Home Penyakit dan KelainanDiare 15 Penyebab Mencret dan Cara Mengatasinya

15 Penyebab Mencret dan Cara Mengatasinya

by Ana Rohma

Diare atau sering disebut mencret merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan. Diare akan mengakibatkan penderita mengalami ingin buang air besar secara terus-menerus dengan jumlah lebih sering dari biasanya serta feses dengan kondisi yang tidak normal yaitu mengandung air yang berlebihan. Diare penyakit yang familiar bagi banyak orang, bisa dikatakan bahwa setiap orang pasti pernah mengalami diare.

Diare menyerang tidak pandang umur seseorang, tetapi bisa menyerang semua umur dari bayi sampai lanjut usia. Diare juga bisa menyerang seseorang kapanpun. Banyak hal yang dapat menyerang diare baik dari faktor makanan yang kita konsumsi, minuman yang kita konsumsi ataupun virus. Diare bukan penyakit yang sangat membahayakan tetapi jika tidak diobati maka dapat menyiksa orang yang mengalaminya. Beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit diare:

1. Infeksi

Penyebab mencret pertama adalah adanya infeksi. Infeksi dapat menyebabkan diare. infeksi ini merupakan faktor yang sering menyebabkan seseorang menjadi terserang diare. beberapa jenis infeksi yang menjadi penyebab diare yaitu infeksi internal, infeksi akibat bakteri, infeksi karena virus, parasit serta parental.

Infeksi internal merupakan infeksi yang terjadi di saluran pencernaan sehingga menyebabkan pencernaan tidak bekerja normal dan menyebabkan mencret. Infeksi akibat bakteri merupakan infeksi yang disebabkan oleh adanya bakteri yang mengganggu sistem kerja tubuh sehingga menyebabkan mencret.

  • Bakteri yang menyebabkan seseorang terserang diare yaitu vibrio coma, e coli, salmonella, yersenia, shigella serta acromonas. Virus juga juga dapat menyebabkan infeksi sehingga dapat menyebabkan kita mencret.
  • Beberapa virus yang dapat menyebabkan mencret yaitu adeno virus, rota virus, astro virus serta entero virus.

Parasit dalam tubuh kita juga dapat menyebabkan infeksi sehingga dapat menyebabkan mencret. Parasit tersebut diantaranya jamur, cacing serta protozoa. Infeksi parental merupakan infeksi diluar sistem pencernaan yaitu misalnya infeksi tonsilipharingitis serta infeksi otitis media akut.

2. Virus

Salah satu penyebab terserang diare adalah adanya virus di dalam tubuh anda. Untuk mencegah adanya virus yang masuk di dalam tubuh maka harus menjaga kebersihan tubuh atau badan. Ketika tubuh anda bersih maka virus tidak akan masuk kedalam tubuh anda. Virus ada dan bisa masuk kedalam tubuh anda karena ada hal yang dapat menyebabkan virus betah bersarang di tubuh anda yaitu kondisi badan yang kotor.

3. Bakteri

Bakteri yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan terserang diare. Bakteri masuk kedalam tubuh dapat disebabkan oleh beberapa seperti lingkungan dan kondisi badan yang kurang bersih serta bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Makanan yang kita konsumsi harus di pastikan kebersihannya sehingga tidak membawa bakteri yang dapat menyebabkan mencret.

4. Parasit

Parasit di dalam tubuh kita dapat menyebabkan terserang mencret. Parasit seperti cacing merugikan kita sehingga cek secara rutin kesehatan tubuh anda.

5. Penyakit usus

Adanya penyakit usus atau penyakit yang ada di usus dapat memicu terjadinya diare. Usus yang tidak sehat akan mengakibatkan tidak bisa menjalankan tugasnya dalam proses pencernaan secara normal, sehingga diare menyerang. Penyakit usus misalnya seperti colitis ulserative, enterocolitis serta crohn disease.

