Ibunda Mikha Tambayong Meninggal Dunia, Penyakit Autoimun Jadi Sebabnya?

284

Ibunda Mikha Tambayong Meninggal Dunia, Penyakit Autoimun Jadi Sebabnya?Deva Malaihollo (51), ibunda Mikha Tambayong meninggal dunia pada Minggu (3/3) yang dikarenakan penyakit autoimun. Sebelum tutup usia, sang ibu memang telah setahun berusaha melawan penyakit autoimun. Dilansir dari laman Detik Health, menurut dokter keluarga, dr Novi Arifiani MKK Dipl ABRAAM memang penyakit autoimun cukup bisa dibilang mirip dengan alergi.

Gambaran klinis dari penyakit autoimun tak berbeda jauh dari reaksi alergi karena kedua kondisi ini memang mampu menyerang sistem daya tahan tubuh. Lokasi serangan juga menjadi faktor penentunya menurut sang dokter. Sayangnya, gangguan atau jenis penyakit autoimun tak dapat disembuhkan walaupun memang ada segudang obat serta cara perawatan untuk kasus ini.

Meski tak dapat sembuh, ada masa remisi pada penyakit ini. Saat masa remisi, pasien penyakit autoimun mampu berdamai dengan penyakitnya melalui tips diet sehat, yakni pola makan dan pola istirahat yang baik dan benar. Tak hanya itu, melakukan kontrol kesehatan secara rutin sambil terus menempuh pengobatan sesuai yang dokter sarankan adalah penting.

Aktivitas sistem imun yang terlalu aktif atau malah justru terlalu rendah justru pada dasarnya adalah yang menjadi penyebab dari enyakit autoimun. Sel-sel tubuh mampu karena sistem imun yang sangat aktif bisa malah mengganggu dan menyebabkan kerusakan diri sendiri, sementara itu tubuh tak dapat melawan infeksi yang menyerang tubuh ketika sistem imun lemah.

Menurut dr Novi, mulai dari ujung rambut sampai kaki, kini diperkirakan telah ada kurang lebih 150an jenis penyakit autoimun dengan pemicu, reaksi, serta perawatan yang berbeda-beda. Bahkan meski penanganannya sama, pemberian dosis untuk tiap pasien tak akan sama.

Menurut pernyataan dari pihak keluarga, pemakaman jenazah sang ibunda akan dilaksanakan pada Selasa besok (5/3) di TPU Menteng Pulo, Jakarta. Meski begitu, belum ada kepastian untuk waktunya dan akan diupdate kembali. Mikha pun masih menunggu ayahnya datang dari luar negeri barulah kemudian pemakaman bisa dilangsungkan.

Mikha tampak terpukul sekali usai sang ibunda tutup usia dan menurut Mikha Putri Cahyadie sebagai sepupu Mikha, Mikha adalah anak tunggal dan sehari-harinya tak lepas dari sang ibu. Hal ini juga dikarenakan sang ayah bekerja di luar negeri sehingga Mikha lebih dekat dan selalu bersama ibunya. Bahkan sang ibundalah yang mendampingi Mikha dari awal karir hingga sekarang.