5 Bahaya Tidak Nyaman dengan Pekerjaan yang Wajib Dihindari

77

Banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan keinginan maupun passionnya, dan hanya berorientasi pada gaji untuk sekedar bisa menyambung hidup. Akibatnya, pekerjaan tidak dilakukan dengan sepenuh hati, mudah merasa jenuh dan sulit untuk mencapai target. Apalagi jika lingkungan kerja dan rekan kerja juga tidak mendukung, maka akan banyak sekali masalah yang timbul.

Tidak nyaman dengan pekerjaan bukan hanya dapat membuat suasana hati menjadi kacau, namun bisa lebih parah karena dapat berdampak buruk baik terhadap pekerjaan itu sendiri maupun kesehatan tubuh. Berikut ini bahaya tidak nyaman dengan pekerjaan yang sebaiknya dihindari.

1. Pekerja Kurang Produktif

Produktivitas seorang pekerja sangat dipengaruhi oleh nyaman atau tidaknya ia dengan pekerjaannya. Jika karyawan merasa tertekan dengan apa yang dikerjakan, tentu hasilnya tidak akan bisa maksimal. Hal ini dapat merugikan diri sendiri, bahkan perusahaan karena hasil yang tidak dapat sesuai dengan target. Karena itu, berusahalah untuk mencari celah agar dapat merasa nyaman dengan pekerjaan yang sedang dihadapi saat ini.

2. Mudah Stres

Tekanan pekerjaan yang dikejar deadline atau lingkungan kerja yang tidak nyaman dapat menimbulkan tekanan yang cukup besar. Hal ini akan sangat rentan memicu stres dan depresi, sehingga emosi sulit terkendali. Cobalah untuk berpikir positif dan bayangkan kalau kita masih jauh lebih beruntung daripada jutaan orang di luar sana yang terluntang-lantung karena tidak punya pekerjaan. Dengan begitu, stres dapat kita hindari.

3. Konsentrasi Menurun

Seseorang yang tidak nyaman dengan pekerjaannya juga akan sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan orang tersebut sering merasakan gelisah dan perasaan tidak tenang, yang akan berdampak pada kualitas tidurnya. Jika tidur selalu tidak nyenyak, maka otak akan merasa lelah karena tidak cukup berisitrahat, sehingga orang tersebut akan kesulitan untuk fokus pada pekerjaannya.

4. Mudah Terserang Penyakit

Lewat beberapa penelitian, para peneliti mengungkapkan bahwa ketidaknyamanan dalam pekerjaan akan sangat berdampak pada kondisi kesehatan tubuh. Dalam keadaan stres, seluruh energi akan terpusat pada metabolisme tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan menurun drastis. Akibatnya, tubuh menjadi rentan terserang penyakit dan lebih sulit untuk dapat sembuh.

5. Hubungan yang Buruk

Merasa tidak nyaman dengan pekerjaan atau lingkungan kerja jelas akan membuat seseorang tidak bersemangat untuk menuntaskan pekerjaannya. Bahkan ia enggan untuk berkomunikasi dengan orang sekitar, sehingga ini akan berdampak pada memburuknya hubungan baik dengan atasan maupun dengan rekan kerja. Hubungan yang buruk di tempat kerja akan semakin menambah besar tekanan yang harus dihadapi sehingga depresi tidak dapat dihindari.

Ternyata ada banyak bahaya tidak nyaman dengan pekerjaan yang menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan seseorang. Sebaiknya, hindari bahaya tersebut dan berusahalah untuk mencari solusi sebelum masalah bertambah besar agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.