. Buang air kencing setelah melakukan hubungan seks

Setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan, sebaiknya wanita segera pergi ke kamar mandi dan membuang air kencing. Hal iniperlu dilakukan agar berbagai bakteri akan dengan cepat tersingkirkan pada saluran kencing dan cara ini dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. Jangan membiarkan kondisi bagian kencing mengering, karena harus diusahakan secepatnya dibersihkan.

5. Celana dalam yang longgar

Salah satu penyebab terjadinya infeksi pada saluran kencing wanita adalah penggunaan celana dalam yang terlalu ketat, karena celana dalam ketat dapat menimbulkan kondisi saluran kencing menjadi lembap. Kondisi saluran kencing yang lembap akan memudahkan tumbuhnya bakteri dan kondisi ini menjadi salah satu penyebab jamur sangat mudah berkembang biak. Usahakan gunakanlah celana dalam yang longgar agar infeksi dapat dicegah sejak dini dan tidak akan menimbulkan infeksi saluran kencing.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.