Home Penyakit dan KelainanDiare Bebas Diare Ketika Sedang Musim Hujan Dan Kiat Jitu Dari Dokter

Bebas Diare Ketika Sedang Musim Hujan Dan Kiat Jitu Dari Dokter

by Nila

Di Indonesia mengalami musim hujan sekali dalam setahun. Pada umumnya musim hujan sangat disukai oleh anak – anak untuk bermain air di luar rumah atau sepulang mereka dari sekolah. Selain anak – anak, orang dewasa pun menyukai musim hujan. Dimana ketika musim hujan tiba, udara di sekitar anda akan cenderung sejuk – sejuk dingin.

Namun sebagai orangtua, anda wajib berhati – hati menjaga anak – anak tercinta agar tidak terlalu berlebihan bermain air hujan saat sedang musim hujan. Karena ketika sedang musim hujan, penyakit musiman juga tumbuh subur di sekitar tempat anda tinggal, salah satu yang populer adalah sakit diare.

Penyakit diare memang suka mengintai anak – anak yang suka bermain air hujan ketika musim hujan tiba, anda sebagai orangtua wajib memberi peringatan terhadap keluarga agar mengerti bahwa penyakit diare sangat berbahaya bagi kesehatan dan kalau sudah jatuh sakit maka anak – anak tidak dapat lagi bermain atau sekolah karena harus istirahat beberapa hari hingga sembuh total.

Seperti dijelaskan di atas bahwa penyakit diare sangat mudah menyerang siapa saja mulai dari balita hingga orang dewasa dan terjadi dimana saja terhadap siapa dan kapan saja. Tetapi terbanyak ketika sedang musim hujan tiba, kondisi buruk ini disebabkan karena kuman – kuman penyakit sangat mudah berkembang biak ketika cuaca sedang lembab dan sangat dingin pada waktu malam hari. Selain tumbuh subur juga cepat menular oleh angin dan genangan air dimana – mana mudah membuat kuman penyakit bersarang.

Penyakit diare sewakt-waktu dapat menyerang seseorang disebabkan oleh banyak faktor yaitu salah satu diantaranya adalah adanya infeksi virus, parasit, atau bakteri. Juga dapat terjadi karena adanya alergi terhadap obat – obatan tertentu disertai dengan intoleransi bahan – bahan makanan / minuman tertentu atau makanan basi dan beracun rentan menjadi penyebab diare.

Gejala awal ditandai dengan kondisi terburuk yaitu buang air besar yang sangat cair sebanyak 3 kali lebih dalam sehari dan berturut – turut selang beberapa jam, atau gejala lainnya adalah si penderita diare terserang rasa mual – mual, muntah berak, nyeri perut teramat sangat, demam tinggi dan lemas.

Sigap Terhadap Penyakit Diare

Untuk di daerah pedesaan, hampir sebagian besar kasus penyakit diare dapat disembuhkan dengan pengobatan herbal dan berhati – hati terhadap jenis makanan yang dikonsumsi serta minum air putih yang banyak agar badan tidak lemas, asalkan anda mengetahui bahwa penyakit diare rentan beresiko seseorang terserang kondisi dehidrasi akut atau badan menjadi lemah karena kekurangan cairan di dalam tubuh. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah komplikasi diare.

Jika dehidrasi dibiarkan begitu saja maka akan berakibat fatal terhadap si penderita, baik itu terhadap orang dewasa maupun anak – anak, karena ketika kondisi akut menyerang maka akan terjadi penurunan kesadaran hingga menyebabkan kematian. Segeralah mengambil tindakan pencegahan apalagi saat cuaca sedang musim hujan dimana – mana banyak terdapat genangan air yang menjadi sarang kuman penyakit.

Nah kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan tentang kiat – kiat jitu dalam mencegah dan mengobati penyakit diare yang bisa dilakukan dari rumah saja (untuk diare ringan) sebagai berikut di bawah ini :

  • Wajib mencuci sebersih – bersihnya buah dan sayuran

Buah – buahan segar atau sayuran sehabis dibeli di pasar – pasar tradisional hinggal mall – mall biasanya masih dalam kondisi kotor, dimana bakteri dan kuman – kuman penyakit mudah hinggap atau menempel pada aneka buah – buahan atau sayuran yang anda beli tersebut. Nah cucilah dengan air kran yang mengalir sebelum anda olah menjadi ragam masakan lezat untuk dikonsumsi bersama dengan keluarga di rumah.

  • Wajib untuk memasak dengan sempurna dan matang, masakan yang akan anda konsumsi nanti

Kuman yang ada pada bahan – bahan masakan dapat dihilangkan dengan cara dimasak bersama dengan air bersih dan bahan pendukung lainnya juga wajib dalam kondisi bersih, usahakan selalu membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang benar – benar matang dengan sempurna hingga cara penyajiannya pun harus bersih.

  • Luangkan waktu untuk mempraktikkan Kitchen Hygiene

Apakah anda menyadari bahwa kuman penyakit dapat hidup dengan subur dimana saja asalkan kondisinya kotor dan lembab, contohnya adalah kuman – kuman yang bersarang di dapur, menempel pada peralatan memasak dan jumlahnya dapat 2 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan kuman yang bersarang di WC ? Maka dari itu, jagalah selalu kebersihan dapur anda dengan mengaplikasikan Kitchen Hygiene adalah kegiatan membersihkan dapur beserta dengan seluruh peralatan memasak sebelum atau usai menggunakannya.

  • Wajib untuk mencuci tangan

Mencuci tangan dengan benar sejak dulu telah terbukti ampuh untuk mencegah penularan penyakit karena infeksi. Untuk para orangtua yang kebetulan memiliki balita, setiap akan menyuapi mereka makan maka tangan anda haruslah terlebih dahulu dicuci sebersih – bersihnya. Cucilah tangan anda dengan menggunakan sabun lembut lalu bilas dengan bersih dengan memakai air mengalir yang bersih.

Ingatkan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum anda makan atau sebelum memasak makanan dan dilanjutkan dengan menyiapkan makanan di ruang makan buat keluarga tercinta. Jangan lupa usai anda BAB atau buang air kecil di WC harus dibarengi dengan mencuci tangan dengan sabun yang bersih, juga setelah anda bersentuhan dengan hewan peliharaan dan ketika jam bermain di luar rumah usai dan anda harus pulang, sempatkan untuk mandi.

  • Wajib untuk minum air bersih yang matang

Hingga suhu air sekitar 700 C, kuman – kuman jahat masih mampu untuk bertahan hidup di dalam air, maka dari itu usahakan mengkonsumsi air untuk diminum dalam kondisi sudah dimasak hingga mendidih dengan sempurna. Selanjutnya dinginkan air dengan menyimpan yang rapi pada wadah bersih sebelum anda dan keluarga mengkonsumsinya. Begitu juga ketika akan menyikat gigi, pakai air matang hangat – hangat kuku untuk berkumur.

Lindungilah diri sendiri beserta keluarga dan hewan kesayangan anda terhadap kuman penyebab diare, dengan memperhatikan penjelasan singkat dari kami tersebut di atas, anda dengan mudah dapat menerapkan kiat jitu dari tim dokter di sepanjang waktu apalagi saat musim sedang buruk yaitu musim hujan, dan dilanjutkan tetap waspada pada waktu musim kemarau. Sehingga anda dan keluarga terbebas dari bahaya diare.

You may also like