17 Cara Mencegah Diabetes Keturunan Yang Alami

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit diabetes ini merupakan salah satu jenis penyakit yang udah untuk dialami oleh beberapa  masyarakat. Penyakit diabetes ini merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya ialah faktor keturunan, biasanya seseorang yang mempunyai gen yang sama terhadap penderita diabetes maka kemungkinan orang tersebut mengalami penyakit diabetes ini juga akan semakin besar. Sebagai contoh seseorang yang keluarganya juga mengidap penyakit diabetes maka keluarga yang lain juga bisa saja mengalami penyakit diabetes yang disebabkan oleh faktor keturunan.

Tentunya penyakit diabetes ini akan sangat berbahaya jika tidak dilakukan pengobatan ataupun pencegahan pada orang-orang yang sudah mengidap diabetes maupun yang belum mengalmai penyakit diabetes, hal ini tentunya berkaitan dengan kata “lebih baik mencegah daripada mengobati” maka dari itu daripada menunggu sampai mengidap penyakit diabetes maka lebih baik mencegah agar tidak mengalami hal-hal yang telah disebutkan diatas.

Cara Mencegah Diabetes Keturunan

1. Menjaga Pola Makan

Bebeberapa orang-orang yang telah mengidap penyakit diabetes semata-mata bukan karena faktor keturunan semata namun juga ditambah dengan pola makan seseorang yang tidak sehat, sehingga seseorang kemudian akan terlalu banyak mengkonsumsi glukosa sehingga gula darah menjadi naik, makadari itu untuk mengatur kadar gula darah ditubuh anda maka tidak salah jika anda melakukan diet, namun perlu diperhatikan harus sesuai dengan anjuran dokter.

Pola makan yang sehat dapat ditunjang pula dari menu makanan yang sehat yang dikonsumsi setiap hari, seperti menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Meskipun tidak seharusnya setiap saat sepeti itu, tapi ketahuliah daftar contoh menu makanan sehat yang dapat kamu jadikan rekomendasi pola makan sehat.

2. Olahraga

Selain cara diet untuk mengatur ataupun mengontrol gula darah pada tubuh cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan  olahraga. Seseorang harus rutin dalam melakukan olahraga, olahraga yang dilakukan bebas bisa bersepeda, lari, dan lain sebagainya. Olahraga memang memiliki banyak manfaat terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat olahraga bagi tubuh adalah mampu memberikan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah diabetes keturunan

3. Menghindari makanan yang terlalu manis

Samahalnya dengan menjaga pola makan namun pada salah satu jenis pencegahan ini lebih spesifik yaitu menghindari untuk mengkonsumsi makan yang terlalu manis dimana dapat meningkatkan gula darah menjadi sangat naik seperti permen atau kue dengan gula yang banyak.

4. Menghindari rokok

Seperti yang kita tahu bahwa rokok bukanlah hal yang sehat untuk tubuh, rokok mempunyai kandungan-kandungan yang bisa merusak kerja tubuh sehingga orang yang mengkonsumsi secara berlebihan akan mudah terganggu kesehatannya. Namun bukan karena hal itu rokok dilarang hal ini dikarenakan karena rokok akan memanfantkan hormone insulin dalam menyebarkan glukosa ke organ sehingga resiko untuk mengidap penyakit diabetes menjadi besar. Bahaya merokok bahkan tak hanya menyebabkan cepatnya terkena diabetes keturunan tetapi juga dapat memicu berbagai penyakit lain. 


5. Menghindari Alkohol

Sama halnya dengan rokok, alkohol juga bisa memanfaatkan hormon insulin dalam menyebarkan glukosa ke otgan sehingga resiko untuk mengidap penyakit diabetes menjadi besar.

6. Istirahat yang Cukup

Kebisaan begadang dan banyaknya pekerjaan akan membuat seseorang kekeurangan dalam waktu istirahat hal ini jika sering terjadi dapat menghilangkan rasa nafsu makan dan dapat membuat stress dimana hal ini dapat meningkatkan resiko diabetes.

7. Menjaga berat badan

Perlu diketahui bahwa berat badan juga memiliki ukuran yang sehat. Seseorang yang memiliki berat badan super ataupun telah mengalmai obesitas maka kecenderung untuk mengalami dibetes sangat besar makadari itu harus pintar pintar dalam menjaga berat badan. Menjaga berat badan dapat pula mengguakan pola tips diet sehat. Karena berat badan yang terjaga ternyata dapat menhindari diabetes. 

8. Kurangi nonton TV

Walaupun cenderung aneh jika diperhatikan namun kebisaan nonton Tv terlalu lama juga bisa menyebabkan  mengalami kelebihan berat badan. Hal ini jika dibiarkan dapat membuat berat badan anak tidak terkontrol dan mnegalami diabetes.

9. Memilih makanan yang berkarbohidrat.

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat seperti biji-bijian ternyata bisa mneghindari seseorang dari diabetes. Hal ini disebabkan oleh kulit dan serat dalam biji-bijian yang sulit dipecah menjadi glukosa.

10. Memilih lemak baik daripada lemak jahat

Memilih lemak baik untuk dikonsumsi dapat menghindari dari penyakit diabetes contohnya seperti lemak nabati hal ini dikarenakan adanya kandungan omega 3 yang baik bagi tubuh.

11. Membatasi mengkonsusi daging merah dan daging olahan

Untuk terhindar dari penyakit diabetets maka anda harus menjauhi dari dua macam ini yaitu daging merah dan olahan karena didalamnya terdapat natrium dan nirit  yang tinggi. Untuk mendapatkan asupan protein lain mungkin anda dapat menggantinya dengan susu rendah lemak, ayam. Ikan dll.

12. Minum air putih yang cukup

Untuk meghindari dari penyakit diabetes tentunya anda harus menjauhi dar minum-minuman manis seperti teh dll. Makadari itu untuk tetap aman sebaiknya anda mengkonsumsi air putih secara cukup yaitu 8 gelas sehari.

13. Hindari stres

Agar tidak menganggu produksi horon insulin tentunya anda harus menjaga diri agar tidak mengalami stres. Jika anda anda mengalmai stres maka hormon dalam tubuhpun akan menjadi terganggu.

14. Membatasi dalam mengkonsumsi obat-obatan

Peyakit memang harus diobati namun anda tentunya juga harus bijak dalam memperikan porsi obat-obatan yang masuk kedalam tubuh karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan dapat memberikan efek buruk pada tubuh terutama dapat menghambat produksi insulin.

15. Suport Keluarga

Dukungan dari keluarga dapat membantu besar dalam proses penyembuhan apalagi untuk penderita diabetes, tidak hanya itu dukungan ini juga bisa digunakan untuk seseorang yang ketakutan jika terkena diabetes karena mungkin keluarganya juga ada yang mengalami.

16. Mengkonsumsi Pare

Walaupun rasanya pahit namun jenis sayuran satu ini sangat bermanfaat salah satunya yaitu dapat membantu produksi insulin dimana insulin ini digunakan untuk menjaga tubuh dari serangan diabetes. 


17. Mengkosumsi Mengkudu

Untuk mencegah dari penyakit diabetets keturunan mengkonsumsi mengkudu sangat direkomendasikan, mengkudu dapat membantu dalam memproduksi insulin bagi tubuh.

Itulah 17 Cara Mencegah Diabetes Keturunan yang cukup efektif, karena cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan membiasakan (habit) agar pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat dalam diri, bahkan tidak hanya diabetes saja yang terhindar, tetapi dari berbagai jenis penyakit.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes