Home Featured Masalah Melanda Bikin Bad Mood, Pakai 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Masalah Melanda Bikin Bad Mood, Pakai 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

by Lia Yuliana

Setiap manusia pasti mempunyai masalah masing – masing. Cara penyelesaiannya pun tergantung pada pribadi yang bersangkutan. Terkadang masalah yang melanda dapat membuat kita uring – uringan atau menjadi bad mood. Saat bad mood yang merasa dirugikan tidak hanya orang lain lo. Tapi juga diri kita sendiri. Akibat bad mood untuk diri sendiri antara lain adalah menurunnya produktivitas kerja, membuat hari terasa suram dan mudah marah. Agar bad mood tidak semakin menjadi – jadi sebaiknya segera atasi dengan beberapa cara ini :

1. Membantu orang lain

Salah satu cara mengatasi bad mood yaitu dengan membantu orang lain di sekitar kita. Selain menambah pahala, meluangkan sedikit waktu untuk membantu orang dan membuat orang lain bahagia ternyata membawa efek positif pada diri sendiri. Dengan melihat orang tersenyum maka kita pun akan tertular kebahagiaannya.

Bisa juga membantu orang lain dengan melakukan kegiatan sosial untuk lingkungan. Kegiatan sosial yang bisa kita lakukan adalah mengunjungi panti asuhan dan panti jompo, ikut kerja bakti di lingkup RT atau ikut komunitas sosial lainnya. Melakukan kegiatan sosial memberikan kepuasan tersendiri karena secara pribadi akan merasa lebih baik karena telah berbagi dan melihat senyum orang lain.

2. Bersih – bersih rumah

Kebersihan dan kerapian rumah seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal kebersihan rumah dapat menjadi salah satu faktor penunjang meningkatnya mood anda. Melihat rumah yang bersih dan teratur tentu lebih menyenangkan dibanding melihat rumah yang berantakan. Sirkulasi udara yang baik dan segar dapat meningkatkan kesegaran dan kinerja otak.

Salah satu cara menghilangkan bad mood adalah dengan bebersih rumah. Selain meningkatan mood, cara ini juga dapat menghilangkan emosi negatif yang terpendam di dalam hati serta menjadi kegiatan positif untuk melepas amarah dan stres. Nah yuk mulai bebersih rumahnya.

3. Minum air putih lebih banyak

Percaya atau tidak, terapi air putih dalam jumlah lebih banyak dari biasanya dapat menghilangkan rasa kesal di hati. Hal tersebut terjadi karena asupan air putih yang cukup akan membuat peredaran darah lancar dan tekanan darah lebih stabil. Tekanan darah yang stabil akan membuat orang tidak mudah emosi dan marah. Perlahan tapi pasti, anda pasti merasakan perubahannya jika mau menerapkan kebiasaan ini dengan rutin setiap hari. Kalau tidak mudah emosi maka mood pun tidak akan mudah berubah menjadi jelek.

4. Berdamai

Berdamai di sini bukan berarti hanya berdamai dengan orang lain. Yang paling utama adalah harus berdamai dengan diri dan hati kita dulu agar tidak menyebabkan depresi. Saat diri dan hati sudah tenang, maka akan lebih mudah berdamai dengan orang lain. Salah satu contohnya adalah tidak menyimpan dendam terhadap orang lain, apalagi dengan orang yang sering ditemui setiap hari. Jika ada dendam, pasti hal yang membuat kesal akan selalu tersimpan dalam hati dan mudah diluapkan atau diungkit dalam setiap masalah. Ini hanya akan menimbulkan luka di hati.

Cara menyembuhkan luka hati adalah berdamai dengan hal tersebut. Selain itu jangan jadi orang yang sensitif dan gampang tersinggung karena akan membuat hati lelah dan otomatis badan serta pikiran pun ikut lelah.

5. Jalan – jalan dengan orang tersayang

Siapa sih yang tidak suka jalan – jalan, apalagi dengan orang yang disayangi. Jalan – jalan dapat mengembalikan mood yang sebelumnya tidak bagus karena dapat menyegarkan pikiran. Lagipula daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan hal yang tidak menyenangkan dan membuat hari suram, lebih baik menghabiskan waktu dengan orang – orang tercinta. Dengan melihat dan mendengar tawa mereka maka semangat dan motivasi kita pun akan terisi penuh.

Itulah beberapa cara mengatasi bad mood. Bisa dipilih salah satu yang dirasa cocok atau dilakukan semua selama memang memungkinkan. SAY GOOD BYE TO BAD MOOD

You may also like