6. Sering mengkonsumsi makanan yang asam dan pedas

Mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa asam dan pedas tinggi terlalu sering tidak bagus untuk kesehatan, terutama kesehatan sistem pencernaan. Kandungan asam dan pedas yang terlalu sering masuk kedalam tubuh kita akan menyebabkan sistem pencernaan kita tidak bekerja dengan normal sehingga penyakit diare dengan mudahnya menyerang tubuh. (Baca : Bahaya makanan pedas)

7. Keracunan makanan atau minuman

Makanan atau minuman yang sudah basi atau kadaluarsa dapat menyebabkan mencret atau diare karena makanan yang basi telah mengandung bakteri yang tidak bersahabat dengan perut sehingga menyebabkan sistem pencernaan makanan tidak bekerja dengan normal.

8. Alergi

Alergi dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit mencret. Alergi yang paling sering terjadi pada kebanyakan orang yaitu alergi pada makanan. misalnya alergi susu. Orang yang mempunyai alergi terhadap susu dapat menyebabkan diare.

9. Konsumsi alkohol yang berlebihan

Bahaya minum alkohol memang sangat banyakAlkohol sebenarnya memang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu gejala yang timbul akibat mengonsumsi alkohol yaitu mencret. Kandungan alkohol yang merusak usus dan lambung menjadikan sistem pencernaan tidak bekerja normal sehingga mencret. Alkohol juga akan menyebabkan organ dalam perut seperti lambung akan terasa panas sehingga mengganggu pencernaan. hindari mengkonsumsi alkohol karena sangat berbahaya untuk kesehatan.

10. Gangguan tubuh

Gangguan dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang terkena diare. gangguan yang terdapat didalam tubuh misalnya gangguan metabolik serta gangguan malabsorbsi

11. Pemanis buatan

Adanya bahaya pemanis buatan dalam makanan yang terlalu banyak dapat menyebabkan mencret. Pemanis buatan merupakan bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh salah satunya untuk pencernaan. apalagi pada anak-anak, pemanis buatan sangat tidak baik untuk kesehatan anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

12. Kekurangan vitamin

Pada ibu hamil diare bisa terjadi karena kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan diare pada ibu hamil yaitu vitamin B, vitamin D serta dapat terjadi karena kekurangan asam folat. Ibu hamil lebih rentan terkena penyakit termasuk diare maka harus hati-hati dengan konsumsi makanan. ibu hamil banyak pantangan makanan yang boleh dimakan. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu saat hamil juga akan berpengaruh pada kesehatan bayi. Jadi ibu hamil harus lebih ekstra hati-hati daripada wanita yang tidak hamil.

13. Kurang nutrisi

Orang yang mengalami kekurangan nutrisi di dalam tubuhnya dapat terserang penyakit mencret. Kekurangan nutrisi bisa terjadi karena seseorang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat serta makanan yang bergizi.

14. Psikologi

Faktor psikologi juga dapat menyebabkan seseorang terkena penykit diare. faktor psikologi akan mempengaruhi sistem kerja organ dalam tubuh. faktor psikologi yang dapat menjadi faktor penyebab diare misalnya seseorang merasa sangat takut atau cemas yang berlebihan sehingga akan menimbulkan terserang diare secara tiba-tiba.

15. Mengonsumsi obat antibiotik

Obat antibiotik ada yang menimbulkan efek samping mencret. Jika anda mengonsumsi obat antibiotik periksa dalam kemasan terkadang ada keterangan efek samping yang akan terjadi. Efek samping yang timbul dari obat biasanya rasa ngantuk atau hal lain seperti mencret.

Satu orang dengan orang lain mempunyai kekebalan tubuh yang berbeda sehingga penyebab terjadinya diare juga kadang berbeda tergantung dengan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh seseorang. Seseorang bisa saja hanya karena mengkonsumsi makanan pedas langsung terkena diare, tetapi ada orang yang mengkonsumsi makanan sangat pedas tetapi biasa saja dan tidak terkena diare. Beberapa penyebab diare yang telah dijelaskan diatas merupakan penyebab yang sering terjadi pada kebanyakan orang.

