Mata Kuning Hepatitis – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Mata kuning yang terjadi pada seseorang bukan menjadi hal yang biasa-biasa saja, sebab hal ini bisa menjadi tanda akan gejala penyakit yang ada di dalam tubuh. Salah satu penyakit yang kuat yang ditandai mata kuning ada hepatitis. Mata kuning atau dalam rentetan keseluruhan orang banyak menyebutnya sebagai penyakit kuning ini tidak hanya terjadi di mata saja, melainkan di kulit sekera, serta membrane hidung dan mulut. Hal ini disebabkan oleh penumpukan bilirubin di dalam darah dan jaring-jaringan pada tubuh lainnya. Anda juga disarankan untuk membaca jenis kelainan refraksi pada mata.

Sedangkan hepatitis sendiri merupakan salah satu penyakit yang ada di dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh adanya peradangan hati, kerusakan hati, dan gangguan fungsi hati sampai paling parah bisa disebabkan oleh adanya kanker hati. Hal demikian tentu tidak bisa dianggap biasa-biasa saja., Gejala mata kuning hepatitis tentu menjadi sebuah perhatian penting jika sampai terjadi di dalam tubuh seseorang. Sebab jika tidak bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian tubuh manusia. Untuk itu perlu adanya pembelajaran yang mendalam terkait hal ini. Paling dasar untuk menanggulangi penyakit ini adalah dengan mengetahui beberapa penyebab yang dapat menimbulkan mata kuning hepatitis, gejala yang memungkinkan diakibatkan penyakit ini serta yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Sebab beberapa poin itu dirasa penting agar kita bisa menanggulangi munculnya penyakit ini dalam tubuh. Artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai penyebab, gejala, serta cara mengatasi mata kuning hepatitis.

Baca juga (cara mencegah katarak)

Penyebab

  1. Terlalu Stres

Penyebab pertama mata kuning hepatitis yang terjadi pada seseorang bisa disebabkan oleh akibat terlalu stress. Sebab jika seseorang terlalu stress memikirkan sesuatu akan berdampak pada kepala pusing, dan penekanan pada saraf tertentu pada bagian tubuh. Sehingga saraf akan mengalami kerja yang melebihi porsinya. Hal ini yang kemudian seseorang akan begitu sensitif dan mudah tersinggung.

  1. Mata Lelah

Penyebab selanjutnya yang membuat mata kuning hepatitis adalah, kelelahan pada bagian mata. Hal ini biasanya disebabkan ketika seseorang terlalu lama memandang layar komputer atau gadget dengan cahaya yang tidak stabil, yakni cahaya ruangan dengan cahaya layar komputer atau gadget tidak seimbang. Hal ini yang kemudian bisa mengakibatkan mata menjadi kuning, dan berdampak pada kerusakan retina.

  1. Kurang Tidur

Penyebab selanjutnya yang dapat menjadi pemicu munculnya mata kuning hepatitis adalah kurang tidur. Hal ini bisa terjadi karena seseorang terlalu lama bergadang yang kemudian berlanjut pada gejala imsonia. Hal ini juga akan berakibat pada perubahan warna kuning pada mata.

Gejala

Selanjutnya adalah gejala-gejala yang ditimbulkan penyakit mata kuning hepatitis. Berikut penyelasannya

  1. Tubuh Merasa Tidak Nyaman

Gejala pertama yang ditimbulkan oleh penyakit mata kuning hepatitis adalah munculnya rasa tidak nyaman di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena bagian organ tubuh mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal. Ras tidak nyaman ini merupakan bagian reaksi tubuh untuk memberikan stimulus, atau tanda akan hal tersebut. Baca juga kepala sering pusing.

  1. Tubuh Cepat Merasa Letih, Lesu dan Mudah Lelah

Gejala selanjutnya yang dimunculkan dari penyakit mata kuning hepatitis adalah tubuh menjadi mudah letih, lesu dan mudah capek. Hal ini merupakan reaksi tubuh yang mengalami gangguan sehingga stamina tubuh akan mengalami penurunan. Sehingga seseorang akan cepat merasa letih,cepat merasa lesu, dan cepat merasa capek. Jika hal gejala demikian terjadi pada seseorang langkah terbaiknya adalah dengan melakukan konsultasi kepada dokter. Baca juga penyebab sering mengantuk dan lemas.

  1. Nafsu Makan Menurun

Selanjutnya adalah penurunan nafsu makanan. Penurunan nafsu makan ini juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada bagian tubuh, sehingga berpengaruh pada  organ pencernaan seseorang. Seseorang akan merasa awet kenyang dan malas untuk makan.

  1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Gejala keempat yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah dengan ditandai sistem kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh mengalami penurunan, sehingga seseorang sangat rentan terjangkit penyakit. Hal ini disebabkan adanya ketika keseimbangan bagian organ tubuh, khususnya hati dalam menjaga kekebalan tubuh.

  1. Demam

Demam menjadi gejala kuat akan munculnya penyakit hepatitis pada tubuh. Sebab demam bisa menjadi salah satu tanda tubuh dalam merespon penyakit ini di dalam tubuh. Sebab hampir semua penyakit yang terjangkit di dalam tubuh bisa ditandai dengan adanya demam yang tidak seperti biasanya di dalam tubuh.

  1. Terjadi Perubahan Warna Pada Bagian Tubuh

Perubahan warna yang paling menonjol adalah warna kuning. Khususnya di bagian mata, gejala ini busa menjadi gejala kuat akan adanya penyakit hepatitis di dalam tubuh.

Baca juga cara menjaga kesehatan peredaran darah.

Mengatasinya

Kemudian yang tidak kalah penting yang harus diketahui adalah cara mengatasinya, berikut akan dijelaskan beberapa cara mengatasi penyakit mata kuning hepatitis.

  1. Mengkomsumsi Tanaman Herbal

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi tanaman herba.  Sebab tanaman herbal ini mengandung zat kimia yang sedikit, sehingga tidak akan lebih bermanfaat bagi tubuh. Obat herbal ini diantaranya temulawak, dan Mengkudu. Kedua bahan tersebut diyakini memiliki khasiat dalam penyembuhan penyakit mata kuning hepatitis.

  1. Melakukan Pengecekan Kesehatan secara rutin

Cara mengatasi yang selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin ke dokter. Sebab dengan cara ini maka perkembangan penyakit akan mudah diketahui, sehingga cara mengatasinya pun juga bisa dilakukan dengan cara tersistem. Sehingga penyakit ini tidak semakin tumbuh menyebar di dalam tubuh. Pengecekan ini dilakukan sampai warna mata kembali ke warna normal. Hal ini sebagai tanda bahwa penyakit hepatitis sudah sembuh di dalam tubuh.

  1. Melakukan Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup bisa membantu perubahan waran pada sclera mata. Untuk itu pola istirahat yang cukup menjadi bagian yang pentung untuk diperhatiakan. Agar proses penyembuhan penyakit ini bisa berjalan cepat.