5 Bahaya Penyakit Lupus pada Ibu Hamil dan Anak

106

Penyakit lupus merumpakan salah satu jenis penyakit autoimun, yang disebabkan sistem imunitas tubuh menyerang sel tubuh yang sehat dan menyebabkan gangguan pada fungsi berbagai jaringan tubuh. Penyakit ini tidak menular dan lebih sering dialami oleh wanita, terutaka di usia produktif. Dikenal sebagai penyakit seribu wajah, penyakit lupus dapat menyerang jaringan kulit, rambut, paru-paru hingga persendian. Penyakit lupus pun hingga kini belum diketahui penyebabnya, sehingga menjaga kesehatan adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut. berikut ini beberapa bahaya penyakit lupus yang sebaiknya kita ketahui agar dapat lebih waspada.

1. Mudah Terserang Penyakit

Gangguan pada sistem imun penderita lupus membuat daya tahan tubuh mereka justru menjadi lemah. Hal ini mengakibatkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit, terutama yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Terkadang, gejala penyakit autoimun kulit juga akan muncul pada penderita lupus, karena itu sangat penting untuk selalu melindungi diri dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan rutin memeriksa kesehatan ke dokter.

2. Nyeri pada Persendian

Penyakit lupus seringkali menyerang persendian di bagian tubuh mana saja, karena itu penderitanya kerap mengalami nyeri yang sangat hebat. Kondisi ini dapat membuat penderita lupus tidak dapat beraktivitas dengan lancar karena rasa nyeri tersebut. Bahkan dada pun sering terasa nyeri, sehingga perlu dicari tahu penyebab sakit dada sebelah kiri agar dapat dilakukan pengobatan dengan tepat.

3. Resiko Penyakit Berbahaya

Penderita penyakit lupus tidak hanya beresiko terserang penyakit yang disebabkan virus atau bakteri, namun juga beresiko mengalami penyakit degeneratif yang dapat membahayakan nyawa. Beberapa penyakit yang mengintai penderita lupus yaitu penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, gangguan ginjal dan anemia.

4. Mengalami Depresi

Gangguan kesehatan yang terus dialami penderita lupus dapat membuat  mereka mengalami depresi. Apalagi jika penderita lupus tidak dapat beraktivitas di luar rumah, baik karena daya tahan tubuhnya yang sangat lemah maupun karena tidak dapat terpapar sinar matahari secara langsung. Jika ini terus berlanjut, kesehatan mental penderita penyakit lupus akan terganggu dan dapat menyebabkan halusinasi.

5. Demam dan Sakit Kepala

Penderita lupus kerap mengalami demam dan sakit kepala yang terjadi kapan saja dan seringkali mendadak. Kondisi ini tentu berbahaya apalagi jika demam sangat tinggi. Sakit kepala yang hebat tidak hanya mengganggu aktivitas namun juga menyebabkan konsentrasi menurun dan sulit mengendalikan emosi.

Itulah bahaya penyakit lupus yang tidak boleh kita abaikan, dan sebisa mungkin dicegah agar tidak terjadi. Penyakit lupus tidak dapat disembuhkan, namun beberapa tindakan medis dan pengobatan dapat membantu menekan gejala yang muncul. Dengan penanganan yang tepat, penderita lupus dapat beraktivitas dengan normal dan terhindar dari gejala yang parah.