Setelah anda mengetahui beberapa hal yang menyebabkan diare maka anda harus berhati-hati serta menjaga pola makan anda. Kenali terlebih dahulu diri anda sendiri seberapa kuat sistem kekebalan tubuh diri anda. Sebelum anda mendiagnosis penyakit yang anda derita misalnya diare anda perlu memahami terlebih dahulu ciri-ciri atau gejala dari penyakit diare supaya anda tidak terburu-buru untuk memutuskan cara mengobatinya. Jika anda salah cara mengobati maka bisa jadi penyakit anda bukan sembuh tetapi malah menjadi semakin parah. Berikut perlu anda ketahui untuk mengetahui ciri-ciri diare.

Ciri-ciri gejala diare

1. Buang air besar terlalu sering

Jika anda mengalami buang air besar yang terlalu sering, maka hati-hati itu salah satu tanda terserang diare. seseorang dinamakan terlalu sering buang air besar ketika jumlah lebih banyak dari biasanya. Jika pada bayi biasanya sering juga buang air besar, tetapi belum tentu juga dinamakan diare karena bayi alat pencernaannya beda dengan orang dewasa. Bayi dinamakan diare jika biasanya sehari buang air besar 2 kali sehari, tetapi beberapa hari terakhir buang air besar sebanyak 4 kali sehari maka sudah dapat dinamakan terkena diare. kalau orang dewasa normalnya buang air besar sekali sehari.

2. Urgensi dubur

Urgensi dubur yaitu seseorang selalu ingin buang air besar yang tidak dapat ditahan. Kadangkala belum sampai toilet sudah keluar duluan. Ini terjadi karena sistem pencernaan terganggu sehingga tidak bisa menahan feses yang akan keluar.

3. Muntah-muntah

Diare sering disertai dengan perut terasa mual sehingga memicu untuk menyebabkan muntah-muntah.

4. Buang air besar setalah makan

Saat anda terkena diare sering terjadi baru selesai makan tetapi langsung ingin buang air besar hal ini terjadi karena memang sistem pencernaan tidak normal. Sistem pencernaan yang tidak normal ini sehingga menyebabkan mencret menyerang anda.

5. Rasa haus yang nyata

Saat seseorang mengalami diare maka akan mengeluarkan cairan lebih banyak daripada biasanya. Kandungan air yang keluar bersama feses menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak cairan sehingga tubuh terasa dehidrasi yang tinggi. Untuk mengurangi dehidrasi serta menggantikan cairan tubuh yang keluar maka dianjurkan untuk minum air putih 1 sampai 2 gelas setelah setiap kali buang air besar.

6. Terasa sangat lemah dan kehilangan tenaga

Diare menyebabkan anda harus bolak-balik toilet sehingga tenaga anda akan terkuras karena terlalu sering serta ditambah dengan kondisi tubuh yang demam, mual, serta kekurangan cairan karena terlalu banyak dikeluarkan. Ketika anda mengalami diare disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tetap bergizi tetapi tidak mengandung hal-hal yang menyebabkan diare tambah parah seperti pedas serta asem yang berlebihan. Makanan yang baik untuk penderita diare seperti bubur, sup sayuran serta buah-buahan.

7. Demam tinggi

Diare sering disertai dengan demam yang tinggi setalah penderita mengalami diare lebih dari satu hari. Demam ini memang tidak setinggi seperti yang dialami oleh penderita demam berdarah atau malaria, tetapi demam ini menyebabkan penderita harus beristirahat untuk memulihkan kembali keadaan tubuh.

8. Terdapat darah pada tinja

Saat diare pencernaan sedang dalam keadaan tidak normal, darah kadang bisa ikut keluar bersama dengan feses. Hal ini terjadi karena darah kotor ikut keluar.

9. Perut nyeri dan berbunyi

Salah satu gejala diare yaitu perut terasa perih serta sering terdengar bunyi. Diare merupakan penyakit pencernaan, gejala awal yang dirasakan dari diare yaitu perut terasa nyeri mirip seperti rasa nyeri karena maag ataupun asam lambung. Jika anda merasakan gejala ini teliti dahulu gejala lain yang muncul jangan langsung menvonis kalau terkena penyakit diare.

10. Punggung terasa pegal

Gejala lain yang muncul ketika terkena diare yaitu punggung terasa pegal, selain punggung, pinggul juga kadang ikut terasa pegal serta bagian sekitar perut ikut terasa pegal.

