12 Penyebab Lutut Dingin yang Membahayakan Kesehatan

484

Lutut dingin yang datang sesekali bisa disebabkan faktor ekternal namun ketika muncul terus menerus maka bisa menjadi satu indikasi adanya gejala penyakit dan kelainan didalam tubuh.

Penyebab lutut dingin dapat disebabkan karena faktor lingkungan yang terjadi karena faktor alam ataupun karena kebiasaan dan gaya hidup yang memungkinkan munculnya masalah sensasi rasa dingin pada lutut. Diantaranya:

1.Faktor cuaca

Suhu atau temperatur udara yang dingin dapat mempersempit pembuluh darah sehingga darah tidak lancar mengalir keseluruh tubuh sehingga dapat menjadi salah satu penyebab lutut dingin pada pria wanita segala usia.

2.Posisi tidur

Tidur yang minim perubahan posisi atau terlalu lama diam pada satu posisi saja misalnya telungkup dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan menjadi penyebab lutut dingin dan tidak menutup kemungkinan dapat menyerang bagian tubuh lain.

3. Penggunaan AC

Hindari bahaya AC untuk kesehatan tubuh karena penggunaan Ac dalam ruangan kamar yang  terlalu lama dapat memicu munculnya keluhan kesehatan misalnya kulit kering, Sesak nafas, Sakit kepala atau  lutut yang terpapar udara dingin dari arus bolak balik yang ternyata  dapat mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan bisa  menjadi penyebab lutut dingin , Kesemutan serta  mati rasa.

4.Makanan jenis Jeroan

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang rendah gizi misalnya kurangnya asupan serat,  vitamin dan mineral misalnya jenis jeroan yang dikonsumsi terus menerus dapat menghambat pembuluh darah dan memperlambat proses pemecahan lemak sehingga dapat menjadi penyebab lutut dingin yang juga bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Akibat bahaya konsumsi jeroan bagi kesehatan dapat juga berupa tingginya kolesterol didalam tubuh sehingga dapat memperparah kondisi pembuluh darah dan meningkatkan kerusakan saraf saraf tubuh.

5.Radang dingin

Penyebab lutut dingin bisa disebabkan karena sebuah negara memiliki suhu yang terlalu dingin dan muncul secara teratur pada tiap tiap musimnya misalnya musim salju yang selalu terjadi pada negara negara eropa.  Suhu udara sebuah negara yang memiliki batas dingin dibawah normal dapat menyebabkan munculnya radang dingin.

Radang dingin dapat menyebabkan kerusakan arteri dan pembekuan darah akibat tubuh terpapar udara dingin terlalu lama sehingga aliran darah tersumbat, Pembuluh darah mengerut dan menyempit serta jaringan kehilangan kemampuannya dalam menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Faktor internal

penyebab lutut dingin dapat disebabkan karena kondisi medis seseorang. Diantaranya:

1.Anemia

Gejala anemia dapat ditandai dengan tubuh yang menderita dingin termasuk pada lutut.  Anemia merupakan penyakit akibat kurangnya pasokan sel darah merah yang membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh.

2. Penyakit ginjal

Waspadalah dengan munculnya gejala penyakit ginjal, Karena ginjal yang bermasalah dapat  menyebabkan ginjal kehilangan kemampuannya untuk mengeluarkan cairan ekstra dari dalam tubuh misalnya racun atau partikel yang dianggap tubuh harus dibuang melalui urin dan keringat.  Kondisi ini mengakibatkan munculnya pembengkakan pada area kaki termasuk lutut yang diiringi dengan munculnya sensasi dingin.

3.Stres berlebihan

Salah satu penyebab lutut dingin adalah respon tubuh yang berlebihan yang menyebabkan munculnya kecemasan, Ketakutan atau kepanikan yang luar biasa. Hati hati pada beberapa akibat stres berlebihan yang mengancam kesehatan tubuh karena  salah satu dampak buruk stres yang berlangsung jangka panjang adalah dapat menyebabkan seluruh pembuluh darah menjadi menyempit dan munculnya kerusakan arteri sehingga tubuh mudah mengalami kelelahan dan menggigil kedinginan.

4. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah Kondisi dimana tubuh mudah mengeluarkan keringat berlebih yang bisa muncul akibat fungsi tiroid yang sedang tidak stabil akibat peradangan atau akibat aktivitas berat yang dilakukan tanpa ada jedah istirahat dan peregangan otot. Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan saraf simpatis yang menyebabkan penyempitan arteri dan terhambatnya aliran darah, Dimana hal tersebut menjadi penyebab lutut dingin yang sering muncul pada malam hari.

5. Penyakit raynaud

Penyakit raynaud adalah kondisi dimana arteri kecil yang bertanggung jawab membawa darah kejaringan kulit menyempit sehungga membatasi laju sirkulasi dibagian lutut . Kondisi ini dipastikan menjadi penyebab lutut dingin dan kadang meninggalkan jejak warna kulit yang kebiruan.

6. Kelainan metabolik tubuh

Gangguan atau kelainan metabolik tubuh adalah penyakit yang muncul akibat faktor genetik yang dapat mudah dikenali dengan sulitnya proses metabolisme didalam tubuh akibat difisiensi hormon sehingga tubuh kehikangan kemampuannya dalam mempertahankan siklus hidup. Kondisi ini dapat menjadi penyebab lutut dingin, Dimana masalah lutut akan dingin  bisa muncul seumur hidup. Jenis jenis kelainan metabolik tubuh pada dasarnya beragam tetapi mempunyai dampak buruk yang sama terhadap kesehatan saraf tubuh dan kondisi hormon.

7. Neuropati autonomik diabetik 

Penting untuk mengetahui secara tepat bagaimana cara mencegah diabetes keturunan yang alami agar dapat terhindar dari neuropati autonomik diabetik.

Neuropati autonomik  diabetik adalah penyakit yang banyak menyerang orang orang yang memiliki riwayat genetik diabetes yang ditandai mudahnya kadar glukosa atau gula dalam darah meningkat. Penyakit ini berbahaya karena mudah merusak pembuluh darah dan menghambat kinerja saraf saraf seluruh tubuh termasuk pada bagian lutut.