11. Kram pada perut

Saat anda mengalami diare perut akan terasa nyeri dan sakit, setelah buang air besar perut akan terasa lebih kaku dan kram. Kram yang terjadi ini sangat mengganggu aktifitas anda sehingga kegiatan dan aktifitas anda tidak akan lancar dan berjalan dengan baik. Perut akan terasa sangat sakit, kram serta kaku.

12. Kondisi feses yang encer dan lembek

Orang dalam kondisi normal tidak terserang diare akan mengeluarkan feses dengan bentuk padat dan tidak lembek. Berbeda dengan ketika terkena diare maka bentuk feses akan menjadi encer dan lembek. Hal ini terjadi karena usus dan lambung mencerna makanan bersamaan dengan cairan sehingga bentuknya akan menjadi encer serta lembek dari biasanya.

13. Perut terasa kembung

Diare biasanya juga disertai dengan perut kembung. Perut yang kembung akibat pencernaan yang tidak normal serta sering disertai dengan rasa nyeri dan mual.

Cara mengatasi diare

Diare memang bukan penyakit yang sangat membahayakan tetapi jika dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas anda karena penyakit ini menyebabkan penderitanya lemas karena terlalu banyak melakukan pembuangan air besar. Jika anda mengalami diare obati dengan obat yang pas dan sesuai dengan anda. Anda bisa memilih obat yang alami atapun yang instan yaitu obat apotik bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk membuatnya sendiri. Tetapi bagi anda yang ingin menjaga kesehatan anda dari berbagai bahaya obat-obat kimia maka anda bisa memakai obat tradisional dari alam yang bisa dibuat sendiri serta lebih terjangkau di kantong atau dompet anda karena bahan-bahannya bisa kita ambil dari lingkungan kita sendiri. Jika anda mengalami gejala diare maka anda dapat mengobatinya dengan beberapa cara:

1. Oralit
Oralit merupakan obat mencret yang dibuat dari larutan garam. Oralit ini berkhasiat untuk menyembuhkan mencret. Cara membuat oralit cukup mudah siapkan seperempat gelas air putih yang hangat kemudian beri sedikit garam. Aduk hingga garam terlarut, maka jadilah oralit. Minum 3 kali sehari agar diare yang anda derita cepat sembuh.

2. Makan buah salak
Buah salak dapat menyebabkan sembelit sehingga cocok untuk mnyembuhkan diare. Buah salak bisa mengobati diare atau mencret karena seratnya yang rendah dapat membuat tinja menjadi berbentuk normal lagi. Cara menyembuhkan mencret dengan buah salak sangat praktis dan mudah. Makanlah buah salak secara langsung tetapi harus dalam keadaan yang bersih. Dengan makan buah salak akan membantu menyembuhkan mencret yang anda alami.

3. Buah sawo
Buah sawo selain enak dimakan ketika matang, ternyata dapat mengobati diare. cara untuk mengobati diare dengan buah sawo yaitu pilihlah buah sawo yang matang lalu cuci sampai bersih kemudian parut sampai habis. Kemudian hasil parutan campur dengan air dan sedikit garam, setelah itu saring lalu minumlah sehari 3 kali. Dengan meminumnya secara rutin maka mencret akan segera sembuh.

4. Kulit jeruk
Kulit jeruk dapat menyembuhkan penyakit diare, tetapi kulit jeruk organik yang penanamannya tidak menggunakan pestisida. Cara menggunakan kulit jeruk organik untuk menyembuhkan diare yaitu kulit jeruk dibersihkan terlebih dahulu lalu direbus sampai airnya berkurang setengah, setelah mendidih angkat dan dinginkan dan diminum 3 kali sehari agar mencret segera mampet.

5. Biji fenugreek
Biji fenugreek telah diteliti dapat menyembuhkan diare. biji fenugreek ini tetapi hanya bisa digunakan untuk orang dewasa, anak-anak tidak dianjurkan mengkonsumsi biji fenugrek. Cara menggunakan biji fenugreek untuk menyembuhkan diare yaitu dengan direbus kemudian air hasil rebusannya diminum sebanyak 3 kali sehari.

6. Jambu biji
Jambu biji dapat digunakan untuk mengobati diare. jambu biji terasa sepat sehingga dapat mengobati diare karena dapat mengurangi jumlah kadar air di dalam feses. Cara mengobati diare dengan jambu biji yaitu dengan cara mengkonsumsinya secara langsung. Konsumsi jambu biji 3 kali sehari agar mencret yang anda derita cepat mampet.

7. Daun jambi biji
Jambu biji selain buahnya, ternyata daunnya juga bermanfaat. Daun jambi biji dapat mengobati mencret.Daun jambu biji digunakan untuk mengobati mencret dengan cara ditumbuk. Sebelum ditumbuk daun jambu biji harus dipastikan tealah dicuci bersih. Setelah ditumbuk halus ambil segelas air lalu saring hasil tumbukan dengan air tersebut. Air hasil saringan diminum 3 kali sehari agar mencret segera sembuh.

8. Minum teh chamomile
Kandungan teh chamomile dapat mengatasi sakit diare yang anda alami karena didalamnya terdapat zat flavonoid yang dapat mengatasi dan mengurangi cairan di dalam feses sehingga feses dapat kembali normal.

9. Buah blueberry
Buah blueberry dapat menyembuhkan penyakit diare. buahnya yang kering atau akarnya bisa digunakan untuk mengatasi diare. jika buahnya yang kering tinggal dimakan saja. Jika akarnya maka direbus dengan menggunakan air serta ditambah dengan sedikit garam. Lalu air rebusan tersebut diminum.

10. Buah sirsak
Buah sirsak dapat digunakan sebagai obat mencret. Caranya yaitu bersihkan buah sirsak dari bijinya lalu peras airnya dan tambahkan susu kental manis. Minum secara rutin 3 kali sehari sehingga mencret yang anda alami akan segera mampet dan sembuh.

11. Cuka apel
Cuka apel merupakan obat mujarab untuk mengatasi diare. cara menggunakan cuka apel untuk mengobati diare sangat mudah yaitu dengan menambahkan beberapa tetes pada air putih lalu aduk dan minum 3 kali sehari. Minum secara teratur sampai diare mampet.

12. Kunyit dan kapur sirih
Kunyit merupakan tanaman obat yang terkenal dengan khasiatnya yang dapat menyembuhkan banyak macam penyakit. Kunyit juga dapat menyembuhkan penyakit diare. cara menggunakan kunyit untuk menyembuhkan diare yaitu dengan menambahkan kapur sirih. Pertama bersihkan kunyit lalu iris dan rebus dengan satu gelasair, tunggu sampai air tersisa sepertiga gelas lalu tambahkan satu sendok teh air kapur sirih dan aduk hingga keduanya terlarut dalam satu ramuan. Tunggu sampai dingin lalu saring hasilnya dan diminum 3 kali sehari agar mencret cepat sembuh. Minumlah 3 kali sehari.

13. Obat diare
Sekarang telah banyak produk obat diare yang dapat dengan mudah kita dapatkan di apotik. Jika anda tidak sempat untuk membuat obat dengan bahan-bahan alami anda dapat mengobati diare dengan obat yang beli di apotik. Tetapi hati-hati dengan penggunaan obat kimia yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Jika anda memang punya waktu lakukanlah pengobatan dengan menggunakan obat tradisional yang alami saja karena lebih aman dan menyehatkan tubuh.

Jika diare sudah parah, sebaiknya anda pergi ke dokter rumah sakit untuk menanganinya secara tepat. Demikian beberapa penjelasan tentang penyebab, ciri-ciri serta cara mengatasi diare. jika anda mengalami diare yang sangat akut maka periksalah ke dokter untuk penanganan lebih khusus. Jaga kesehatan anda dan keluarga anda. Diare merupakan penyakit sistem pencernaan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup anda. Jika anda mengalami diare jangan malas untuk memperbanyak air minum yaitu yang lebih sehat air putih. Air putih akan mengganti cairan yang terbuang karena keluar bersama dengan feses. Sayangi dan jaga kesehatan anda. Jangan biarkan nyawa melayang hanya karena penyakit diare yang akut.

You may also like